Apakah kita dapat masuk ke Dunia Virtual?

Perkembangan teknologi saat ini berkembang dengan sangat cepat, penemuan – penemuan baru banyak dipublikasikan dari mulai yang terbaru seperti jaringan 5G hingga masuk ke ranah Dunia Virtual (Virtual World), Lalu apakah kita bisa masuk ke “Dunia Baru” tersebut? Jawabannya adalah YA kita dapat masuk ke dunia virtual bahkan kita juga dapat berinteraksi. Tentunya dengan berbagai alat yang dapat menunjang kita untuk melakukan berbagai hal di dunia virtual.

Dunia Virtual merupakan sebuah algoritma komputer yang dibentuk agar dapat mencipatakan “Dunia baru” atau menambahkan sebuah realita 2D/ 3D bahkan audio maupun video ke dalam dunia nyata. Dunia virtual sendiri ada beberapa macam yang telah dikembangkan oleh para ilmuwan. Apa saja itu? Artikel ini jawabannya!

blank
Gambar 1. Ilustrasi Virtual Reality

1. Virtual Reality(VR)/Realitas Maya

Anda penggemar anime? Tentunya sudah tidak asing dengan kata Virtual Reality(VR) kan? Telah ditemukan dan dikembangkan sekitar tahun 90-an hingga sekarang, VR merupakan sebuah sistem yang memungkinkan kita untuk memasuki “Dunia Baru” dalam realitas maya, bahkan kita dapat berinteraksi dengan objek yang ada di sana.
Saat ini VR banyak digunakan dalam industri hiburan seperti game dengan alat yang digunakan salah satunya adalah HMD (Head Mounted Display).

HMD merupakan set alat yang telah terintegrasi dengan Virtual World yang dapat memfasilitasi kita untuk datang hingga berinteraksi di dunia tersebut, saat ini penggunaan dari HMD banyak digunakan dalam industri game yang dapat membuat Player lebih merasakan pengalaman bermain game yang lebih baik.

blank
Gambar 2. Head Mounted Display (HMD)

2. Augmented Reality(AR)/Realitas Bertambah

Pernah bermain Pokemon GO game yang populer beberapa tahun ke belakang? Atau ada sobat Warstek yang sering bermain Face Filter di Instagram? Yap, kedua aplikasi tersebut menggunakan teknologi Augmented Reality(AR) dalam sistemnya. Lantas sebenarnya Augmented Reality itu apa sih?

blank
Gambar 3. Game Pokemon GO

Augmented Reality (AR) merupakan sebuah sistem yang dapat menjembatani atau menggabungkan dunia virtual ke dalam dunia nyata. Lebih mudahnya, sistem ini dapat membuat objek virtual muncul di dunia nyata lohh bahkan kita juga dapat berinteraksi dengan objek tersebut!! Kabar baiknya, Microsoft telah meluncurkan produk terbaru yang dikenal sebagai Microsoft HoloLens 2 pada tahun 2019 dimana alat tersebut dapat memungkinkan kita untuk dapat berinteraksi dengan objek virtual dengan menggunakan AR dan MR sebagai sistemnya. Untuk pemanfaatan AR sendiri saat ini banyak diterapkan di industri hiburan, pendidikan hingga bisnis.

Sebagai contoh pemanfaatan AR dan VR sobat dapat membaca artikel warstek ini yang berjudul Membedah Kecanggihan Teknologi dalam Dunia Olahraga

Untuk preview Microsoft HoloLens sobat Warstek dapat melihat video berikut.

3. Mixed Reality(MR)/ Realitas Campuran

Nah untuk realitas yang satu ini pasti masih sedikit asing di telinga kita, namun untuk potensi pengembangan dari Mixed Reality sendiri sangat besar, terutama dalam bidang pendidikan dan kesehatan. Mixed reality merupakan sebuah realitas yang menggabungkan antara Virtual Reality, Augmented Reaality dan Real World. Hampir sama dengan AR namun sedikit berbeda, lebih tepatnya MR adalah “The Next Level” dari AR dan VR dimana kita dapat lebih berinteraksi dengan objek virtual hingga kita juga dapat merubah struktur objeknya atau bahkan membuat objek baru.

Berbagai potensi tersebut juga dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari hari, sebagai contohnya bayangkan saja jika objek virtual bercampur dengan objek nyata di dunia kita, mungkin sebuah kertas dapat dioperasikan layaknya smartphone atau bahkan kita dapat membuat suatu objek nyata mempunyai kegunaan tersendiri dengan menggabungkannya dengan objek virtual! Menarik bukan?

Lebih lengkapnya sobat Warstek dapat menonton video berikut ini.

Baca juga:

Kesimpulan

Berdasarkan berbagai Realitas diatas, penulis dapat menyimpulkan bahwa kita sebagai objek nyata dapat masuk kedalam dunia virtual dengan menggunakan alat sebagai perantara contohnya HMD, namun tidak terbatas itu saja, nyatanya objek virtual pun dapat digabungkan kedalam dunia nyata seperti pada Augmented Reality dan Mixed Reality. Perkembangan dari teknologi ini juga sangat cepat mengingat dengan berbagai manfaat yang dapat menunjang kehidupan kita khususnya dalam bidang pendidikan dan kesehatan menjadikannya menarik untuk lebih diteliti dan dikembangkan.

Akhir kata, penulis berharap dengan adanya perkembangan teknologi ini dapat memajukan Indonesia khususnya dalam bidang pendidikan dan perlahan dapat meningkatkan sumber daya manusia agar dapat bersaing di kancah Internasional.

Penulis: Yuma Rafi

Editor: Nur Abdillah Siddiq

Referensi

  1. Augmented Reality in Education and Training
    https://www.researchgate.net/publication/257692981_Augmented_Reality_in_Education_and_Training
    Diakses pada tanggal 16 Mei 2020
  2. Augmented and mixed reality (AR & MR)
    http://courses.cs.vt.edu/~cs5754/lectures/AR-MR.pdf
    Diakses pada tanggal 16 Mei 2020
  3. Virtual reality in education: a tool for learning in the experience age
    https://www.researchgate.net/publication/324704089_Virtual_reality_in_education_a_tool_for_learning_in_the_experience_age
    Diakses pada tanggal 16 Mei 2020
  4. Microsoft HoloLens 2
    https://www.microsoft.com/en-us/hololens/
    Diakses pada tanggal 16 Mei 2020
Yuma Rafi

Artikel Berhubungan:

Sponsor Warstek.com:

Yuk Ajukan Pertanyaaan atau Komentar