Masa Depan 3D Printing, Jawabannya ada di Industri Kertas

Kertas merupakan material yang banyak digunakan untuk kehidupan sehari-hari. Tidak hanya untuk media tulis, ataupun media cetak, saat ini kertas telah dimanfaatkan sebagai pengganti plastik. Beberapa daerah di Indonesia, seperti Jakarta dan Balikpapan, telah menerapkan program diet plastik dengan mengurangi penggunaan sampah plastik[6].

Namun tahukah anda, tidak hanya kertasnya, ternyata limbah dari hasil pembuatan kertas juga bermanfaat. Salah satu limbah yang bermanfaat tersebut adalah lignin. Berdasarkan hasil penelitian dari tim peneliti asal Universitas Freiburg yang diketuai oleh Prof. Dr. Marie-Pierre Laborie, mereka menemukan bahwa lignin dapat dimanfaatkan sebagai biopaste, yaitu bahan baku yang dapat digunakan sebagai bahan dasar 3D Printing. Mereka meyakini bahwa bahan tersebut dapat mendukung produksi material konstruksi ringan kedepannya. Penasaran kelanjutannya? Silahkan baca artikelnya.

blank
Struktur Penyusun Tanaman, Sumber : Cell Press

Lignin merupakan salah satu zat komponen penyusun tumbuhan. Lignin terakumulasi pada batang tumbuhan berbentuk pohon dan semak. Lignin biasanya berfungsi sebagai bahan pengikat pada hemiselulosa dan selulosa, dan membuat pohon menjadi berdiri tegak. Lignin adalah gabungan beberapa senyawa yang hubungannya erat satu sama lain, mengandung karbon, hidrogen dan oksigen, namun proporsi karbonnya lebih tinggi dibanding senyawa karbohidrat[4].

Para peneliti membandingkan hasil penelitian biopaste berbasis selulosa dan berbasis lignin. Hasilnya, biopaste berbasis selulosa menghasilkan biopaste yang kuat. Dan penambahan lignin pada biopaste tersebut dalam proses pembuatannya dapat mengeratkan mikrokristal selulosa dalam biopaste. Hasil penelitian juga menunjukkan dengan rasio tertentu, biopaste yang terbuat dari campuran lignin dan selulosa dapat menunjukkan sifat yang kuat dan fleksibel dan memungkinkan menjadi bahan baku pengganti plastik[1,2,3,5].

blank
Silinder yang diprint dengan Biopaste dengan komposisi 50% selulosa dan 50% lignin, Sumber : Freiburg University

Namun saat ini masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut terkait biopaste tersebut agar dapat dimanfaatkan dalam dunia industri. Selain itu, peneliti juga mengatakan bahwa penelitian baru berdasarkan lignin pada pohon beech[5]. Menurut penulis, sebenarnya penelitian ini memiliki potensi untuk dikembangkan di Indonesia, terlebih Indonesia memiliki banyak material yang mengandung lignin tinggi. Penulis harap tulisan ini dapat menjadi inspirasi untuk para peneliti Indonesia kedepannya khususnya untuk bidang 3D Printing.

Referensi:

[1] Gleuwitz, F.R., Sivasankarapillai, G., Siqueira, G.,Friedrich, C., Laborie, M.-P. G. 2020. Lignin in Bio-Based Liquid Crystalline Network Material with Potential for Direct Ink Writing. Applied Bio Materials.

[2] Gleuwitz, F.R., Sivasankarapillai, G., Chen, Y., Friedrich, C., Laborie, M.-P. G. 2020.  Lignin-Assisted Stabilization of an Oriented Liquid Crystalline Cellulosic Mesophase, Part B: Toward the Molecular Origin and Mechanism. Biomacromolecules 21/6, hal. 2276−2284.

[3] Gleuwitz, F.R., Friedrich, C., Laborie, M.-P. G. 2020. Lignin-Assisted Stabilization of an Oriented Liquid Crystalline Cellulosic Mesophase, Part A: Observation of Microstructural and Mechanical Behavior. Biomacromolecules 21/3, hal. 1069−1077.

[4] Tillman, A. D., H. Hartadi, S. Reksohadiprodjo, S. Prawirokusumo dan S. Lebdosoekojo. 1989. Ilmu Makanan Ternak Dasar. Gajah Mada University Press, Yogyakarta.

Baca juga:

[5] University of Freiburg. 2020. From Biopaste to Bioplastic. Diakses pada tanggal 13 September 2020 di : https://www.pr.uni-freiburg.de/pm-en/press-releases-2020/from-biopaste-to-bioplastic

[6] Utomo, Yunanto W. 2020. Kurangi Sampah Plastik, Mungkinkah Mengganti Keresek dengan Kardus? . Diakses pada tanggal 13 September 2020 di : https://sains.kompas.com/read/2016/02/22/09544681/Kurangi.Sampah.Plastik.Mungkinkah.Mengganti.Keresek.dengan.Kardus.?page=all

Putera Rakhmat
Artikel Berhubungan:

Sponsor Warstek.com:

Yuk Ajukan Pertanyaaan atau Komentar