Manfaat Penggunaan Aplikasi Bus Bagi Penumpang Bus Di Kehidupan Sehari-Hari

Ditulis Oleh Siti Amalia

Transportasi merupakan kebutuhan manusia untuk dapat bergerak dari satu tempat asal ke tempat lain. Peran transportasi juga sangat penting untuk dapat menhubungkan satu daerah dengan daerah lain. Transportasi digolongkan menjadi tiga jenis yaitu transportasi darat, laut, dan udara. Beberapa mode transportasi darat yang ada saat ini seperti sepeda, sepeda motor, mobil pribadi, truk bahkan angkutan publik seperti kereta api, angkot, dan bus. Kebutuhan masyarakat akan jasa transportasi di Indonesia tergolong besar. Transportasi dijadikan suatu bidang usaha yang sangat potensial dikarenakan semua aspek kehidupan membutuhkan transportasi untuk mempercepat akses kepada suatu tujuan tertentu. (Yeyen Meithia Putri Jalni, 2015)

Menurut Prasaja Wikanta (2014), menyatakan bahwa “Kendaraan umum yang menjadi andalan transportasi para masyarakat seperti bus sering membuat ketidaknyamanan calon penumpangnya karena waktu kedatangannya yang tidak pasti. Untuk mengatasi keresahan para calon penumpang kendaraan umum, maka diperlukan sebuah aplikasi yang dapat menginformasikan mengenai waktu dan keberadaan bus sehingga dapat mengurangi tingkat ketidaknyamanan para calon penumpang bus”.

Perkembangan transportasi bus kurang diminati masyarakat karna adanya transortasi online seperti gojek, grab dann uber yang memiiki banyak driver untuk di order setiap saat. Dalam aplikasi blits terdapat tampilan yang memberitahukan posisi bus namun penulis ingin mengembangkan aplikasi dengan adanya jarak dan waktu kedatangan bus dengan metode yang dapat di gunakan yiatu teknologi GPS (Global Positioning System), A Star dan formula haversine yang dapat mencari jarak dan waktu berdasarkan data latitude dan longitude.

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah membangun Aplikasi untuk mengetahui  jarak dan waktu kedatangan bus di android. Adapun manfaat dari penelitian ini adalah membantu pengguna aplikasi mengetahui informasi jarak dan waktu kedatangan bus.

Pada bagian ini mmenjelaskan tentang hasil penelitian dari analisis, masalah, pengumpulan data, serta melakukan perancangan sistem, maka tahap selanjutnya dilakukan pengembangan dan diperoleh hasil sebagai berikut:

Client yang dimaksud berupa aplikasi android yang telah dirancang sesuai kebutuhan dengan menggunakan formula haversine dan A* sebagai perhitungan dalam mencari jarak dan waktu yang diperlukan. Berikut hasil dari tampilan aplikasi android seperti gambar dibawah ini:

Gambar 1 (a, b, c, d) Tampilan Umum Aplikasi

                       

Gambar 2 (e, f) Tampilan Menggunakan Haversine

Gambar 3 (g, h) Tampilan Menggumakan A Star

Langkah awal yang dilakukan dengan cara menghidupkan gps+NodeMCU  menggunakan powerbank dan wifi, lalu buka aplikasi arduino untuk mengirim data ke server seperti gambar dibawah:

Gambar 4 Menghidupkan GPS

Setelah menghidupkan gps maka jalankan program arduino dengan cara meng-upload program seperti gambar di bawah ini:

Gambar 5 Program Arduino

Setelah di upload maka akan muncul tampilan di serial monitor seperti gambar berikut:

Gambar 6 Serial Monitor

Jika data telah terkirim maka akan tampil di dalam database server sebagai berikut:

Baca juga:

Gambar 7 Tampilan Data GPS Di Server

Aplikasi android berupa aplikasi penentu jarak menggunakan formula haversine dan A Star sehingga bus bergerak mengikuti jalan yang sebenarnya.

Pada A star terdapat  jalur yang dipilih yaitu rute bus Korpri – Sukaraja, dalam kasus ini penelitian dilakukan di jalur bus Korpri – Sukaraja. Hasil yng diperoleh dalam koordinat tergantung dari jalan yang sebenarnya. Hasil dari tampilan menggunakan A star sebagai berikut:

Gambar 8 Bus Melewati Sebagian Halte

Dalam gambar diatas menunjukan bahwa koordinat GPS berubah-ubah sesuai dengan lokasi bus yang sedang berjalan. Jika halte berwarna hijau maka bus telah melewati halte yang dilalui. Bus akan start dari korpri menuju sukaraja dan kebali ke korpri sesuai dengan rute bus tersebut.

Gambar 9 Bus Melewati Semua Halte di Rute Korpri-Sukaraja

Pada gambar diatas terdapat halte yang telah dilalui berwarna hijau maka perhitungan jarak dan waktu dapat dilakukan dan dilihat sesuai dengan pergerakan bus hingga halte terakhir, untuk setiap halte di klik maka perhitungan jarak dan waktu mengikuti posisi bus sehingga selalu berubah-ubah dalam jarak dan waktu, hal ini sesuai dengan realita pergerakan bus di jalan yang sebenaarnya.

Berdasarkan penelitian dan pembahasan yang dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut:

  1. Perhitungan jarak dan waktu menggunakan formula haversine hanya menghitung garis lurus antara bus dan halte yang mengikuti lengkungan bumi.
  2. Perhitungan jarak dan waktu menggunakan euclidean hanya menghitung garis lurus antara bus dan halte yang melintasi semua yang ada di depannya tanpa mengikuti lengkungan bumi.
  3. Perhitungan jarak dan waktu menggunakan A Star dengan cara penggabungan jarak tikungan sesuai dengan realita jalan, perhitungan jarak dapat dilihat setelah bus istirahat beberapa saat atau tiba di halte terakhir.
  4. Pada penelitian ini penggunaan metode A Star lebih baik dibandingkan dengan haversine maupun euclidean.
  5. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi perhitungan jarak dan waktu, yaitu faktor keakuratan GPS yang digunakan, pemilihan metode yang tepat, juga kesesuaian dalam realita jalan seperti kemacetan dan pemberhentian bus.
  6. Dalam penelitian menggunakan satu bus, namun dapat dikembangkan di berbagai rute bus lainnya.
  7. User dapat melihat posisi bus dan informasi waktu kedatangan saat ini dari aplikasi yang dapat di lihat setiap saat.
  8. Keakuratan posisi bus tergantung pada jenis GPS yang digunakan, jika GPS semakin berkualitas, maka posisi bus semakin akurat.
  9. Aplikasi blits sebagai perbandingan hanya menampilkan posisi bus saja.
  10. Pada aplikasi blits menggunakan rabbit mq sebagai antrian data, sedangkan aplikasi menggunakan A* dan haversine memangkas penggunaan rabbit mq sehingga data langsung dikirim ke server.

Daftar Pustaka

  • Amalia, S. 2018. Skripsi. Aplikasi Penentu Jarak Bus Berdasarkan Gps (Global Positioning System) Dengan Menggunakan A* Search Algorithm
  • Wikanta P. dkk. 2014. Pemantauan Posisi   Armada   Bus   Pada             Busway    Berbasis   Android.
  • Yuliansyah, H. dan Yeyen Meithia Putri Jalni. 2015.Rancangan Aplikasi Web Monitoring Estimasi Kedatangan Bus Trans-Jogja Berdasarkan Lokasi Bus Dengan GPS Smartphone,

Warstek Media

Warung Sains Teknologi (Warstek) adalah media SAINS POPULER yang dibuat untuk seluruh masyarakat Indonesia baik kalangan akademisi, masyarakat sipil, atau industri.
Warung Sains Teknologi
Artikel Berhubungan:

Sponsor Warstek.com:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *