Mengenal SAT Test dan Struktur Soalnya

SAT Test – Scholastic Assessment Test atau SAT adalah salah satu bentuk tes penjaringan masuk yang diterapkan oleh universitas atau sekolah di wilayah Amerika. Pada mulanya, SAT hanya digunakan untuk universitas saja, tetapi kini sudah ada penyesuaian bagi tingkat sekolah.

Tes penjaringan ini sangat umum digunakan. Namun, dalam beberapa situasi, SAT tidak menjadi satu-satunya tes penjaringan. Universitas bisa saja mengkolaborasikannya dengan jenis tes penjaringan lain.

blank

Pembaruan Nama dan Materi

Tes SAT sudah digunakan sejak tahun 1926 dan mengalami beberapa perubahan. Pada awal mulanya bernama Scholastic Aptitude Test, lalu diubah menjadi Scholastic Assessment Test, SAT I: Reasoning Test, SAT Reasoning Test, dan kini dipersingkat menjadi Scholastic Assessment Test atau SAT.

Materi SAT juga terus diperbarui dari masa ke masa. Dalam versi terbarunya, yang dikeluarkan pada tahun 2014 dan digunakan mulai 2016, materi SAT didasarkan pada materi yang dekat dengan sekolah menengah atas.

Lembaga Pengelola SAT

Materi dan pembaruan SAT dikelola oleh Educational Testing Service Amerika. Mereka yang menentukan biaya, skoring, dan lain sebagainya. Karena berada di bawah Dewan Perguruan Tinggi Amerika, tidak heran jika banyak institusi Amerika yang menerapkan SAT.

Educational Testing Service kemudian menerapkan penyelenggaraan SAT di berbagai negara, termasuk SAT Test Indonesia. Meskipun begitu, seseorang yang melakukan tes di Amerika akan mendapat harga lebih murah.

Struktur Soal Soal SAT

Meskipun dikelola langung oleh lembaga yang ada di Amerika, namun kini sudah ada SAT Test Indonesia yang memungkinkan kita mengambil jadwal di dalam negeri. SAT Test Indonesia adalah cabang Amerika dan diakui resmi.

Struktur soal yang akan kita kerjakan dalam SAT Test Indonesia sama dengan SAT pusat, yaitu membaca, menulis dan bahasa, matematika dengan kalkulator, dan matematika tanpa kalkulator. Soal tersebut dikerjakan selama 3 jam tanpa jeda.

Apabila mengambil bagian opsional, yaitu esai, maka waktu pengerjaannya ditambah 50 menit. Keputusan apakah kita perlu mengambil bagian esai atau tidak adalah bergantung pada institusi yang akan kita masuki, apakah disyaratkan atau tidak.

Skor Dalam SAT

Penilaian dalam SAT Test Indonesia akan dilakukan oleh lembaga pusat. Penilaian akan dibagi menjadi dua, yaitu membaca-menulis dan matematika. Jika sebelumnya mengambil tes opsional esai, maka akan menjadi tiga pembagian nilai.

Addmision harus menjawab semua soal yang ada. Hal itu tidak akan merugikan peserta karena jawaban salah tidak akan mengurangi skor yang didapatkan dari jawaban benar. Nantinya, rentang nilai yang akan didapatkan adalah antara 400 hingga 1600.

Biaya Mengikuti SAT

Biaya yang diterapkan oleh SAT Test Indonesia akan mengikuti peraturan lembaga pusat. Masing-masing negara dikenai biaya zona, diluar biaya utama SAT yaitu 57 dollar (termasuk esai) atau 47 dollar (tanpa esai).

Biaya zona yang dikenakan di SAT Test Indonesia terbilang lebih rendah ketimbang beberapa negara lainnya. Untuk mengetahui informasi lebih tepat mengenai biaya dan jadwal tes SAT ini, kamu bisa mengunjungi lembaga-lembaga berikut.

Bali Island Sch, Jalan Danau Buyan Iv, Sanur, Denpasar, Bali.
Bandung Alliance Intercultural Sch, Jalan Bujanggamanik, Kav. 2, Bandung.
Bandung Independent Sch, Jln.Prof.Drg.Suria Sumantri 61, Bandung.
Beacon Academy, Pegangsaan Dua No 66, Jakarta.

Hillcrest Intl Sch, Jalan His #1, Sentani, Papua.
Ipeka Integrated Christian Sch, Komplek Taman Meruya Ilir, Jakarta Barat.
Jakarta Intl Sch, Jl Terogong Raya 33, Jakarta Selatan.
Medan Independent Sch, Jl. Jamin Ginting Km., Medan.

Mountain Intl Christian Sch, Jl. Nakula Sadewa Raya No. 55, Salatiga.
Pribadi Bilingual Boarding Sch, Jl Phh Mustofa No 41, Bandung.
Pribadi Bilingual Boarding Sch, Margonda Raya Str No 229, Depok.
Raffles College, Kebon Jeruk Campus, Jakarta Barat.

Baca juga:

Sekolah Global Indo-Asia, Jl. Ahmad Yani Kav Sgia, Batam.
Sekolah Pelita Harapan, Blv. Palem Raya # 2500, Tangerang-Banten.
Semesta Bilingual Secondary Sch, Jl. Raya Semarang Gunungpati Km 15, Semarang.

Singapore Natl Acad, Jl. Raya Pepelegi Block Gh 1-6, Sidoarjo.
Surabaya Intercultural Sch, Citraraya Int’l Village, Lakarsantri, Surabaya.
Wesley Intl Sch, Jl Simpang Kwoka #1, Malang, Jawa Timur.

Itulah tadi uraian menganai SAT yang diselenggarakan di Indonesia. Untuk mengambil jadwal SAT, sebaiknya didahului dengan persiapan yang matang. Bukan hanya karena biaya yang tidak murah, tetapi jadwal yang ketat.

Warung Sains Teknologi
Artikel Berhubungan:

Sponsor Warstek.com:

Yuk Ajukan Pertanyaaan atau Komentar