Profil Tokoh Ilmuwan – Nikola Tesla

Nikola Tesla lahir 10 Juli 1856 di sebuah desa di Smiljan, Kerajaan Austria (sekarang masuk Kroasia). Pada masa itu di Eropa sedang terjadi ketegangan politik yang sangat panas, termasuk di Kerajaan Austria.

Ayah Tesla adalah seorang pendeta, sedangkan ibunya adalah ibu rumah tangga yang punya bakat buat bikin alat-alat rumah tangga dan mekanik. Tesla mengaku kemampuannya berpikir menurun dari ibunya. Ayah Tesla sebenernya ingin Tesla kelak menjadi tentara atau pendeta seperti dirinya. Namun Tesla tidak tertarik pada kedua profesi tersebut. Tesla mulai tertarik dengan listrik ketika sekolah saat profesornya mempertunjukkan penggunaan listrik. Saat itu Tesla menganggap listrik adalah sebuah fenomena yang misterius dan mengagumkan, lalu membuatnya penasaran.

Di usianya yang masih muda, sekitar 17 tahun, Tesla sakit kolera yang sangat parah. Kolera merupakan salah satu penyakit mematikan yang menyerang saluran pencernaan. Tesla terbaring di tempat tidur selama 9 bulan dan hampir meninggal! Saat sakitnya itu ia berkata kepada ayahnya “Yah, kalo kamu mengizinkanku kuliah teknik, aku akan sembuh”, ayahnya menjawab “Kau akan masuk sekolah teknik terbaik disini, Nak”. Benar, tidak lama kemudian Tesla sembuh.

Sesuai perjanjian, Tesla pun akhirnya kuliah di Teknik di Graz University of Technology. Di awal perkuliahannya, dia sangat semangat dan tanpa kesulitan dapat nilai bagus. Tesla tidak beristirahat mulai dari jam 3 pagi sampai jam 11 malam. Hari minggu atau liburan pun dia tetap belajar seperti biasa. Di tahun kedua, kuliahnya mulai kacau. Dia terlibat perdebatan dengan dosennya, tidak dapat beasiswa dan ketagihan main judi. Tesla bahkan pernah mempertaruhkan semua uang saku dan uang kuliahnya untuk maen judi. Tesla akhirnya drop-out dari kampusnya.

Tesla merupakan polyglot, tidak tanggung-tanggung, dia bisa berbicara dalam 8 macam bahasa! Selain itu Tesla juga mengaku dia punya eidetic memory atau biasa dikenal dengan photographic memory. Oleh karena itu, dia jarang nulis atau coret-coret proses berpikir yang berlangsung di kepalanya. Misalnya, dia punya ide buat bikin alat, dia bangun alat di dalam imajinasinya, dia bikin, perbaiki, dan operasikan di pikirannya tanpa menyentuh apapun! Karena kemampuannya ini, ketika sekolah Tesla sempat dituduh mencontek karena bisa ngerjain soal integral kalkulus tanpa ngitung sama sekali!

Awal Karir

Ketika berumur 25 tahun, Tesla pindah ke Budapest, Hungaria untuk bekerja di perusahaan telegraf. Sekitar setahun kemudian, Tesla pindah ke Perancis dan bekerja di anak perusahaannya Thomas Alva Edison.

Edison dianggap sebagai inventor paling penting sepanjang sejarah Amerika. Selain bola lampu, Edison juga punya usaha kelistrikan yang cukup besar. Pencapaian luar biasa Edison di bidang teknologi bergema sampai ke penjuru Eropa. Tesla yang saat itu masih muda juga kagum dengan pencapaian Edison.

Di anak perusahaannya Edison, Tesla dapet kerjaan buat mendesain dan memperbaiki kinerja alat-alat listrik. Kinerjanya yang bagus membuat Tesla direkomendasikan buat bekerja langsung dengan Edison.

Ketika berumur 28 tahun, Tesla pun merantau ke Amerika. Dia bekerja langsung dengan Edison atas rekomendasi oleh atasannya waktu di Perancis. Dua hari setelah tiba di Amerika, Tesla pun langsung bekerja. Tesla awalnya mengerjakan kerjaan sederhana di awal lalu secara cepat mendapat tugas-tugas rumit. Karena masalah tertentu, Tesla keluar dari perusahaan Edison. Secara total Tesla hanya bekerja selama 6 bulan bersama Edison.

Penemuan Nikola Tesla

  1. Radio

Mungkin orang-orang menganggap kalau perangkat radio ditemukan oleh Guglielmo Marconi dan mendapatkan hak paten pada tahun 1904. Akan tetapi sembilan tahun sebelum itu, tepatnya pada 1895, Tesla berhasil mengirimkan sinyal radio dengan jangkauan mencapai 50 mil. Penemuannya ini dia selesaikan pada tahun 1897.

  1. Teleautomaton (Remote Control)

Pada 1898, Tesla mendemonstrasikan sebuah temuannya di hadapan orang-orang di Madison Square Garden. Pada demonstrasinya tersebut ia menampilkan sebuah perahu yang berada di aquarium besar bergerak-gerak. Pada saat itu Tesla mengatakan kalau perahu itu dia gerakkan melalui pikirannya, membuat orang-orang takjub akan apa yang dilakukannya. Padahal, perahu tersebut dia gerakkan melalui sinyal radio dengan menggunakan remot kontrol dari kayu.

  1. Motor Listrik

Tesla merupakan orang pertama yang menemukan peralatan mesin tanpa menggunakan minyak bumi. Pemikiran Tesla ini bermula dari keresahannya ketergantungan manusia terhadap minyak bumi, hingga dirinya kemudian menemukan cara dengan memusatkan kekuatan berputar pada medan magnet.

  1. Transfer energi nirkabel jarak jauh

Setelah dia menyelsaikan suatu eksperimen, dia menulis sebuah artikel di Century Magazine, dan apa yang dipaparkan Tesla pada saat itu dianggap sesuatu yang amat sangat gila. Bagaimana tidak, pada saat itu dia berpikir mengenai kemungkinan menangkap energi dari sinar matahari, berkomunikasi secara global, listrik wireless, dan lain-lain yang dilakukan melalui transmisi tower.

Untuk mengembangkan transmisi energi dan energi tersebut dapat dipancarkan dari jarak yang sangat jauh, Tesla membangun sebuah Menara Wardenclyffe, di Shoreham, Long Island. Tower tersebut berfungsi sebagai sarana telekomunikasi nirkabel dan pengiriman daya listrik. Dan ternyata, ide gila Tesla saat itu benar-benar terjadi, dan saat ini pun manusia di seluruh dunia menikmati hasil dari pemikiran gila Tesla yang terlalu maju.

  1. Pesawat tanpa sayap

Sewaktu Perang Dunia I pecah, Tesla membayangkan penerapan energi nirkabel dapat meningkatkan sistem kerja transportasi. Dia mengklaim kalau sebuah pesawat tak bersayap dan tanpa awak, atau Airship, dapat mengangkut penumpang dari New York ke London dalam waktu tiga jam dengan menggunakan energi listrik melalui transfer energi nirkabel.

Baca juga:

Tujuan pesawat tanpa sayap tersebut telah ditentukan sebelumnya. Lebih jauh lagi, Tesla bahkan mengatakan kalau Airship juga bisa digunakan dalam perang, terutama melalui serangan udara. Tentu saja banyak orang yang menganggap klaim Testa merupakan ide gila. Akan tetapi Tesla terus berusaha meyakinkan Departemen Pertahanan AS tentang alat yang mampu terbang tanpa sayap untuk mengirimkan bahan peledak ke musuh. Ide Tesla tersebut kini kita lihat dalam bentuk rudal.

Fakta Nikola Tesla

  1. Nikola Tesla lahir saat badai petir
  2. Nikola Tesla mengaku tidak pernah tidur selama lebih dari dua jam dalam sehari
  3. Nikola Tesla minum wiski setiap hari
  4. Nikola Tesla tidak pernah menikah atau jatuh cinta
  5. Memiliki kemampuan untuk memvisualisasikan dalam tiga dimensi
  6. Menderita OCD parah
  7. Menciptakan radio pada tahun 1892 dan kapal mainan pertama yang dikendalikan dari jarak jauh pada tahun 1898

Quotes Nikola Tesla

“Jika Anda ingin menemukan rahasia alam semesta, pikirkanlah energi, frekuensi, dan getarannya.”

“Saya tidak peduli mereka mencuri ide saya. Yang saya pedulikan bahwa mereka tidak memiliki ide mereka sendiri.”

“Para ilmuwan saat ini berpikir secara mendalam, bukan dengan jelas. Seseorang harus waras untuk berpikir jernih, tetapi ia bisa berpikir dalam-dalam dan menjadi cukup gila.”

“Hari ilmu pengetahuan mulai mempelajari fenomena non-fisik, di mana hari itu akan membuat lebih banyak kemajuan dalam satu dekade daripada keberadaannya dalam abad sebelumnya.”

“Jika kebencian Anda bisa diubah menjadi listrik, itu akan menerangi seluruh dunia. Dari semuanya, saya paling suka buku.”

Warung Sains Teknologi
Artikel Berhubungan:

Sponsor Warstek.com:

1 tanggapan pada “Profil Tokoh Ilmuwan – Nikola Tesla”

Yuk Ajukan Pertanyaaan atau Komentar