Ilmu Matematika dalam Mengatasi Wabah Virus Covid-19

Walpaper Math

Pada kesempatan kali penulis akan mencoba membahas tentang virus Corona atau Covid-19. Seperti yang sudah ketahui betapa besar dampak negatif yang ditimbulkan oleh virus ini, begitu cepatnya penyebarannya sehingga kasus penyebaran virus ini dinaikan menjadi Pandemi. Sehingga semua aktivitas manusia yang tadinya bisa dijalankan normal dengan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) menjadi Work From Home (WFH) karena kasus dari virus ini terus meningkat setiap harinnya.

Ternyata ada loh perhitungan dari ilmu matematika yang dikaitkan dalam mengatasi Covid-19, ini dibuktikan dengan video Jerome Pollin Sijabat yang merupakan orang Indonesia yang kuliah di Universitas Waseda Jepang dengan jurusan Matematika Terapan. Apa yang membuat pembahasan yang dibawa oleh Jerome Pollin di chanel youtubenya “Nihongo Mantappu” berbeda dengan orang lain yang membahas topik yang sama yaitu mengaitkan ilmu matematika dengan Covid-19

Yang membuat beda adalah Jerome Pollin mengemas topik mengenai pentingnya Social Distancing, rajin mencuci tangan,menngunakan masker, dan menjaga kebersihan diri dan lingkungan dengan menggunakan Flatten the Curve, dan Grafis Eksponensial, sehingga mendapatkan rumus untuk mengetahui seberapa besar Covid-19 berkembang setiap harinya dengan menggunakan tiga variable diantaranya:

Nh = Jumlah kasus per hari

R = Jumlah rata-rata orang yang bertemu pasien positif Covid-19

P = Peluang orang tertular yang bertemu pasien Covid-19

Maka rumus yang didapatkan adalah

Nh+x = (1 + R . P)X Nh

Ini yang membuat para subscribernya atau yang menonton videonya menjadi lebih paham karena pembahasan yang mudah, simple, dan terperinci yang disampaikan olehnya.

Untuk lebih jelasnya bisa  disimak videonya berikut ini:

Matemetika memang merupakan pelajaran yang hampir jarang diminati oleh banyak pelajar, karena dalam Ilmu Matemetika dituntut unutuk bisa berlogika dan juga berhitung dengan berbagai macam pola perhitungan. Akan tetapi Ilmu ini akan mudah untuk dipahami dan minati adalah dengan cara jangan membuat mindset kita terhadap pelajaran ini buruk, tetapi coabalah untuk membuat mindset yang baik terhadap pelajaran ini. Karena dengan mindset yang baik kita akan lebih muda untuk mempelajari Matematika ditambah lagi jika kita belajar dengan metode yang benar dan tentunya dengan banyak latihan. Yakin dan percaya bahwa Matematika yang tadinya dianggap rumit dan sulit akan menjadi pelajaran yang menyenangkan dan menantang logika untuk dapat menyelesaikan masalah-masalah dalam perhitungan.

Apa yang didapatkan dari mempelajari matematika tentunya logika kita akan semakin terasa dan memudahkan kita dalam menyelesaikan berbagai masalah yang menuntut logika kita untuk bermain.

Buktinya apa? Buktinya Dengan video dari Jerome Pollin yang membahas cara untuk mengatasi/menekan penyebaran virus Covid-19 dengan menggunakan Ilmu Matematika, dimana dia membuat atau menemukan rumus (konsep) perhitungan untuk dapat dapat mengetahui jumlah pasien positif Covid-19 per hari. Dia menekankan untuk mengurangi pasien positif kita harus mematuhi protokol kesehatan yang telah dibuat oleh pemerintah, dimana ini bertujuan untuk mengurangi perkembangan Covid-19, sehingga wabah virus ini dapat berakhir dalam jangka waktu yang secepatnya.

Baca juga:

Referensi:

  1. https://www.its.ac.id/matematika/en/pemodelan-dan-prediksi-penyebaran-covid-19-2/ diakses pada tanggal 27 Mei 2020
  2. https://www.researchgate.net/publication/325448321_MENCIPTAKAN_PEMBELAJARAN_MATEMATIKA_YANG_EFEKTIF_DALAM_PEMECAHAN_MASALAH_MATEMATIKA_DENGAN_MODEL_PEMBELAJARAN_PROBLEM_POSING diakses pada tanggal 27 Mei 2020

Jika terdapat kalimat yang kurang tepat atau ada masukan, saran, kritik, dan sumber referensi dari kawan-kawan boleh ditulis di kolom komentar yang tersedia dibawah ini, untuk artikel yang jauh lebih baik lagi kedepannya.

Abdul Ichsan Said
Latest posts by Abdul Ichsan Said (see all)
Artikel Berhubungan:

Sponsor Warstek.com:

1 tanggapan pada “Ilmu Matematika dalam Mengatasi Wabah Virus Covid-19”

Yuk Ajukan Pertanyaaan atau Komentar