Review Film “Mars Inside Space X”

 

 

Pada kesempatan kali ini penulis ingin mereview film dokumenter yang berjudul “Mars: Inside Space X”. Film dokumenter ini ditayangkan pada tanggal 27 november 2018 dan memiliki rating 7.2/10 versi IMDb.

Sebelum membahas film ini penulis ingin memberikan sinopsis film documenter tersebut

Sinopsis :

Film ini bercerita tentang salah satu rencana SpaceX untuk membawa kehidupan manusia ke Mars, memberikan gagasan yang belum pernah terjadi sebelumnya  yang dilakukan oleh perusahaan paling revolusioner di dunia yaitu spaceX. Difilmkan selama tiga tahun,perjalanan ini akan membawa kita dibelakang layar bersama Elon Musk dan para insinyurnya – karena mereka bertahan di tengah-tengah kemunduran yang menyedihkan dan kemenangan besar untuk memajukan industri luar angkasa lebih cepat dari yang pernah kita pikirkan. 

Selanjutnya kita akan membahas apa itu spaceX bagi pembaca yang belom mengetahui.

SpaceX

Space Exploration Technologies Corporation (SpaceX) adalah perusahaan transportasi luar angkasa Amerika Serikat yang didirikan oleh Elon Musk. Perusahaan ini telah mengembangkan roket Falcon 1 dan Falcon 9, keduanya dibangun dengan tujuan menjadi kendaraan peluncuran yang dapat dipakai ulang.  SpaceX juga mengembangkan wahana antariksa Dragon. SpaceX telah mendapatkan perhatian dunia untuk serangkaian tonggak bersejarah. Ini adalah satu-satunya perusahaan swasta yang mampu mengembalikan pesawat ruang angkasa dari orbit Bumi yang rendah, yang pertama kali dicapai pada tahun 2010. Perusahaan membuat sejarah lagi pada tahun 2012 ketika pesawat ruang angkasa Dragon-nya menjadi pesawat ruang angkasa komersial pertama yang mengirimkan kargo ke Stasiun Luar Angkasa Internasional. SpaceX berhasil mencapai sorotan pertama bersejarah roket kelas orbital pada tahun 2017, dan saat ini perusahaan tersebut secara teratur meluncurkan roket. Pada tahun 2018, SpaceX mulai meluncurkan Falcon Heavy, roket operasional paling kuat di dunia dengan faktor dua.

Setelah kita mengetahui apa itu spaceX dan track recordnya dalam industri penerbangan luar angkasa. Saatnya kita mereview film documenter mars : inside spaceX

REVIEW MARS : Inside space x

Setiap orang memiliki kesempatan untuk tinggal di bumi  yang menjadi masalah adalah sampai kapan akan tinggal dibumi kita yang sudah mulai tua. Akan ada suatu masa kita harus mencari tempat tinggal baru jika kita kehilangan tempat tinggal yang ada dibumi ini. Dengan alasan yang sederhana itulah spaceX menjalankan salah satu misinya untuk pergi ke mars untuk menciptakan koloni disana..

Kenyataannya adalah, umat manusia tidak dapat terus eksis dengan tetap hidup di bumi. Itu bukan probabilitas berdasarkan pada beberapa teori: ini adalah 100% faktual, jadi ada pengakuan bahwa untuk generasi masa depan kita untuk bertahan hidup kita perlu melepaskan diri dari kursi dan menjelajahi Alam Semesta yang luas.

Baca juga:

Film dokumenter ini berdurasi sekitar 46 menit. Penulis telah melihat dan menyaksikan materi yang membahas kemungkinan manusia untuk pergi ke Mars sebagai rumah kedua. SpaceX benar-benar mempunyai solusi akan hal itu, jadi tidak mengherankan bahwa film dokumenter ini adalah yang paling memberikan solusi terhadap masalah yang terjadi dimasa depan bagi umat manusia. MARS : Inside SpaceX memberi kita latar belakang perusahaan mereka, tujuan mereka, dan jumlah uang yang ditumpahkan Elon Musk ke dalamnya untuk membangun berbagai roket, sehingga suatu hari kita dapat membuat koloni di Mars

Semua usaha dan dana yang besar demi terciptannya kemungkinan mencapai Mars yang dibahas dalam film dokumenter ini. Tetapi dengan dana yang terbatas dari NASA, didalam film dokumenter ini  SpaceX menegaskan bahwa kita membutuhkan konglomerat  kaya yang gila seperti Elon Musk.

Mengenai sejarahnya, film dokumenter itu menggali biaya membangun teknologi untuk hal semacam ini, yang sangat memakan banyak biaya. Di film ini, Elon musk menemukan solusi supaya biaya peluncuran roket diminimalisir sehingga biaya menjadi lebih murah yaitu dengan mengembalikan  2 peluncur roket ke lintasannya semula. Di dalam SpaceX membahas roket yang dapat digunakan kembali, sehingga kita dapat memperlakukan peluncuran seperti yang kita lakukan pada pesawat, di mana kita bisa melakukannya berulang-ulang.

Salah satu hal yang penulis dapat ambil pelajaran dari Elon musk adalah tentang kerja keras nya menemukan solusi untuk umat manusia. Didalam film dokumenter ini dijelaskan ketika Elon musk berhasil menerbangkan salah satu roketnya yaitu falcon 9 ada banyak kegagalan yang menimpa dirinnya. Dimulai dari falcon 1 dan variasi roket falcon selanjutnya. Elon musk adalah seorang jenius yang sangat berbakat, berkat dirinnya kita mempunyai gambaran akan solusi yang bisa kita upayakan untuk keselamatan umat manusia.

Jika Anda bersemangat tentang masa depan perjalanan ruang angkasa seperti penulis, maka MARS: Inside SpaceX tidak diragukan lagi akan menawarkan panduan tentang perusahaan perjalanan ruang angkasa yang saat ini sedang berkembang pesat.

REFERENSI

  1. https://www.spacex.com/about diakses pada tanggal 22 juni 2019 pukul 21.00
  2. https://readysteadycut.com/2019/01/06/mars-inside-spacex-documentary-review/ diakses pada tanggal 22 juni 2019 pukul 21.25
  3. https://documentaryheaven.com/mars-inside-spacex/ diakses pada tanggal 22 juni 2019 pukul 21.45
  4. Film MARS : Inside space x ditonton pada tanggal 15 mei 2019

Teuku Rizky Ramadhan

Mahasiswa S1 Kimia UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Teuku Rizky Ramadhan

Latest posts by Teuku Rizky Ramadhan (see all)

Artikel Berhubungan:

Sponsor Warstek.com:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *