Ekonomis Dengan Mesin Kikir Kelapa Portabel Handmade

Ditulis Oleh Mislaini

Mengguras waktu dan tenaga, dan begitulah yang terjadi saat mengopreasikan alat kikir kelapa rumahan. Alat kikir kelapa berfungsi menyayat daging kelapa yang kemudian diperas dan menghasilkan santan segar. Santan merupakan salah satu bahan dasar pembuatan berbagai makanan lezat. Hal inilah yang menyebabkan ibu rumah tangga pastinya memiliki alat kikir kelapa manual dirumah. Namun alat manual yang ada tidak memberikan kemudahan bagi operator, melainkan kesulitan dan kerugian pada waktu dan tenaga.

Meskipun hari ini santan telah mudah didapatkan dalam bentuk santan intan kemasan diberbagai mini market. Namun beberapa masyarakat tidak ingin menggunakannya. dikarenakan mereka menganggap santan kemasan dibuat dengan ditambahkannya bahan berupa pengawet. Hal ini disampaikan oleh beberapa ibu rumah tangga asal Dumai, Riau. Mereka menyatakan santan yang diproleh dari kelapa murni tidak akan bertahan lama. Jika pun bertahan, santan mesti langsung dimasak dengan suku tinggi atau di bekukan dalam suku rendah. Jika tidak, santan dapat membasi dan tidak dapat dipergunakan (wawancara,15 Juli 2019). Oleh karena inilah mereka dan kebanyakan ibu rumah tangga lainnya masih mempertahankan budaya mengkikir kelapa dengan alat manual.

Hal di atas menjadi alasan penulis untuk mempermudah sebagian masyarakat dalam memperoleh santan dari kelapa murni, yaitu dengan sebuah produk baru yang disebut sebagai mesin kikir kelapa yang mini dan portable. Selain itu, penciptaan alat ini karena tuntutan dari adanya gerakan revolusi industri 4.0. yaitu, memberikan kemudahan diberbagai lini kehidupan salah satunya dalam pekerjaan rumah tangga.

Mesin Kikir Mini Portabel merupakan sebuah produk yang akan diciptakan dan bisa dirakit oleh semua orang. Karena konsepnya sangat sederhana dan barang-barang yang digunakan tidak banyak, malah dapat diganti dengan barang bekas, yang kemudian di recycled. Recyled berasal dari bahasa inggris yang memiliki arti mendaur ulang.[1] mendaur ulang dalam bahasa indonesia dimaksudkan memproses kembali bahan yang sudah terpakai.[2] Dengan begitu, jelas mesin ini memiliki nilai yang jauh ekonomis daripada aslinya, serta dapat menghemat pengeluaran rumah tangga. Selain itu, alat ini dapat menghemat tenaga dan juga waktu.

Mesin ini terdiri dari beberapa bagian diantaranya:

Pertama, Mata pisau. Dalam perakitan mata pisau dapat dipergunakan barang bekas berupa aluminium minuman kaleng yang di lubangi dengan paku secara teratur agar dapat mengkikis daging kelapa. Kemudian aluminium ini melapisi batang kayu bulat atau dowel. Dowel juga dapat diraih dari barang bekas, yaitu batang sapu yang tidak terpakai. Setelah jadi, dowel ini disambungkan pada Bearing (bantalan), bearing juga dpat diperoleh dari barang yang tidak terpakai, misalnya bearing pada sepeda yang sudah tidak bisa digunakan. Bearing ini berfungsi untuk menjaga putaran mata pisau mesin tetap berputar pada porosnya dengan baik.

Kedua, Badan mesin, dapat dibuat menggunakan triplek bekas yang diukur sesuai kebutuhan atau sesuai keinginan operator. Badan mesin terbagi atas beberapa bagian, diantanya: Tiang penyangga A dan B, Jalur masuknya daging kelapa, box Battery, box mesin (dinamo) A dan B. untuk menghubung seluruh bagian agar menjadi bagunan mesin yang rampung, dapat menggunakan lem lilin.

Baca juga:

Dan ketiga, penggerak mesin. Mesin dapat digerakkan melalui adanya sumber energi yang digerakkan dengan bentuan beberapa alat sebagai berikut. Yaitu kabel penghubung ke sumber energi (Conector), kabel merah, kabel hitam, switch DC, dan dinamo dapat dihasilkan dari kipas angin bekas.

Sumber energi pada mesin dihasilkan dari anugerahakan allah SWT yang tidak akan bertambah dan juga berkurang sedikitpun, yang ada hanyalah perubahan terhadap energi itu.[3] hal inilah menjadi dasar dan bunyi dari hukum kekekalan energi. Salah satu diantara bentuk energi di permukaan bumi yang di konsumsi oleh masyarakat di dunia ialah energi listrik.

Bunyi hukum kekekalan energi di atas menyebutkan bahwa energi hanya dapat di dirubah, salah satunya energi listrik yang dikonversikan ke energi gerak. Lalu bagaimana proses perubahan dari energy tersebut?. energi listrik dapat berubah menjadi energi gerak karena adanya bantuan motor listrik. Semulanya energi listrik berubah menjadi induksi magnet kemudian induksi magnet akan membuat poros yang terdapat pada alat-alat tersebut bergerak. Pergerakan energi listrik melalui rangkaian luar dari terminal tinggi ke rendah membuat sebuah muatan kehilangan energi listrik tersebut. Kemudian gaya non listrik akan memaksa energi listrik kembali ke anoda melalui gaya gerak listrik (GGL).[4]

Setelah itu, ketiga bagian mesin di gabungkan menjadi satu, dan jadilah mesin kikir kelapa mini portable yang sangat cocok dan ekonomis untuk rumah tangga. Pengaplikasiannya pun sangat mudah. Hanya dengan menyalakan dengan menghubungkan langsung pasa sumber energi listrik dengan conector dan aktifkan pula switch DC. Setelah itu mesin akan menyala ditandai dengan berputarnya mata pisau mesin kikir. Kemudian sediakan piring atau mangkuk untuk menampung kelapa hasil parutan, setelah itu kelapa dapat dimasukkan pada mata pisau mesin dan sedikit dorong. Hasil parutan kelapa akan turun ke penampungan tadi.

Referensi:


[2] http://kbbi.web.id/daurulang.html, di akses 31 juli 2019.

[3] Zhanta Al Bayan, Muda Berkarya, Jakarta:Gramedia, 2015.

[4]https://benergi.com/manfaat-perubahan-energi-listrik-menjadi-energi-gerak, di akses 01 Agustus 2019.

Warung Sains Teknologi
Latest posts by Warstek Media (see all)
Artikel Berhubungan:

Sponsor Warstek.com:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *