Lebah Punya Cara Unik Untuk Mempercepat Pemekaran Bunga

blank
Gambar 1 Seekor lebah yang lapar memotong lubang di daun untuk merangsang tanaman bunga lebih awal.
HANNIER PULIDO / DE MORAES DAN LABORATORIUM MESCHER di dalam Science Jurnal

Keunikan Lebah

Selain sebagai serangga koloni sosial seperti semut, lebah juga merupakan hewan yang unik dan cerdas. Ketika lebah mendapati dirinya merasa kelaparan, sedangkan tanaman bunga belum waktunya bermekaran. Lebah akan merangsang tumbuhan untuk melakukan pemekaran bunga lebih cepat dari biasanya dengan membuat lubang melalui gigitannya. Fakta ini telah terbukti melalui penelitian yang dilakukan oleh para peneliti.
Para peneliti menemukan bahwa lebah dapat mempercepat produksi bunga suatu tanaman jika mereka lapar dan kesulitan menemukan serbuk sari. Para peneliti menemukan cara lebah mempercepat pemekaran bunga yaitu dengan merusak daun tanaman dengan menggigitnya supaya bunga lebih cepat mekar dan serbuk sari tersedia bagi makanan mereka.

Berdasarkan kutipan dari Majalah Sains Amerika (Science) yang dipublikasikan oleh Erik Stokstad, Para peneliti di ETH Z├╝rich berkesempatan menemukan penemuan itu ketika mereka melihat bekas gigitan daun yang aneh sambil mempelajari bagaimana lebah merespons bau tanaman. Mereka telah menambahkan lebah ke dalam rumah kaca penelitian dan mengamati mereka memotong lubang dalam bentuk setengah bulan. Apa yang sedang terjadi? Awalnya, para peneliti berpikir serangga mungkin memakan cairan dari daun, tetapi lebah tidak tinggal cukup lama untuk mendapatkan banyak. Mereka juga tampaknya tidak mengambil bagian dari daun kembali ke koloni mereka. Studi yang dipublikasikan di Science tersebut menemukan perilaku lebah melalui pengamatan terhadap lebah bumblebee (Bombus terrestris).

Lebah memaksa bunga mekar

blank
Gambar 2 Selama kekurangan serbuk sari pada bunga, lebah yang menjelajah daun (kiri) menjadi lebih mungkin membuat tusukan cepat dan potongan yang meninggalkan lubang kecil (kanan).
F. PASHALIDOU ET AL / SAINS 2020 dalam Science News

Seperti yang dijelaskan juga oleh Susan Milius di Berita Sains (Science News), untuk menguji hubungan antara menggigit daun dan kekurangan serbuk sari akibat lapar, para peneliti melakukan tes kandang lebah. Berdasarkan tes tersebut, setelah tiga hari didapatkan data bahwa lebah yang dikurung selama tiga hari dengan tanaman yang nonblooming (belum bermekaran) lebih cenderung merusak daun dengan menusuk dedaunan sehingga terbentuk lubang setengah bulan daripada kelompok lebah yang berdengung di antara bunga-bunga yang berlimpah.

Dalam tes tersebut didapatkan bahwa tanaman tomat tertusuk lima hingga sepuluh kali oleh lebah dan membuat tanaman yang rusak daunnya mekar rata-rata 30 hari lebih awal daripada tanaman yang tidak rusak. Penemuan ini membuahkan ide atau gagasan yang nantinya diharapkan adanya penelitian yang bisa diaplikasikan dalam pengembangan holtikultura modern.

Eksperimen yang dilakukan

Untuk mengetahui juga apakah gigitan lebah saja yang memicu perangsangan tanaman untuk berbunga, para peneliti mencoba trik lebah dengan membentuk lubang yang mirip buatan lebah pada daun. Kemudian didapatkan bahwa tanaman percobaan tersebut juga berbunga lebih awal daripada yang tanaman yang tidak diberi lubang. Akan tetapi, pemekaran bunga tidak secepat yang dilakukan oleh lebah. Kemungkinan ada komponen kimia tertentu pada lebah yang bisa membuat tanaman bunga mekar jauh lebih cepat. Komponen kimia tersebut mungkin terdapat pada air liur lebah yang mengandung senyawa organik yang mampu mempercepat pemekaran.

Selain melalui percobaan laboratorium, para peneliti juga mencermati perilaku lebah tersebut pada tanaman berbunga yang dekat dengan sarang lebah. Hasilnya memang masuk akal karena dengan merusak tanaman yang dekat sarang, mereka bisa memperoleh sumber makanan yang lebih cepat pula. Temuan ini menurut peneliti juga sebagai bentuk adaptasi lebah untuk bisa memperoleh serbuk sari dengan lebih cepat.
Tetapi sampai sekarang para peneliti masih bingung bagaimana perilaku itu terjadi.

Baca juga:

Beberapa peneliti beranggapan bahwa ini adalah evolusi yang dulunya lebah menggigit lubang kecil melalui dinding luar bunga untuk menyesap. Sekarang ketika tumbuhan belum berbunga, lebah yang sudah lapar mungkin merasa putus asa sehingga mereka mencoba cara lain yaitu dengan menggigit daun.
Ide ini tentunya masih belum jelas, sampai sekarang para peneliti masih mencoba untuk mempelajari lebih lanjut mengenai perilaku lebah yang seperti ini.

Diharapkan penelitian ini kedepannya bisa memberikan kontribusi besar kepada dunia sains modern.

Referensi

  1. https://fcld.ly/8aqj3hs 26/05/20
  2. https://www.sciencenews.org/article/pollen-deprived-bumblebees-may-speed-plant-blooming-biting-leaves 26/05/20
  3. https://m.trubus.id/amp/36809/saat-lapar-lebah-bisa-memaksa-tanaman-untuk-mempercepat-pembungaan 26/05/20

Artikel Berhubungan:

Sponsor Warstek.com:

1 tanggapan pada “Lebah Punya Cara Unik Untuk Mempercepat Pemekaran Bunga”

Yuk Ajukan Pertanyaaan atau Komentar