Bagikan Artikel ini di:

Ditulis Oleh Pria Abhirama Dewa

 Meningkatnya jumlah masyarakat tidak dapat diikuti dengan mengurangnya hasil pangan sehingga terjadinya kelangkaan, yaitu permintaan lebih tinggi daripada ketersedian. Hasil pangan yang menurun disebabkan pemanasan global sehingga iklim dapat berubah drastis. Maka dari itu, Indonesia kini sudah tidak menjadi negara agraris karena hasil pertanian yang berkurang dan akan cenderung mengimpor pangan dari luar negeri.

Perubahan iklim yang drastis dan tidak menentu menyebabkan penanaman tanaman pangan menjadi susah. Kekeringan dan hujan yang berlebihan dapat mengurangi unsur hara yang terkandung pada tanah. Unsur hara sebagai salah satu faktor kehidupan tumbuhan yang sering terkikis air dan terkena kekeringan menyebabkan tumbuhan sulit untuk tumbuh. Jika terus terjadi maka beberapa jenis tumbuhan perkebunan dapat mengalami kepunahan. Dalam unsur hara mengandung unsur karbon untuk melakukan daur karbon. Karbon juga dapat diperoleh dalam bentuk udara, yaitu CO (Karbon Monoksida) dan CO2 (Karbon Monoksida).

Daur karbon ialah salah satu daur bigeokimia. Daur karbon merupakan proses siklus karbon yang berasal dari manusia, hewan, dan tumbuhan. Daur karbon sangat penting bagi kehidupan mahluk hidup. Maka daur karbon harus terus berlangsung agar kehidupan dapat berjalan. Terutama tumbuhan yang sangat membutuhkan karbon untuk bernapas dan sebagai unsur hara.

Alam juga menyediakan karbon, seperti organisme dan juga hasil letusan gunung berapi. Lingkungan sekitar juga dapat menyediakan karbon. Polusi dari kendaraan bermotor dapat memberikan karbon yang banyak dalam bentuk udara. Maraknya penggunaan kendaraan bermotor juga dapat berakibat negatif. Efek rumah kaca dan pemanasan global merupakan contoh kerugian jika terlalu banyak menggunakan kendaraan bermotor. Suhu bumi akan bertambah tinggi.

Maka dari itu karbon memiliki fungsi penting dalam siklus kehidupan. Daur karbon akan gagal jika manusia tidak dapat menjaganya. Seperti banjir dan kekeringan yang harusnya dapat dicegah. Jika banjir seharusnya dapat dicegah dengan penanaman tumbuhan yang banyak dan membuang sampah pada tempatnya. Jika kekeringan dapat dicegah dengan penanaman tumbuhan juga sebab tumbuhan dapat menyimpan air yang akan berguna pada musim kemarau.

Namun terdapat solusi, yaitu penggunaan soda dan arang yang mengandung karbon dan dapat digunakan untuk melengkapi proses daur karbon dan meningkatkan hasil dan kualitas pangan. Arang dapat dibuat dengan mudah dari kayu bakar dan sabut kelapa yang merupakan bahan yang mudah didapatkan, namun jika soda membutuhkan uang untuk membelinya, tetapi soda dapat menjadi penyuplai karbon dalam bentuk cairan. Selain daripada itu, petani juga akan terbantu dengan kemudahan yang ada, serta ekonomi Indonesia yang dapat meningkat dalam sektor pangan.

Soda juga dapat berguna untuk mengurangi hama pada ladang pertanian dan kebun. Kandungan gula yang tinggi pada soda efektif untuk menambah sistem kekebalan tanaman sehingga tahan hama. Sehingga soda dapat digunakan sebagai pengganti pestisida.

Arang juga dapat menyerap dan menyimpan air yang sangat banyak. Itu disebabkan arang memiliki banyak rongga. Maka dari itu, arang dapat membuat penyimpanan air pada tumbuhan. Sehingga tumbuhan dapat menyimpan banyak air jika musim kemarau.

Baca juga:

Pada dasarnya proses penggunaan soda dan arang sangat mudah, jika soda dapat dituangkan pada tanah atau disemprot dengan bantuan alat penyemprot dan jika arang dapat disemai pada tanah.

Penggunaan soda dan arang untuk pertanian dan perkebunan ini dapat memberi manfaat banyak bagi petani maupun seluruh rakyat Indonesia dan juga dunia. Dengan ide ini kualitas dan kuantitas pertanian dan perkebunan akan meningkat. Dengan itu juga ekonomi Indonesia akan meningkat dengan pengeksporan pangan ke luar negeri. Melalui kerjasama yang tepat dengan negara lain maka Indonesia dapat menjadi negara yang sukses di kancah dunia.

Referensi :

[1] Andrall (2017). www.hipwee.com. Arang, Ciptaan Tuhan yang Hitam Pekat Tapi Ternyata Punya Segudang Manfaat.

[2] Rika (2016). www.islampos.com. Jadi Orang Bermanfaat, Belajarlah dari Pohon

[3] Daisy Chan. www.rd.com. This Is What Happens One Hour After Drinking a Can of Soda.

[4] Mendy Aisha. www.jagad.id. Siklus Karbon : Pengertian, Macam  Jenis, dan Proses Tahapan.

[5] Cynthia Novianti (2019). www.99.co. 9 Manfaat Arang untuk tanaman yang Belum Banyak Diketahui.

[6] Latif Munawar (2018). m.liputan6.com. Petani India Gunakan Minuman Soda untuk Basmi Hama, Efektif?

Warstek Media

Warung Sains Teknologi (Warstek) adalah media SAINS POPULER yang dibuat untuk seluruh masyarakat Indonesia baik kalangan akademisi, masyarakat sipil, atau industri.
Warung Sains Teknologi
Nilai Artikel Ini
Artikel Berhubungan:

Sponsor Warstek.com:
Bagikan Artikel ini di:
2 Comments
  1. Very good

    Penilaian Komentar
  2. Bagus banget

    Penilaian Komentar

Tinggalkan Balasan