“Rinsten Spring” Shock Breaker Inovatif pada Sepeda

Bersepeda merupakan hobi dari banyak orang. Alasan seseorang menjadikan bersepeda menjadi sebuah hobi sebab dengan bersepeda selain dapat melepas penat juga sehat selain itu bersepeda dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Bersepeda menjadi salah satu olahraga yang menyehatkan sebab memiliki manfaat bagi kesehatan diantarnya menyehatkan oragan jantung sebab Mengayuh sepeda perlu tenaga. Detak jantung akan berirama ketika Anda mengayuhnya. Jarak dekat dan jauh, maka irama detak jantung akan berbeda. Ketika Anda bersepeda jarak jauh, maka akan membuat jantung Anda lebih sehat. Berikutnya bersepeda dapat mengencangkan otot sebab Bersepeda akan membuat otot-otot tubuh Anda menjadi lebih kencang. Sebab semua bagian tubuh Anda mau tidak mau harus digerakkan. Walaupun kaki untuk mengayuh, namun tangan, punggung, dan bagian tubuh yang lain akan terpicu untuk ikut bergerak. Selain itu bersepeda juga memiliki manfaat memperkuat kerangka tubuh Mungkin orang mengira jika bersepeda, maka posisi tubuh sedikit membungkuk. Jangan berpikir itu akan membuat tubuh menjadi bungkuk. Sebaliknya, kerangka tubuh Anda akan semakin kuat dan tegak dengan bersepeda setiap hari.

Gambar 1. Rasa tidak nyaman ketika bersepeda sebab adanya guncangan

Dalam bersepeda, pesepeda dapat menggunakan segala jenis track untuk dilewati. Mulai dari track halus seperti aspal, atau yang kasar seperti track bebatuan. Saat bersepeda, tak jarang pesepeda mengeluhkan rasa kurang nyaman yang disebabkan oleh getaran – getaran saat bersepeda di medan jalan yang tidak rata dan berlubang-lubang. Jalan yang tidak rata dan lubang dimana – mana tak jarang membuat pengguna sepeda merasa malas untuk bersepeda sebab tidak nyaman dan terasa sakit di sekujur tubuh khususnya punggung. Padahal telah kita ketahui, bersepeda memiliki manfaat yang sangat banyak dan beragam yang baik untuk tubuh dan juga menjadi hobby yang menyehatkan bagi tubuh kita. Oleh karena itu muncullah inovasi produk ini. Yakni produk shock breaker yang berada pada sadel sepeda. Melalui inovasi produk yang cukup inovatif ini diharapkan mampu menahan guncangan sebab jalan yang tidak rata, berbatu, ataupun lubang lubang dan segala kendala yang ada. Sehingga nantinya pesepada menjadi lebih nyaman saat bersepeda dan juga meningkatkan minat mereka untuk bersepeda lagi, mengingat bersepeda memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tanpa harus khawatir pengguna sepeda tersebut merasa sakit atau tidak nyaman.

Gambar 2. Produk Rinsten Spring, shock absorber pada sadel sepeda

Inovasi produk yang bernama Rinsten Spring ini dikeluarkan oleh Rinsten dan telah dipromosikan melalui Kick Stater. Produk ini ditargetkan mendapatkan dana sebesar 15.000 dollar atau sekitar Rp. 209.355.000. Seiring berjalnnya waktu taret tersebut telah terlampui menginat produk ini sangat inovatif sehinga dana yang telah terkumpul sebesar 136.501 dollar atau sekitar Rp. 1.905.144.457 (nilai tukar rupiah 5 November 2019).

Produk Rinsten Spring ini memiliki fungsi dan fitur yang sangat inovatif dan snagat bermanfaat. Adapun fungsi utama dari produk ini adalah sebagai peredam getaran saat bersepeda yang diakibatkan oleh lintasan yang tidak rata, berbatu, dan berlubang – lubang yang dapat mengurangi kenyamanan dari pengguna sepeda tesebut. Dan dengan adanya produk ini maka pengguna sepeda akan tetap merasa nyaman. Fitur yang ditawarkan dari produk ini sangat beraneka ragam yang tentunya menjadi poin plus bagi inovasi produk ini ketimbang produk lainnya.

