Mengenal Bank Lebih Dekat

Profesi dalam Perbankan

Profesi yang paling dikenal orang dalam dunia perbankan adalah teller dan customer service, karena merekalah yang paling sering berinteraksi dengan nasabah. Sebenarnya dalam mengelola bank ada banyak profesi yang terlibat. Selain teller dan customer service tentunya ada pemimpin cabang, petugas call center, sales, analis kredit, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Melindungi Informasi di Era Digital

Tugas yang harus dilakukan oleh pegawai bank sesuai dengan jabatannya antara lain:

  • Pemimpin cabang bertugas mengelola dan mengawasi setiap kegiatan yang dilakukan oleh staf perbankan, yang berhubungan dengan operasional perbankan di sebuah kantor cabang, dengan mencapai target yang telah ditentukan.
  • Teller bertugas melayani nasabah yang ingin bertransaksi setor tunai, tarik tunai, ataupun transaksi keuangan lainnya.
  • Customer service bertugas memberikan pelayanan kepada nasabah, menangani dan memberikan solusi atas keluhan nasabah, serta memberikan informasi mengenai jasa dan produk perbankan.
  • Call center mempunyai tugas yang hampir sama dengan customer service, namun mereka tidak bertatap muka langsung dengan nasabah, melainkan melayani melalui jaringan telepon/internet.
  • Sales bertugas mengelola portofilo nasabah serta memberikan solusi keuangan kepada nasabah melalui produk dan jasa perbankan yang ditawarkan.
  • Analis kredit bertugas menilai kelayakan calon debitur atas kredit yang diajukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Treasury

Treasury adalah suatu unit yang bertanggung jawab untuk menjaga likuiditas perusahaan, memastikan perusahaan memiliki cukup kas untuk memenuhi kebutuhan operasional perusahaan.

Profesi pada Unit Treasury antara lain: Treasury Dealer, Money Market Desk, Debt and Capital Market Desk, Derivative Trading and Structured Products Desk, dan Treasury Sales/Marketing Desk.

Treasury Dealer bekerja di sebuah ruangan yang disebut Dealing Room. Ruangan ini dirancang khusus untuk melaksanakan transaksi (deal) dengan para pihak (counterparty) yang dilengkapi dengan berbagai instrumen yang diperlukan untuk memperoleh informasi keuangan melalui Reuters Module Dealing System (RMDS), box voice, dan sarana komunikasi lainnya.

Money Market Desk melakukan transaksi pasar uang baik interbank placement atau lending dan taken atau borrowing, maupun seluruh instrumen pasar uang termasuk Sertifikat Bank Indonesia (SBI) dan Fasilitas Simpanan Bank Indonesia (FASBI).

Debt and Capital Market Desk melakukan transaksi dan mengelola portofolio bank yang terdiri dari surat-surat berharga seperti obligasi dan reksadana yang digunakan untuk pendapatan bunga yaitu yield dan keuntungan atau capital gain melalui transaksi jual/beli obligasi.

Derivative Trading and Structured Products Desk melakukan transaksi derivatif dengan memanfaatkan pergerakan harga pasar, baik nilai tukar maupun suku bunga, dengan tujuan memperoleh keuntungan.

Treasury Sales/Marketing Desk adalah tim yang berhubungan langsung dengan nasabah dan kantor-kantor cabang untuk transaksi valuta asing dan surat-surat berharga.

Informasi Teknologi

Informasi Teknologi yang handal sangat dibutuhkan dalam dunia perbankan. Kecepatan, keakuratan, dan kemudahan yang ingin dirasakan oleh nasabah tergantung pada unit Informasi Teknologi. Beberapa profesi di unit ini antara lain: IT Support Officer, Network Administrator, Programmer, System Analyst, dan Database Administrator.

IT Support Officer bertugas memberikan dukungan IT di seluruh outlet atau cabang, berupa instalasi, perbaikan, dan penyediaan hardware maupun software yang menunjang bisnis perbankan.

Network Administrator bertugas mengelola infrastruktur teknologi informasi, terutama dalam hal jaringan teknologi informasi, baik di outlet, ATM, maupun di Kantor Pusat.

System Analyst bertugas menganalisa sistem dengan mempelajari masalah-masalah yang timbul dalam bisnis perbankan, menentukan kebutuhan-kebutuhan user, serta menyampaikan solusi teknologi informasi yang dapat digunakan.

Database Administrator bertugas mengelola database yang digunakan dalam sistem perbankan.

Programmer bertugas mengembangkan, menguji, dan mengimplementasikan perangkat lunak yang digunakan untuk membantu operasional perbankan.

Auditor Internal

Auditor Internal bertugas menentukan apakah kebijakan dan ketentuan yang ditetapkan oleh manajemen telah dipatuhi, menentukan baik atau tidaknya penjagaan terhadap aset organisasi, menentukan efisiensi dan efektivitas prosedur kegiatan organisasi, serta menentukan keandalan informasi yang dihasilkan oleh berbagai bagian organisasi.

Produk-produk Perbankan

Bank adalah lembaga keuangan yang bergerak di bidang jasa dengan fungsi pokok menghimpun dana dari masyarakat dalam berbagai bentuk dan menyalurkannya kembali kepada masyarakat dalam bentuk kredit, serta melaksanakan berbagai jasa dalam kegiatan perdagangan dan pembayaran baik dalam maupun luar negeri.

