Mengenal Lebih Dekat Jaringan 5G

Di penghujung tahun 2018, teknologi jaringan 5G resmi di perkenalkan oleh President Qualcomm Inc. Cristiano R. Amon dalam acara Snapdragon Tech Summit 2018 di Maui, Hawaii, Amerika Serikat. Kehadiran jaringan 5G ini bisa dibilang lebih cepat dari perkiraan, karena sejumlah pengembang 5G memperkirakan jaringan ini baru siap diluncurkan pada 2020 mendatang. Namun kenyataannya, 5G siap digunakan pada tahun ini (2019).

Jaringan 5G adalah generasi berikutnya dari konektivitas jaringan yang menawarkan kecepatan lebih dan koneksi yang lebih andal daripada sebelumnya. Dengan kecepatan unduhan rata-rata sekitar ratusan Mbps diharapkan jaringan ini akan membantu meningkatkan teknologi Internet of Things, menyediakan infrastruktur yang diperlukan untuk membawa data dalam jumlah besar, memungkinkan dunia yang lebih cerdas dan lebih terintegrasi.

Dilansir oleh CNBC, kecepatan 5G disebut 100 kali lebih cepat dibanding 4G. Contoh, mengunduh film yang berdurasi 2 jam hanya memerlukan waktu 3,5 detik saja. Bukan hanya kecepatan internet yang akan ditingkatkan, waktu respons juga akan jauh lebih cepat. Jaringan 4G merespons perintah hanya kurang dari 50 milidetik. Sementara dengan 5G hanya memakan waktu sekitar satu milidetik atau 400 kali lebih cepat dari kedipan mata

Wilayah Amerika Utara dan Amerika Serikat telah siap menjadi wilayah pertama yang menghadirkan jaringan 5G untuk warganya. Beberapa operator telekomunikasi di negara tersebut mengaku siap untuk meluncurkan 5G secara komersil. Kemudian disusul sejumlah kota di Inggris dengan operator EE menyatakan siap menggunakan jaringan 5G.

Beberapa negara di benua Asia juga telah melakukan serangkain uji coba jaringan 5G seperti Tiongkok, Korea Selatan, dan Jepang. Tiongkok saja telah berhasil melakukan uji coba jaringan 5G dalam dunia kedokteran yang dilakukan oleh salah satu dokter di provinsi Fujian. Mereka melakukan operasi hati pada seekor anjing untuk bahan uji coba.

Dokter tersebut menggunakan robot yang terhubung melalui jaringan 5G untuk melakukan operasi. Operasi tersebut dilakukan di 2 tempat yang terpaut 50 KM jauhnya. Namun saat dokter tersebut melakukan pembedahan, gerakan dokter dan gerakan lengan robot  hanya terpaut 0.1 detik waktu delay yang mereka rasakan.

Operasi jarak jauh dengan teknologi 5G

Dengan demikian, seorang dokter dapat melakukan pembedahan kompleks pada pasien yang posisinya jauh, pasien juga tidak perlu menuju ke luar negeri untuk mendapat penanganan khusus, tinggal bagaimana keluarga pasien akan menerima prosedur tersebut. Karena biasanya masyarakat cukup skeptis untuk prosedur jarak jauh seperti ini.

Baca juga:

Bagaimana dengan Indonesia?

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto berencana akan membuat kawasan uji coba untuk industri di Morowali, Sulawesi Tengah. Dengan demikian, kawasan industri Morowali akan menjadi kawasan industri luar jawa yang pertama menerapkan 5G. Jaringan 5G sendiri nantinya akan diproyeksikan untuk membantu mengimplementasikan Revolusi Industri 4.0 yang akan datang. Saat ini penerapan 5G sudah dilakukan di Kawasan industri Cilegon, Banten untuk teknologi informasi.

Sebelumnya, Indonesia sudah mencicipi kecanggihan 5G untuk memeriahkan ajang Asian Games 2018 lalu. Booth yang dinamai Telkomsel 5G Experience Center ini berlokasi di kompleks GBK dan digelar selama Asian Games yang lalu. Pengunjung diajak merasakan langsung berbagai bentuk penerapan 5G yang disajikan dalam bentuk mini show case. Pengunjung dapat merasakan berbagai macam teknologi penerapan 5G seperti remote driving, demonstrasi tendangan pinalti menggunakan VR, Beat the Robot (adu suit jepang dengan robot), dan yang paling canggih adalah self driving car atau mobil tanpa awak.

Referensi :

[1]. Ketika 5G Datang Lebih Cepat dari Perkiraan. Diakses pada 9 Februari 2019.

[2]. What is 5G? Everything you need to know. Diakses pada 9 Februari 2019.

[3]. China sukses pakai 5G untuk operasi jarak jauh. Diakses pada 9 Februari 2019.

[4]. Teknologi 5G Bakal Hadir di Kawasan Industri Morowali. Diakses pada 9 Februari 2019.

[5]. Pengunjung Asian Games Bisa Jajal Teknologi 5G di GBK. Diakses pada 10 Februari 2019.

Artikel Berhubungan:

Sponsor Warstek.com:

1 tanggapan pada “Mengenal Lebih Dekat Jaringan 5G”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *