Profil Tokoh Ilmuwan – Carl Sagan

Bernama lengkap Carl Edward Sagan, lahir di Brooklyn, New York,Amerika Serikat, 9 November 1934. Ia adalah seorang astronom Amerika Serikat dan dikenal sebagai orang yang gigih memopulerkan sains. Ia memelopori disiplin ilmu eksobiologi dan penggagas upaya pencarian makhluk cerdas dari luar angkasa (Search for ExtraTerrestrial Intelligence/SETI). Ia dikenal di seluruh dunia karena buku-buku best-seller dengan tema sains populer yang ia tulis.

Ayahnya, Samuel Sagan, adalah seorang pekerja garmen imigran dari Kamianets-Podilskyi , saat itu di Kekaisaran Rusia, di Ukraina hari ini. Ibunya, Rachel Molly Gruber, adalah seorang ibu rumah tangga dari New York. Carl dinamai untuk menghormati ibu kandung Rahel, Chaiya Clara, dalam kata-kata Sagan, “ibu yang tidak pernah dikenalnya”.

Sagan banyak berkontribusi pada sebagian besar misi luar angkasa tak berawak yang bertugas mengeksplorasi tata surya. Ia pernah mengajukan suatu gagasan tentang pencantuman pesan universal yang tidak dapat dihapus pada suatu pesawat luar angkasa yang beranjak meninggalkan tata surya dan dapat dipahami oleh makhluk cerdas luar angkasa yang (mungkin) akan menemukannya. Pesan pertama yang pernah dikirim ke luar angkasa berupa plakat emas berukir yang dipasang di satelit luar angkasa, Pioneer 10. Ia terus memperbaiki rancangannya dan terlibat cukup intens pada rancangan pesan Voyager Golden Record yang dikirim bersama satelit luar angkasa Voyager.

Ia banyak dipuji karena kelihaiannya dalam menyampaikan gagasan-gagasannya mengenai kosmos sehingga mudah dipahami oleh orang awam. Ia pernah menulis buku berjudul “Cosmos” (bersama istrinya) sekaligus menjadi narator dalam 13 episode versi televisinya. Ia juga menulis beberapa buku bertemakan sains populer seperti The Dragons of Eden (mendapat penghargaan Pulitzer), Broca’s Brain, The Cosmic Connection, dan lain-lain, dan sebuah novel berjudul Contact, yang menjadi best-seller dan telah diadaptasi ke dalam layar lebar dengan judul yang sama pada 1997. Film ini dibintangi oleh aktris Jodie Foster dan memenangkan Penghargaan Hugo.

 Quotes Carl Sagan

Baca juga:

”Di suatu tempat, sesuatu yang luar biasa menunggu untuk ditemukan”

“Kita masing-masing berharga, dalam perspektif kosmik. Jika seseorang tidak setuju dengan pendapat Anda, biarkan mereka hidup. Dalam satu triliun galaksi, Anda tidak akan menemukan yang serupa.”

“Nitrogen yang ada dalam DNA kita, kalsium di gigi kita, zat besi dalam darah kita, karbon di dalam biji apel … semua diciptakan di dalam bintang-bintang yang saling bertabrakan. Kami terbuat dari bahan bintang-bintang.”

“Sains tidak hanya cocok dengan spiritualitas, tetapi juga merupakan sumber spiritualitas yang mendalam.”

“Menurut pendapat saya, jauh lebih baik untuk memahami alam semesta sebagaimana ia bertahan dalam penipuan, meskipun itu nyaman.”

Warung Sains Teknologi
Latest posts by Warstek Media (see all)
Artikel Berhubungan:

Sponsor Warstek.com:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *