Bagikan Artikel ini di:

Ditulis oleh Isna Rasdianah Aziz

Penggunaan plastik dalam sektor industri sandang, pangan, papan, pendidikan, medis, transportasi, peralatan rumah tangga, mainan menjadi sangat populer dan masif di kalangan masyarakat Indonesia. Salah satu jenis konsumsi plastik adalah kantong plastik, dengan berbagai jenis dan warna. Kemasan plastik menjadi pilihan masyarakat karena nilai kepraktisan, harga lebih murah, awet, unik, daya tarik dalam warna, tulisan dan gambar serta memberi nilai higienis. Konsumsi kantong plastik di Indonesia diklaim lebih dari 1 juta per menit, dan dalam kurun tahun 2017, konsumsi plastik tercatat meningkat hingga 5,6 juta ton [1]–[3]. Hal ini menjadi kekhawatiran semua pihak akan dampak dalam penggunaan plastik. Mikroplastik yang tidak sengaja termakan oleh biota laut dan darat, dalam rantai makanan akan masuk ke dalam tubuh manusia yang menyebabkan timbulnya berbagai macam penyakit, seperti kanker, jantung, gangguan saraf, gangguan reproduksi, gangguan pencernaan, disfungsi tiroid, dan lainnya. Yayasan Kanker Indonesia (YKI), menyatakan bahwa penderita kanker usia muda di Indonesia mencapai 30% dari seluruh penderita kanker di Indonesia.

Selain berdampak pada kesehatan masyarakat, sampah plastik juga mencemari lingkungan hidup. Temuan komunitas Divers Clean Action (DCA) sebesar 63% sampah plastik di lautan Indonesia telah merusak berbagai habitat dan ekosistem laut [4]. Begitu pula sampah plastik yang menumpuk pada tempat pembuangan akhir (TPA). Minimnya proses konversi limbah plastik pada berbagai TPA tidak mampu mengatasi peningkatan kuantitas limbah plastik dari masyarakat. Plastik yang menumpuk sukar terurai karena sifatnya yang hidrofobik dan tersusun oleh polimer kuat, sehingga tidak mudah terdegradasi di lingkungan dalam waktu singkat. Sampah plastik membutuhkan waktu puluhan tahun untuk terurai dan ratusan tahun jika dalam proses pembuatannya ditambahkan berbagai bahan kimia yang memperkuat struktur plastik tersebut. Kantong plastik umumnya membutuhkan 20 tahun untuk hancur dan terurai dalam tanah.

Dalam penelitian ini, lokasi penelitian bertempat di TPA Antang, Makassar sebagai tempat pengelolaan berbagai jenis sampah, termasuk sampah jenis kantong plastik. Limbah plastik jenis ini menumpuk pada 5 stasiun TPA. Proses degradasi alami dalam tanah berlangsung lambat, sehingga plastik puluhan tahun masih dapat ditemukan di lokasi (Gambar 1).

Gambar 1. Kondisi sampah kantong plastik pada stasiun TPA Antang, Makassar

Salah satu cara dalam pengelolaan sampah kantong plastik adalah dengan memanfaatkan potensi mikroorganisme sebagai upaya biodegradasi yang ramah lingkungan, tidak menimbulkan pencemaran dan masalah baru. Pada proses biodegradasi plastik ini, senyawa kimia dan polimer plastik akan dipecah oleh bantuan bakteri menjadi monomer yang lebih sederhana, tercerai-berai dan menjadi hilang sama sekali. Bakteri tanah yang diisolasi pada sampah tanah TPA Antang diformulasikan mampu melakukan proses biodegradasi kantong plastik hitam dan putih jenis LDPE selama 3 bulan.

Kolom Winogradsky merupakan miniatur ekosistem mikroorganisme yang dikondisikan dengan bioekologi mikroorganisme tersebut dalam waktu tertentu [5], [6]. Pada kolom Winogradsky, adanya perbedaan kekeruhan dan warna membentuk zona yang berbeda menunjukkan adanya mikroorganisme yang mampu tumbuh secara aerob dan anaerob. Mikroorganisme anaerob menempati lapisan terbawah di dalam tanah, sedangkan mikroorganisme aerob menempati kolom atas yang terkena cahaya matahari.

Gambar 2. Uji biodegradasi pada kolom winogradasky untuk memperoleh isolat bakteri yang potensial dalam mengurangi limbah kantong plastik hitam dan putih