Mudah Emosi? Pahami Cara Mengendalikan Emosi

Artikel kali ini akan membahas tentang cara mudah mengendalikan emosi. Cocok nih, buat kamu yang suka marah-marah hehe. Simak yuk!

Mudah Marah

Mudah Marah [1]

Ada sebagian orang yang tidak dapat mengendalikan emosinya ataupun sangat mudah emosi. Kemarahan yang berlebihan sangat tidak baik untuk kesehatan ya. Contohnya orang yang mudah marah akan terserang penyakit hati. Nah, tentunya kita semua tidak ingin punya penyakit hati kan.

Alangkah baiknya kita mengetahui dulu kira-kira apa yang menyebabkan seseorang tidak bisa mengontrol emosi?

Kadang-kadang kita melihat ada orang yang sepertinya susah banget buat mengontrol amarahnya, kalau sesekali sih wajar ya. Tapi kalau terlalu sering tidak bisa mengontrol emosi, bisa jadi itu gejala dari Intermitten Explosive Disorder (IED) [1].

Intermitten Explosive Disorder (IED) merupakan ekspresi kemarahan yang ditandai dengan kekerasan verbal maupun fisik. Biasanya hal ini terjadi berulang kali bisa di rumah, di jalan, dan bisa juga di tempat umum [1].

Marah adalah hal yang normal untuk setiap orang. Terkadang rasa marah timbul karena ada rasa kecewa, sakit hati, dan kesal yang kita rasakan sehingga mudah marah. Namun, alangkah baiknya marah-marahnya jangan berlebihan atau harus dibatasi agar supaya terhindar dari beberapa penyakit, contohnya penyakit hati, darah tinggi, depresi, ataupun jantungan.

Nah, bahayakan? Intermitten Explosive Disorder (IED) biasanya menunjukkan gejala yang tiba-tiba, tapi orang yang menderita gejala ini sudah terlihat sikapnya seperti:

1. Mudah tersinggung
2. Impulsif atau sangat mudah terpengaruh emosi
3. Agresif
4. Mudah marah sepanjang waktu
5. Berteriak
6. Menampar dan memukul
7. Berkelahi
8. Mengancam orang lain [1].
Berikut ini merupakan beberapa cara untuk meredam marah:
  • Mengatur napas dan berpikir positif
    Ketika mulai marah, tarik napas dalam-dalam dari diafragma dan mengulangi kata “santai” atau “tenang” perlahan-lahan sampai kemarahan reda. Atau berhitung dari 1-10 guna memberi Anda waktu untuk menenangkan diri.
  • Berpikir sebelum berbicara
    Ketika hati panas, sangat mudah mengatakan sesuatu yang mungkin akan disesali. Menenangkan diri untuk mengumpulkan pikiran sebelum berkata apa-apa.
  • Temukan alasan kenapa Anda marah
    Ingatkan pada diri sendiri jika amarah tidak akan memperbaiki apa-apa, dan mungkin hanya membuat segala sesuatu menjadi lebih buruk [2].

Penyebab seseorang mengalami gejala IED bisa dari faktor lingkungannya yang kurang stabil dan faktor biologis. Gejala ini biasanya sudah muncul usia di bawah 6 tahun sampai 40 tahun. Namun, paling sering terjadi pada individu yang berusia di bawah 40 tahun [3].

Akhir kata: Bagaimana sudah tahu cara yang baik dalam mengendalikan emosi? Jangan suka marah-marah lagi ya, hehe. Semoga bermanfaat.

Referensi:

[1] Life Health. 2019. Cara Mengendalikan Emosi. Gorontalo

Baca juga:

[2] Alodokter. 2018. Cara Mengatasi Marah Agar Penyakit Tidak Datang

[3] Skwad Health. 2018. Sering Marah-Marah? Beginilah Cara Mengendalikan Emosi

Amelia Puluhulawa
Latest posts by Amelia Puluhulawa (see all)
Artikel Berhubungan:

Sponsor Warstek.com:

Yuk Ajukan Pertanyaaan atau Komentar