JANO Spray: Inovasi teknologi Pulse Laser Ablation dan Ultarsonifikasi untuk Mensintesis Hand Sanitizer Alami Berbahan Daun Jambu Biji dengan Nanopartikel Perak

Ditulis Oleh Gede Wiratma Jaya

Hand sanitizer merupakan bahan antiseptik yang sering digunakan sebagai cairan pembersih tangan selain menggunakan sabun cuci tangan. Alasannya sederhana karena hand sanitizer lebih praktis dan mudah dibawa kemana-mana menggunakan wadah botol dan dapat mengurangi limbah cair sebagai akibat penggunaan sabun cuci tangan. Selain praktis, hand sanitizer memiliki keunggulan yaitu dapat membunuh kuman dan bakteri yang ada ditangan dengan waktu relatif cepat [1]. Hal ini dikarenakan hand sanitizer terdapat senyawa alkohol seperti etanol, propanol, dan isopropanol dengan konsentrasi  60% sampai dengan 80% dan senyawa fenol seperti triklosan dengan kadar 0,05% sampai dengan 2% [1]. Walaupun dapat memberikan efektivitas yang lebih baik dalam mematikan kuman dan bakteri namun penggunaan yang terlalu sering dapat mengakibatkan tangan menjadi iritasi dan kering [1,2]. Lalu apakah ada solusi sederhana untuk mengatasi kekurangan tersebut? Solusinya adalah menggunakan bahan alami seperti daun jambu biji sebagai hand sanitizer.

Daun jambu biji sendiri memiliki kandungan beberapa senyawa aktif seperti tanin, triterpenoid, flavonoid, dan saponin [3,4]. Senyawa aktif ini memberikan efek anti bakteri yang dapat menghambat laju perkembangan bakteri dengan cara merusak struktur membran sel bakteri [4]. Untuk meningkatkan potensi yang dimiliki daun jambu biji, inovasi barunya adalah dengan membuat produk olahan daun jambu biji yang akan diberi nama JANO Spray atau Jambu Nano Spray. Produk JANO Spray sendiri merupakan inovasi sederhana yang mengkombinasikan hasil ekstrasi daun jambu biji dalam bentuk cair dengan menambahkan nanopartikel perak (Ag) sebagai penambah daya untuk mematikan laju pertumbuhan bakteri yang ada di tangan. Oke sekarang kita coba pikirkan bersama, bagaimanakah cara mendapatkan nanopartikel Ag tersebut? Sintesis nanopartikel Ag pada umumnya menggunakan senyawa kimia yang berasal dari perak nitrat (AgNO3), kemudian disintesis dengan berbagai macam metode seperti metode reduksi [5], metode green synthesis [6], dan metode sol-gel [7]. Namun dalam proses sintesisnya masih menggunakan beberapa senyawa kimia tambahan sehingga dikhawatirkan dapat menimbulkan iritasi pada kulit. Lalu apakah ada metode lain untuk mensintesis nanopartikel Ag?

Jawabannnya adalah menggunakan teknologi pulse laser ablation (PLA). Wah, kira-kira apa itu teknologi PLA? PLA merupakan metode sintesis nanopartikel menggunakan sinar laser yang ditembakkan ke benda padat (logam) sebagai target, adanya tembakan laser secara terus menerus mengakibatkan terjadinya sebuah plasma dari proses ionisasi yang dimana terdapat partikel-partikel dalam ukuran nano yang akan tereksitasi dari benda padat tersebut [7]. Kelebihan dari teknologi PLA ini adalah kemampuan menghasilkan nanopartikel dengan tingkat kemurnian yang lebih baik [8] dan tidak ada menggunakan tambahan senyawa kimia apapun sehingga lebih ramah lingkungan.

Gambar 1. Skema reaksi pembentukan nanopartikel dengan teknologi PLA [7].

Namun berdasarkan skema reaksi pada Gambar 1, sintesis nanopartikel dengan teknologi PLA masih memiliki kekurangan yaitu adanya aglomerasi atau penggumpalan. Untuk mengatasi hal tersebut penulis mencoba mengkombinasikan dengan metode ultrasonifikasi. Sekarang, bagaimanakah skema proses pembuatan JANO Spray? Berikut ini inovasi penulis berupa skema sintesis JANO Spray yang dapat dilihat pada Gambar 2.

Gambar 2. Skema reaksi pembentukan nanopartikel dengan teknologi PLA.

Proses sintesis dimulai dengan menyiapkan sampel berupa ekstrak larutan daun jambu biji dan logam Ag dengan kemurnian sebesar 99% dimasukkan secara bersama-sama ke dalam cawan petri dengan ukuran volume kira-kira sebesar 150 mL. Langkah selanjutnya adalah meletakkan cawan petri tersebut ke dalam alat yang diberi nama ultrasound high frequency yang telah terhubung dengan audio generator. Proses penyiapan teknologi PLA dengan memasang cermin, lensa cembung dan menyiapkan laser Nd:YAG dengan panjang gelombang 1064 nm. Setelah semua siap, audio generator dinyalakan dengan frekuensi 50 kHz dan laser dinyalakan menggunakan komputer dengan frekunsi tembakkan laser sebesar 15 Hz. Durasi sintesis dilakukan selama 60 menit. Berdasarkan skema reaksi yang terjadi, laser akan memborbadir logam Ag secara terus menerus hingga terjadi reaksi seperti pada Gambar 1. Selain logam Ag, larutan ekstrasi kemungkinan akan mengalami proses pemecehan molekul-molekul kimia secara atomik dalam waktu singkat sebelum kembali bergabung ketika laser dimatikan. Adanya ultrasonifikasi menyebabakan molekul-molekul tersebut mendapat kelebihan energi, efeknya adalah kondisi pemecahan molekul kimia secara atomik kemungkinan akan menjadi lebih lama dan atom-atom dari molekul larutan tersebut akan menangkap nanopartikel Ag. Sehingga proses aglomerasi yang terjadi pada nanopartikel Ag bisa lebih berkurang dan diharapkan campuran antara nanopartikel Ag dengan larutan menjadi lebih homogen. Setelah disintesis selama 60 menit, hasil sintesis dituangkan ke dalam botol spray yang sudah disiapkan.