Neutrino, Si Hantu Alam Semesta (Bagian 1)

Menyambung dari artikelku sebelumnya, tentang atom dan partikel, disini aku bakal bahas salah satu partikel yang kusebutkan sebelumnya di artikel sebelumnya, yaitu Neutrino. Kenapa neutrino sangat menarik untuk dibahas? Karena neutrino ini bisa dikatakan sebagai “hantu” karena hampir tidak bisa dideteksi dan hampir tidak berinteraksi dengan apapun, apalagi neutrino hampir tidak dapat dihentikan, untuk menghentikannya saja perlu timbal setebal jarak dari matahari ke bintang terdekat, alfa centauri. Sungguh lincah bukan? Bahkan ada jutaan neutrino sekarang yang sedang melewatimu. Ngga keliatan kan? Namanya juga makhluk gaib. Mari kita bahas.

baca juga: Benarkah Atom itu Partikel Paling Kecil?

Standart Model

Neutrino sendiri adalah bagian dari lepton, yang merupakan fermion, sehingga dia memiliki spin tengahan (-3/2,-1/2,1/2,3/2, dll). Namun sebelum membahas neutrinonya, kita perlu tau, bagaimana sih neutrino bisa dicetuskan. Jadi pada tahun 1930, pak Pauli mengamati proses radiaktif berupa peluruhan Beta. Dari hasil peluruhan berhasil memenuhi hukum kekekalan muatan, dimana muatan sebelum peluruhan dan setelah peluruhan adalah sama. Namun, hasil peluruhan ternyata tidak sesuai dengan hukum paling dasar dalam fisika, Hukum kekekalan energi. [1]

Gambar 1. Peluruhan Beta

Selama berkali-kali Pak Pauli mengamati peluruhan beta, hukum kekekalan energi selalu terlanggar. Namun, apakah mungkin hukum paling dasar yang telah menjelaskan semua permasalahan yang ada ini gagal? Tentu saja tidak, untuk mengatasinya, pak Pauli mengira-ngira “Pasti ada partikel lain yang belum kita deteksi yang membawa energi sisanya itu”. Namun partikel itu tidak mungkin bermuatan dan pastinya sangat kecil dan susah dideteksi, karena tidak dapat terbaca pada detektor yang ada saat itu. Pemasalahan lagi, ternyata peluruhan beta juga melanggar hukum kekekalan momentum sudut, dimana spin awal adalah neutron (tengahan) yang menjadi proton(tengahan) dan elektron(tengahan) yang totalnya adalah bulat, artinya neutrino itu pasti memiliki spin tengahan. [1]

Gambar 2. Skema Percobaan Reines-Cowan

Pada tahun 1956, Neutrino benar-benar terkonfirmasi oleh Pak Reines dan Pak Cowan menggunakan reaksi beta terbalik. Nah jadi, seperti sebelumnya, reaksi beta akan memancarkan neutrino (yang sebenarnya itu adalah antineutrino), nah ketika neutrino ini bertemu dengan proton, dia akan bereaksi dan proton dengan neutrino akan berubah menjadi neutron dan positron. Karena positron adalah antipartikel dari elektron, maka dengan cepat positron akan bertemu dengan elektron tadi dan akan saling melenyapkan memancarkan radiasi sinar gamma. Nah, sinar gamma ini akan terpancar separo-separo saling berlawanan dengan energi yang sama dengan massa elektron. Namun, Pak Reines dan pak Cowan tau kalo dengan mendeteksi sinar gamma ini gak akan membuktikan neutrino, lalu, dia memikirkan cara buat mendeteksi neutronnya. Maka, mereka membuat larudan kadmium klorida CdCl2 dalam air 200 liter. Kadmium adalah atom yang dapat menyerap neutron dengan mudah, nah Kadmium yang menangkap neutron ini menjadi tidak stabil dan akan meluruh menjadi sinar gamma. Dari sini terjadi jeda waktu antara sinar gamma yang dideteksi dari lenyapan elektron positron dengan sinar gamma peluruhan kadmium selama 0,000005 detik. Darisini dapat disimpulkan, bahwa jeda waktu ini karena memang ada reaksi dari neutrino tadi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa neutrino benar-benar ada. Dari hasil eksperimen hanya dapat ditemukan 3 neutrino per jam saja, padahal sumber neutrinonya memancarkan 10000000000000 neutrino per centimeter luas pemukaan yang dilewati perdetik. Dari sebanyak itu hanya 3 perjam yang bisa dideteksi. Sungguh benar-benar hantu bukan? Dari hasil ini pak Reines dan Pak Cowan dianugerahi nobel tahun 1995.[2]

Namun percobaan mencari neutrino ngga berakhir sampai situ saja. Jadi, pada tahun 1965-an, Pak Davis, mencoba untuk mendeteksi neutrino lagi. Namun, neutrino yang bakal dia deteksi tidak dengan cara yang sama dengan pak Reines dan Pak Cowan yang berasal dari reaktor nuklir buatan. Namun, neutrino yang ingin dideteksi oleh pak Davis ini berasal dari reaktor nuklir terbesar di tata surya kita, yaitu matahari. Jadi eksperimen pak Davis ini dilakukan di tambang emas Homestake, makanya percobaannya kadang dinamakan percobaan Homestake.[3]

Gambar 3. Laboratorium Homestake

Pak Davis ini mengubur 100.000 galon tetrakloroetilena, yang merupakan cairan pembersih biasa sedalam 1500 meter didalam permukaan tanah. Kenapa dia mengubur dalam-dalam cairan itu? Karena pak Davis nggak mau kalo hasil eksperimennya terganggu sama radiasi sinar kosmik. Nah, kenapa pak davis mengambil cairan pembersih itu sebagai bahan eksperimennya, karena cairan pembersih itu memiliki banyak klorida, yang mana, ketika klorida berinteraksi dengan neutrino elektron, neutrino yang sama dengan pak Reines dan Cowan, maka klorida ini akan berubah menjadi Argon dan elektron.[3[ Nah, namun, lagi-lagi neutrino membuat ulah. Hasil neutrino yang dideteksi sama pak Davis ini tidak sesuai dengan teori yang dihitung oleh temannya, pak Bahcall dan ketidaksesuaiannya itu selalu konsisten. Hasil eksperimennya selalu menunjukkan bahwa energi neutrino yang dipancarkan matahari selalu sepertiga dari teori pak Bahcall. Permasalahan ini cukup menyulitkan sehingga dikatakan sebagai permasalahan neutrino matahari. Sangat menyulitkan karena kedua-duanya, pak Davis dan pak Bahcall eksperimen dan teorinya setelah diteliti berkali-kali, diulangi berkali-kali tidak ada kesalahan. Lalu siapa yang salah?