SWIMN S1

Pada era modern ini kehidupan manusia tidak pernah lepas dari bantuan teknologi. Teknologi dapat membantu manusia untuk mempermudah kehidupan mereka seperti memasak, berenang, dan lain lain. Saat ini masih banyak orang yang tidak tahu berenang, takut berenang, dan juga merasa bosan dengan sensasi yang monotone. Untuk itu diciptakan sebuah alat bernama SWIMN S1. SWIMN S1 adalah papan berenang listrik yang canggih yang dapat membantu Anda berenang cepat, asyik dan aman.  Dengan SWIMN S1 Anda bisa berenang lebih cepat, lebih lama dan menikmati berenang.  SWIMN S1 di desain untuk anak-anak dan orang dewasa untuk memberikan cara baru untuk berenang dengan kesenangan yang layak didapatkan saat berenang.

Konsep pembuatan alat ini dimulai pada bulan Juli 2018. Adapun konsepnya adalah untuk membuat sebuah papan renang elektrik yang dapat memudahkan orang dalam melakukan kegiatan renang. Setelah itu, pada bulan Maret 2019 dilakukan sebuah penelitian teknik pembuatan dan potensial pasar papan renang elektrik ini. Setelah melakukan penelitian, pada bulan agustus 2019 sebanyak tiga buah contoh purwarupa diselesaikan, dan ditetapakan model akhir dari purwarupa ini, ketahanan terhadap air ditingkatkan dengan menggunakan glue-sealing ; menyelesaikan masalah saluran masuk udara. Pada bulan september 2019 proses cetakan mulai dibuat yang diharapkan selesai pada bulan desember 2019. Lalu, pada bulan November 2019 produk diluncurkan di www.kickstarter.com setelah kurang lebih satu tahun penelitian.

Moto dari produk ini adalah swim fast, swim fun, swim safe.  Adapun dana yang dibutuhkan untuk membuat alat ini adalah US$10.000 ( sekitar Rp. 150.000.000,00 )   dan masih ada delapan belas  hari tersisa, yang terkumpul sampai saat ini (Senin, 25 November 2019) adalah US$ 42.117 (sekitar Rp. 591.000.000,00).

blank

Gambar 1. Purwarupa Produk SWIMN S1

Fungsi dari alat ini adalah untuk membantu orang-orang yang kesulitan dalam belajar berenang selain itu alat ini juga berfungsi untuk menghilangkan rasa bosan ketika berenang. Dan juga alat ini juga berfungsi untuk membantu orang yang mudah kelelahan ketika sedang melakukan kegiatan berenang.

Terdapat berbagai macam fitur yang dapat ditemukan pada alat ini antara lain, tombol anti pasir sehingga Anda tidak perlu cemas dalam menggunakan SWIMN S1 ini ketika berada di pantai, SWIMN S1 ini memiliki bentuk yang ringkas sehingga mudah di bawa kemana-mana, SWIMN S1 dapat diisi ulang dari 0 sampai 90% dalam 90 menit dan dapat digunakan dalam waktu 50 menit, SWIMN S1 memiliki gaya hidrostatis 5.5 kgf, memiliki nozzles yang dapat menambah jangkauan tembakan dari pistol air yang terdapat pada SWIMN S1, memiliki lubang ventilasi yang aman untuk anak kecil sehingga jari dari anak kecil tidak tersangkut pada propeller SWIMN S1, memiliki bentuk yang ergonomis sehingga aliran air terbagi menjadi dua arah yang dapat meningkatkan kecepatan pemakai SWIMN S1 ini.

blank

Gambar 2. Fitur SWIMN S1

blank

 Gambar 3. Prinsip Fisika Pada SWIMN S1

            Prinsip fisika yang bekerja pada propeller menggunakan Hukum Bernoulli, dimana

P1 + ½ r.v12 + r g h1 = P2 + ½ r.v22 + r g h2 = konstan

Karena tidak ada perbedaan ketinggian dapat kita turunkan sebagai berikut

P1 + ½ r.v12 =  P2 + ½ r.v22

P1 – P2 =  ½ r.v22 –  ½ r.v12

P1 – P2 =   ½ r(v22 – v12)

Dari persamaan di atas dapat dilihat  bahwa v2 > v1 kita dapatkan P1> P2 untuk luas penampang sayap   F1 = P1 . A  dan F2 = P2 . A dan kita dapatkan bahwa F1 > F2. Beda gaya pada bagian bawah dan bagian atas (F1 – F2) menghasilkan gaya dorong pada propeller. Jadi, gaya dorong propeller dirumuskan sebagai :

F1 – F2 =  ½ r A(v22 – v12)

blank

Baca juga:

Gambar 4. Prinsip Fisika Pada SWIMN S1

Propeller yang berputar pada mesin mengakibatkan perbedaan tekanan yang signifikan dimana P1 < P2 sehingga terjadi gaya dorong kearah daerah dengan tekanan rendah

Alat ini dapat dikembangkan lebih lanjut yakni dengan penambahan fitur GPS dan sistem Remotely Operated Vehicle (ROV) dengan tujuan sebagai alat bantuan penyelamatan korban tenggelam.

Referensi:

[1] https://web.mit.edu/ahtechet/www/Home.html diakses pada 30 November 2019

[2] SWIMN S1: Powered Kickboard for Swimming Faster  diakses pada 30 November 2019

Nur Abdillah Siddiq
Sosial Media
Artikel Berhubungan:

Sponsor Warstek.com:

Yuk Ajukan Pertanyaaan atau Komentar