Selain fungsi pokok, bank juga mempunyai fungsi khusus, yaitu:

Baca juga:
  • Agent of trust: lembaga yang berdasarkan kepercayaan.
  • Agent of development: lembaga yang memobilisasi dana untuk pembangunan ekonomi suatu negara.
  • Agent of services: lembaga yang memberikan pelayanan jasa perbankan dalam bentuk transaksi keuangan kepada masyarakat.

Simpana Giro

Rekening Giro atau Current Account adalah salah satu produk perbankan berupa simpanan dari nasabah perorangan maupun badan usaha dalam mata uang rupiah maupun valuta asing yang penarikannya dapat dilakukan kapan saja selama jam kerja dengan menggunakan cek atau bilyet giro. Sebelum melakukan penarikan harus dipastikan saldo mencukupi. Karena jika tidak, maka pemilik rekening giro akan masuk dalam Daftar Hitam Nasional yang tentunya hal ini akan mempengaruhi kredibilitas yang bersangkutan.

Simpanan Tabungan

Tabungan biasa digunakan orang untuk menyimpan dana darurat atau sebagai perencanaan keuangan. Umumnya tabungan dilengkapi dengan buku tabungan dan kartu debit. Fasilitas yang dapat digunakan untuk mempermudah transaksi adalah e-channel, yaitu saluran transaksi melalui jaringan elektronik yang berupa ATM, internet banking, maupun mobile banking.

Penggunaan e-channel dapat menguntungkan kedua belah pihak baik bank maupun nasabah. Di sisi bank penggunaan e-channel bisa mengurangi antrian dan menambah fee based income, sedangkan di sisi nasabah memudahkan karena tidak perlu datang ke outlet. Transaksi bisa dilakukan di mana saja. Selain fasilitas yang disebutkan di atas, bank juga umumnya mengenakan biaya administrasi kepada nasabah, baik administrasi pemeliharaan rekening, ganti buku tabungan, dan lain-lain.

Simpanan Deposito

Deposito merupakan produk simpanan bank yang pengambilan uang simpanannya hanya dapat dilakukan sewaktu-waktu sesuai perjanjian di muka dan dengan syarat-syarat tertentu. Umumnya jatuh tempo deposito adalah 1, 3, 6, 12, dan 24 bulan.

Kredit

Kredit berasil dari Bahasa Yunaini, credere, atau Bahasa Latin, creditum, yang berarti kepercayaan. Bank menerapkan prinsip 5C (character, capital, capacity, condition, collateral) dalam memberikan kredit kepada debitur. Kelima C ini harus dipenuhi oleh calon debitur supaya pengajuan kreditnya disetujui.

Keputusan pemberian kredit minimal harus melibatkan 2 orang pejabat yang berasal dari unit bisnis dan unit risiko kredit yang saling independen satu sama lain. Hal ini disebut four eyes principle.

Berdasarkan jangka waktunya, kredit dapat diklasifikasikan menjadi 3, yaitu kredit jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang. Sedangkan berdasarkan sifat penggunaannya, kredit didolongkan menjadi kredit konsumtif dan kredit produktif.

Kredit konsumtif ditujukan untuk keperluan konsumsi baik barang maupun jasa dengan cara membeli, menyewa, atau dengan cara lain. Kredit produktif dibagi menjadi 2 macam, yaitu kredit modal kerja dan kredit investasi.

Transfer dan Inkaso

Transfer merupakan suatu kegiatan jasa bank untuk memindahkan sejumlah dana tertentu sesuai dengan perintah si pemberi amanat yang ditunjukkan untuk seseorang yang ditunjuk sebagai penerima.

Inkaso adalah pemberian kuasa pada bank oleh nasabah baik perusahaan maupun perorangan untuk melakukan penagihan terhadap surat-surat berharga baik yang berdokumen maupun yang tidak berdokumen yang harus dibayar setelah pihak pembayar dan atau tertarik menyetujui pembayarannya.

Letter of Credit

Letter of Credit (LC) atau Surat Kredit Berdokumen adalah jasa yang ditawarkan bank untuk jual beli barang, yaitu berupa penangguhan pembayaran oleh pembeli sejak LC dibuka sampai dengan jangka waktu tertentu sesuai perjanjian.

Garansi Bank

Garansi Bank adalah agunan pembayaran yang diberikan kepada pihak penerima agunan, apabila pihak yang dijamin tidak memenuhi kewajibannya.

Save Deposit Box

Safe Deposit Box (SDB) adalah jasa penyewaan kotak penyimpanan harta atau surat-surat berharga yang dirancang secara khusus dari bahan baja dan ditempatkan dalam ruang khasanah yang kokoh dan tahan api untuk menjaga keamanan barang yang disimpan dan memberikan rasa aman bagi penggunanya.

E-banking

E-banking adalah transaksi perbankan yang dilakukan secara elektronik dan mandiri, meliputi ATM, SMS, internet, mobile banking, dan phone banking. Umumnya bank akan selalu mengedukasi nasabahnya agar mengaktifkan e-banking, karena transaksi ini lebih praktis, mudah, murah, dan cepat.

Resume dari online course di www.indonesiax.co.id (BNI101) oleh Achmad Baiquni

Rabiah

Self employed at Toko Hanjita
Resign dari bank BUMN setelah berkarya selama hampir 21 tahun, S1 Matematika Universitas Airlangga, S2 Akuntasi Universitas Wijaya Kusuma Surabaya, hobi menulis, mom of 3
Rabiah

Latest posts by Rabiah (see all)

Artikel Berhubungan:

Sponsor Warstek.com:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *