Baikkah Bersahabat dengan Kopi?

Mahasiswa dan dunia malam tidak bisa dilepaskan lagi, banyaknya tugas dan tuntutan mengharuskan individu tersebut menghabiskan malamnya dengan bekerja. Kopi adalah solusi yang tepat untuk menemani menghabiskan malam. Kopi merupakan minuman yang paling banyak dikonsumsi di seluruh dunia dan dapat memberikan manfaat kesehatan terutama penyakit liver kronik.

Konsumsi kopi akan aman apabila dikonsumsi 3-4 gelas/hari kecuali pada wanita hamil dan pada wanita yang mempunyai faktor resiko yang tinggi terjadinya fraktur (1). Konsumsi kopi berhubungan dengan menurunnya semua faktor yang dapat menyebabkan kematian, kematian akibat penyakit jantung, dan kematian akibat kanker namun apabila tidak diikuti dengan kebiasan merokok (2), sehingga diperlukan penelitian lebih lanjut terkait pengaruh rokok terhadap kesehatan terutama mengenai kejadian kanker. Selain itu, kopi juga dapat menurunkan penyakit metabolik seperti diabetes tipe 2, sindrom metabolik, dan batu ginjal. Penyakit Parkinson, depresi dan alzheimer juga dapat diturunkan dengan konsumsi kopi (1). Pengaruh konsumsi kopi terhadap wanita hamil mempengaruhi kelahiran prematur, bayi lahir rendah dan keguguran namun, pengaruh konsumsi kopi terhadap kehamilan ini akan penulis bahas dalam lain kesempatan.

blank

Sehingga dapat penulis simpulkan bahwa konsumsi kopi dalam batas wajar dan diimbangi dengan hidup yang sehat seperti olahraga dan tidak merokok tetap akan memberikan manfaat dari kopi itu sendiri. Mulai sekarang jangan takut konsumsi kopi dan mari menikmati hidup dengan menghirup aroma kopi yang menenangkan.

Referensi:
1. Poole R, Kennedy OJ, Roderick P, Fallowfield JA, Hayes PC, Parkes J. Coffee consumption and health: umbrella review of meta-analyses of multiple health outcomes. BMJ. 2017;359:j5024.
2. Grosso G, Micek A, Godos J, Sciacca S, Pajak A, Martïnez-Gonzalez MA, et al. Coffee consumption and risk of all-cause, cardiovascular, and cancer mortality in smokers and non-smokers: a dose-response meta-analysis. Eur J Epidemiol. 2016;31(12):1191–205.

Baca juga:
Dewi Setyowati
Latest posts by Dewi Setyowati (see all)
Artikel Berhubungan:

Sponsor Warstek.com:

Yuk Ajukan Pertanyaaan atau Komentar