3 Hal yang Mesti Diperhatikan Sebelum Beli Apartemen

Tinggal di apartemen kini memang menjadi pilihan bagi banyak orang. Tak hanya di DKI Jakarta saja, tren ini juga sudah merambah ke kota – kota lain misalnya di Bekasi. Data terbaru bahkan menunjukkan jumlah pencarian apartemen dijual meningkat sebesar tiga puluh persen. Angka tersebut bisa dibilang sangat tinggi dan tentunya menjanjikan.

Tak heran jika para pengembang, baik pengembang berskala nasional, internasional maupun lokal kini tak cuma fokus pada jual rumah saja tetapi juga tertarik tuk melakukan bisnis jual apartemen. Apalagi ditengah gempuran harga tanah dijual yang semakin mahal, harga rumah tapak semakin tak terbeli sehingga apartemen dinilai menjadi solusi terbaik bagi kondisi seperti ini.

Tapi, tentunya sebelum memutuskan buat beli apartemen dijual, Anda sebagai pembeli harus pintar – pintar memilih dan meneliti apakah pengembang yang jual apartemen incaran adalah benar – benar pengembang berkredibilitas. Paling tidak ada 3 hal yang mesti diperhatikan sebelum memutuskan tuk beli apartemen dijual, yakni:

1. Cek Spesifikasi

Tentu pengembang tak hanya menyediakan satu jenis spesifikasi saja saat memutuskan tuk jual apartemen. Ada yang peruntukannya adalah single atau pasangan muda, ada pula yang diperuntukkan kepada keluarga. Sebagai calon pembeli Anda harus benar – benar teliti mana yang dibutuhkan serta sesuai kriteria. Jangan sampai tergiur developer yang jual apartemen murah tapi nyatanya tidak memenuhi kebutuhan Anda.

2. Reputasi Developer

Tidak mau kan mendapat kabar pembangunan apartemen yang sedang Anda tunggu – tunggu berhenti di tengah jalan karena masalah developer atau izin yang tak lengkap? Maka dari itu sebaiknya sebelum memutuskan tuk beli apartemen dijual memang Anda pun harus melihat serta meneliti reputasi serta sepak terjang developer sebelumnya.

Apakah pernah tersangkut kasus atau tidak, apakah pernah mengalami gagal bangun atau tidak. Teliti juga proyek – proyek sebelumnya yang telah berhasil dibangun. Apakah sudah berpengalaman dalam membangun sebuah bangunan berkualitas? Atau apartemen tersebut adalah pilot project dari developer? Jangan sampai Anda tergiur dan tertipu oleh harga murah serta janji manis sales tanpa meneliti lebih lanjut.

3. Fleksibilitas Pembayaran

Dewasa ini, hampir semua bank sudah menyediakan layanan KPA (Kredit Pemilikan Apartemen) dan bekerja sama dengan banyak pengembang. Dengan begitu, promo – promo serta sistem pembayarannya pun beragam. Ada yang uang muka bisa dicicil sebanyak 6x atau bahkan 12x. Sebagai calon buyer, tidak ada salahnya Anda membandingkan mana yang paling menguntungkan. Misalnya dari sisi bunga, unit mana yang menerapkan bunga paling kecil sehingga Anda bisa mendapatkan harga total lebih murah.

Sekarang pun developer penyedia jual apartemen tidak hanya satu atau dua, tetapi banyak. Jadi Anda tak perlu takut atau khawatir tidak kebagian unit sebab bisa dibilang bahkan hampir setiap harinya pasti ada saja proyek hunian vertikal baru yang launching untuk masyarakat.

Warstek Media

Warung Sains Teknologi (Warstek) adalah media SAINS POPULER yang dibuat untuk seluruh masyarakat Indonesia baik kalangan akademisi, masyarakat sipil, atau industri.
Warung Sains Teknologi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *