Penelitian Pilihan Editor Warstek, Edisi Agustus 2019

Setiap harinya ratusan hingga ribuan penelitian dipublikasikan di berbagai jurnal. Dari ribuan artikel jurnal yang terbit tersebut, Editor Warstek merangkum beberapa diantaranya agar masyarakat Indonesia selalu up to date dengan perkembangan riset sains  (alam dan sosial) serta teknologi.

Dengan dikomunikasikannya hasil penelitian pilihan berikut dalam bahasa yang sederhana, harapannya masyarakat pada umumnya dan pelajar pada khususnya dapat teredukasi, terinspirasi, dan dapat mengaplikasikannya. Berikut ini adalah 40 penelitian pilihan Editor Warstek pada Agustus 2019:

Astronomi

1. TESS menemukan planet mirip bumi (super earth) GJ 357 d pada jarak 31 tahun cahaya yang kemungkinan terdapat kehidupan. Accepted di Astrophysical Journal Letters. Link paper (click).

Biologi

2. Ternyata kelelawar menggunakan sayapnya sebagai cermin untuk mencari mangsa ditempat sangat gelap. Terbit di jurnal Current Biology pada 1 Agustus 2019. Link paper (click).

Geologi

3. Ilmuwan temukan metode baru untuk memprediksi letusan gunung berapi . Terbit di jurnal Science Advances pada 31 Juli 2019. Link paper (click).

Pendidikan

4. Kesenian dapat mengurangi tingkat stress pelajar di sekolah. Terbit di jurnal Art Therapy pada 22 Mei 2019. Link paper (click).

Psikologi

5. Bayi menunjukkan empati ke korban bullying sejak usia 6 bulan. Terbit di British Journal of Psychology pada 12 Juni 2019. Link paper (click).

Material

6. Superkonduktor berbasis bahan Graphene. Terbit di jurnal Nature pada 31 Juli 2019. Link paper (click).

7. Meningkatkan efisiensi LED berbasis perovskite. Terbit di jurnal Applied Physics Reviews pada 30 Juli 2019. Link paper (click).

Nuklir

8. Detektor radiasi nuklir berbasis semikonduktor yang bekerja pada temperatur ruang. Terbit di Journal of Applied Physics pada 30 Juli 2019. Link paper (click).

9. Mengungkap awan radioaktif yang terjadi di Eropa pada 2017 (dan tidak ada kaitannya dengan tragedi Fukusima tahun 2011). Terbit di Prosiding National Academy of Sciences pada 26 Juli 2019. Link paper (click).

Lingkungan

10. Fosil plankton zaman purba membantu peneliti memprediksi iklim masa depan. Terbit di jurnal Geophysical Research Letters pada 1 Agustus 2019. Link paper (click).

11. Ternyata pertemanan hewan didasarkan atas perubahan dalam iklim. Terbit di Jurnal Philosophical Transactions of the Royal Society B: Biological Sciences pada 29 Juli 2019. Link paper (click).

Teknologi Informasi

12. Menghitung banyaknya virus inluenza dengan smartphone. Terbit di jurnal Lab on a Chip pada 17 Juli 2019. Link paper (click).

13. Memprint di segala permukaan (dari di permukaan bunga, daun, hingga gelatin). Terbit di jurnal Advanced Functional Materials pada 15 Juli 2019. Link paper (click).

14. Aplikasi komputer yang mampu membedakan senyum tulus dan senyum palsu. Terbit di jurnal Advanced Engineering Informatics pada 26 Juli 2019. Link paper (click).

Fisika

15. Peneliti MIT belajar dari jaringan masyarakat untuk memetakan partikel yang melampaui standar model. Terbit di Physical Review Letters pada 26 Juli 2019. Link paper (click).

16. Mengubah logam non magnet menjadi magnet dengan cahaya laser. Terbit di jurnal Nature Physics pada 8 Juli 2019. Link paper (click).

17. Menghitung partikel suara dengan mikrofon kuantum. Terbit di jurnal Nature pada 24 Juli 2019. Link paper (click).

18. Lensa cerdas, 1 lensa tapi dapat memiliki banyak fungsi (tunable lens) terbit di jurnal Nature Photonics pada 22 Juli 2019. Link paper (click).

Energi

19. Sel surya bebas racun (pembuatan, aplikasi, dan pasca penggunaan) berbasis KBaTeBiO6. Terbit di jurnal Chemistry of Materials pada 11 Juni 2019. Link paper (click).

20. Membuat hydrogen fuel pada temperatur dan tekanan ruang dengan single enzime biomineralization. Terbit di jurnal Green Chemistry pada 7 Mei 2019. Link paper (click).

21. Mengubah karbon dioksida (gas rumah kaca) menjadi bahan bakar dengan “one pot catalysis system”. Terbit di jurnal Nature Communication pada 26 Juli 2019. Link paper (click).

22. Mencetak bahan bakar roket dengan printer 3D. Terbit di jurnal Aerospace pada 15 Juli 2019. Link paper (click).

23. Membangkitkan listrik dari karat dan air garam. Terbit di Proceedings of the National Academy of Sciences pada 29 Juli 2019. Link paper (click).

24. Baterai berbahan baku air laut dan air biasa (PDAM). Terbit di jurnal ACS Omega pada 8 Juli 2019. Link paper (click).

25. Tanpa menggunakan sel surya, peneliti berhasil membuat bahan bakar butanol dengan karbon dioksida, bakteri, dan cahaya matahari. Terbit di jurnal Energy & Environmental Science pada 16 Juli 2019. Link paper (click).