Gambar 3. Ilustrasi Penggunaan Rinsten Spring pada Sepeda

            Yang pertama adalah produk ini membuat penggunanya nyaman, dengan kondisi yang nyaman bersepeda akan terasa menyenangkan dan tubuh dapat mengambil manfaat dari bersepeda tersebut. Yang kedua adalah dapat menghindari cedera, sebab menurut data yang dari survey yang dilakukan oleh scientist dari University of the West of England menyatakan bahwa sebagian besar bahwa pesepeda sering merasakan sakit dan cedera setelah bersepeda. Keluhan yang sering dijumpai adalah sakit pada pergelangan tangan, merasa pusing akibat guncangan yang ada dan sakit pada tulang punggung, dengan menggunakan produk ini diharapkan mampu mengurangi rasa sakit tersebut, khususnya pada bagian punggung. Fitur yang ketiga adalah produk ini dapat meredam getaran yang ada dalam tiga arah, artinya sadel atau tempat dudukan tersebut dapat bergerak mengikuti gerakan yang ada sehingga akan tetap membuat pengguna aman dan nyaman. Yang keempat adalah adanya fitur bahwa produk ini dapat digunakan disemua jenis lintasan, hal ini tentu snagat membantu bagi penggunanya sehingga tidak takut untuk bersepada pada lintasan aspal, berbatu, ataupun berlubang – lubang sebab produk rinsten spring ini membantu penggunanya untuk tetap merasa nyaman tidak peduli lintasan yang ada. Fitur yang kelima adalah produk ini dapat digunakan di semua jenis sepeda, mulai dari sepeda anak, sepeda sport, ataupun sepeda lainnya. Sehingga pengguna tidak khawatir sepedanya tidak bisa dipasangkan dengan shock breaker ini.

Baca juga:

Fitur berikutnya adalah produk ini dapat menahan beban pengendara sampai 220 Kg. Mulai dari anak hingga orang tua dapat menggunakan produk ini dan setiap penggunanya tidak perlu takut guncangan bersepeda karena mereka telah terlindungi oleh adanya shock breaker ini. Selain itu produk ini juga mudah di bongkar pasang, yang tentunya akan memudahkan penggunanya untuk memasang maupun melepas produk ini dari sepedanya dan dipasangkan ke sepeda lainnya. Fitur berikutnya adalah dapat diposisikan sesuai keinginan, sehingga penggunanya dapat menyesuaikan tingka kenyamanan masing – masing dengan mengaturnya sedikit maju atau sedikit ke belakang. Dan yang terpenting produk ini memiliki garansi seumur hidup dari pihak Rinsten itu sendiri.

Prinsip fisika yang bekerja pada product ini adalah Hukum Hooke, Hukum Hooke ini merupakan salah satu Hukum Fisika yang ditemukan oleh seorang Ilmuwan Fisika, Kimia dan Matematika berasal dari Inggris, yang bernama Robert Hooke. Ilmuwan asal Inggris ini mengemukakan Teori dan Hukum Gaya Pegas ini setelah Beliau meneliti secara lebih dalam mengenai Gaya Pegas, dan didalam Hukum Hooke ini menyatakan rumus yang seperti ini :

F = k.Δx

Diketahui :

F = Gaya Berat / Gaya Pegas / Gaya yg Bekerja pada Pegas

k = Konstanta Pegas

Δx = Pertambahan Panjang

Gambar 4. Konsep Hukum Hooke pada pegas

Dari persamaan di atas dapat kita simpulkan bahwa kemampuan product untuk menggantikan suspensi pada sepeda memungkinkan karena adanya hokum hooke

Adapun pengembangan yang mungkin untuk kedepannya dari produk ini adalah, produk ini dapat disempurnakan lagi sehingga memiliki kekuatan meredam getaran lebih besar. Kemudian dapat dikembangkan shock breaker untuk bagian sepeda lainnya seperti stang atau ban, sehingga didapatkan sepeda yang dapat mengurangi banyak guncangan yang ada. Dan yang terkahir produk ini dapat dijual dengan harga yang lebih murah dan terjangkau. Sebab harga jual produk ini berkisar 69 dollar atau sekitar Rp.970.000.

 

Referensi:

Rinsten Spring – The Ultimate Bicycle Shock Absorber

Nur Abdillah Siddiq
Sosial Media

Latest posts by Nur Abdillah Siddiq (see all)

Artikel Berhubungan:

Sponsor Warstek.com:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *