AR Copy – Paste, Inovasi Simpel yang Sangat Bermanfaat

Source : https://venturebeat.com/2020/05/12/ar-copy-paste-uses-ai-to-transfer-real-objects-into-productivity-apps/

Pada abad ke-20 ini, banyak inovasi – inovasi produk teknologi yang berkembang dari mulai perangkatan sehari hari seperti alat rumah tangga, hingga kemunculan smartphone yang banyak mempengaruhi lifestyle di seluruh dunia. Para peneliti hingga penggiat teknologi semakin berlomba – lomba untuk menemukan suatu inovasi produk baru yang dapat membantu kehidupan di masyarakat. Augmented reality (AR) adalah salah satu dari hasil dari pengembangan penelitian tersebut.

Akhir – akhir ini seorang pengembang teknologi AR yang bernama Cyril Diagne mengembangkan sebuah inovasi baru pada aplikasi Augmented Reality yang dikombinasikan dengan Mixed Reality yakni AR Copy Paste, Artikel ini akan membahas beragam manfaat yang dapat diperoleh dari pengembangan inovasi tersebut.

Potensi Pengembangan

Saat Diagne memposting preview video di akun Instagramnya, banyak para pengamat teknologi bahkan masyarakat yang sangat antusias dengan inovasi tersebut, hal ini ditunjukkan dengan banyaknya preview video dan like yang didapat. Potensi pengembangan dari produk ini sendiri sangat beragam dari mulai bidang Pendidikan, Kesehatan hingga Industri Kreatif. Penggunaannya sendiri tergolong mudah, pengguna hanya perlu mengarahkan kamera pada objek yang diinginkan lalu menunggu hingga muncul “titik – titik” yang berfungsi untuk men-scan objek, setelah objek ter-scan arahkan lagi kamera pada aplikasi yang telah terintegrasi seperti (Photoshop) maka objek yang telah di scan akan muncul dalam format gambar.

blank
Aplikasi AR Copy – Paste

1. Potensi dalam bidang Pendidikan

Sektor pendidikan merupakan sektor yang paling banyak terpengaruh apabila terdapat sebuah inovasi teknologi baru yang dapat diterapkan sebagai sarana media pembelajaran salah satunya adalah AR Copy Paste, Dengan adanya inovasi ini para pengajar dapat lebih mempersingkat waktu dalam menyusun berbagai materi yang berkaitan dengan kehidupan sosial yang memerlukan objek – objek nyata di lingkungan sekitar seperti pada mata pelajaran Biologi. Para siswa dapat lebih mudah untuk mendapatkan gambar dari makhluk hidup disekitar dan langsung memasukkannya kedalam lembar laporan pada aplikasi pengetikan atau presentasi seperti MS Word dan Power Point.

Teknologi ini juga dapat memudahkan para peneliti dalam menyusun jurnal, AR Copy Paste dapat dimanfaatkan untuk membuat sebuah ilustrasi nyata berdasarkan objek langsung yang digunakan dalam penelitian yang sering digunakan untuk diaplikasikan pada Jurnal.

2. Potensi dalam bidang Kesehatan

Sektor Kesehatan merupakan sektor yang paling penting dalam menunjang kehidupan bermasyarakat, banyak inovasi – inovasi teknologi terbaru yang diimplementasikan pada sektor ini, mulai dari pengembangan fasilitas hingga pada alat – alat medis. Teknologi Augmented Reality khususnya AR Copy Paste dapat memudahkan tenaga medis dalam menangani pasien, khususnya dalam membuat laporan yang lebih rinci mengenai keaadaan pasien. Staff administrasi rumah sakit dapat lebih mudah dalam menginput data terbaru hanya dengan melakukan scan pada dokumen menggunakan teknologi AR Copy Paste, hal ini dapat memangkas anggaran untuk pembelian mesin scanner hingga dapat mempercepat pelayanan kesehatan di masyarakat.

Baca juga : Peran Augmented Reality dalam memerangi Covid-19 https://warstek.com/2020/05/27/peran-augmented-reality-dalam-memerangi-covid-19/

3. Potensi dalam bidang Industri Kreatif

Tak dapat dipungkiri, sektor Industri Kreatif merupakan sektor yang paling terdampak dengan adanya teknologi ini. Cepatnya proses rendering (copy-paste) membuat inovasi ini dapat mempermudah pekerja kreatif untuk menambahkan objek pada dunia nyata untuk diaplikasikan pada dunia digital tanpa melalui process tracing untuk mengghasilkan gambar tanpa background. Pembuatan karya grafis seperti desain arsitektur, marketing, vector dll. dapat lebih berkembang karena pekerja kreatif dapat dengan bebas memasukkan objek nyata pada karya mereka dengan cepat menggunakan aplikasi AR Copy Paste ini.

blank
Tracing Manual dengan menggunakan pen tool pada aplikasi Photoshop
Seleksi Objek dengan menggunakan aplikasi AR Copy – Paste

Kesimpulan

Teknlogi AR Copy – Paste merupakan teknologi yang sangat bermanfaat dalam berbagai sektor seperti yang telah disebutkan pada artikel ini, mudahnya penggunaan hingga kecepatan dari proses nya dapat meningkatkan efisiensi waktu bagi para pekerja khususnya pada bidang administrasi yang akan ingin melakukan input data atau bahkan pekerja kreatif yang ingin memasukkan objek di dunia nyata dalam pekerjaan mereka hanya dengan menggunakan teknologi ini kurang dari 20 detik pun data atau objek dapat ter copy dan di input pada komputer.

Dengan adanya inovasi terbaru ini, penulis berharap di masa depan akan ditemukannya inovasi – inovasi baru pada bidang teknologi seperti AR Copy Paste yang dapat memudahkan aktivitas hingga pekerjaan manusia atau bahkan berperan dalam meningkatkan tingkat pendidikan dan kesehatan.

Referensi

  1. Cyril Diagne Instagram Post
    https://www.instagram.com/p/B_uoG5FIELP/?utm_source=ig_web_button_share_sheet
  2. Augmented Reality in Education
    https://jasoren.com/augmented-reality-in-education/
  3. AR Copy Paste tool allows users to capture images of physical objects and drop them into a computer https://www.dezeen.com/2020/05/16/ar-copy-paste-augmented-reality-tool-cyril-diagne/
Yuma Rafi
Artikel Berhubungan:

Sponsor Warstek.com:

Yuk Ajukan Pertanyaaan atau Komentar