8 Manfaat Membaca Buku Sebelum Tidur, dari Mengurangi Stres hingga Mendorong Kreativitas

Kebiasaan membaca buku di malam hari telah dipraktikkan oleh berbagai tokoh dunia. Bill Gates misalnya, kebiasaan membaca sebelum tidur bahkan dapat membantu Bill Gates agar bisa tertidur [1]. Namun Anda tidak perlu menjadi seorang Bill Gates untuk memiliki kebiasaan ini. Dilansir dari berbagai sumber, ternyata membaca buku pada malam hari sebelum tidur memiliki banyak manfaat, selain meningkatkan minat baca di Indonesia tentunya yang saat ini masih tergolong sangat rendah. Menurut survei yang dilakukan oleh organisasi pendidikan, ilmu pengetahuan dan kebudayaan PBB (UNESCO) tahun 2019, Indonesia menduduki peringkat 60 dari 61 negara di dunia pada level literasi baca [2]. Miris ya?

Ok, berikut ini adalah 8 manfaat membaca buku sebelum tidur.

1. Meningkatkan relaksasi dan mengurangi stres

Dari penelitian yang dilakukan David Klose (seorang ahli dalam hal kualitas tidur dari University of Surrey di Inggris) kepada 2.300 responden menunjukkan hasil mengejutkan bahwa 64% pembaca sebelum tidur merasa mengalami peningkatan relaksasi sehingga dapat mengurangi stres [3]. Oleh karena itu, jika Anda sedang stress, membaca sebelum tidur dapat menjadi alternatif untuk membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih santai dan tidak stress.

2. Memusatkan pikiran dan membuat tidur lebih nyenyak dan berkualitas

David Klose  juga mengatakan bahwa respondennya lebih punya kualitas tidur yang baik. Membaca dapat membantu seseorang untuk sedikit demi sedikit keluar dari kesadarannya sehingga mendorong seseorang untuk tertidur. Karena dapat membantu seseorang tidur dengan baik, tak heran banyak anak-anak yang sangat antusias untuk membaca cerita-cerita sebelum tidur. ‘Masuk’ ke dalam dunia fiksi melalui buku dapat membuat seseorang mengendurkan ketegangan yang ia rasakan sehingga ia dapat bersantai lebih baik. Karena itu, orang yang membaca sebelum tidur akan mendapatkan tidur yang nyenyak dan istirahat yang maksimal [4]

3. Pembaca sebelum tidur bisa membuat pilihan makanan yang lebih sehat

Penelitian David Klose juga mengatakan bahwa responden yang membaca buku sebelum tidur cenderung punya pilihan lebih sehat dan disiplin melakukan olahraga. Selain itu, responden juga lebih memilih makanan sehat dibanding makanan yang tidak sehat. Hal ini diduga karena kualitas tidur yang mereka miliki pada saat malam hari.

4. Mendorong kreativitas

Tak perlu membaca buku ‘berat’ untuk mendorong kreativitas dan menambah wawasan. Pada kenyataannya, banyak pengusaha-pengusaha sukses yang memiliki kebiasaan untuk membaca buku apa pun mengenai apa saja menjelang jam tidur mereka. Penelitian pun menunjukkan bahwa membaca buku yang tidak terikat pada satu tema tertentu dapat membuat seseorang menjadi lebih kreatif dan lebih memiliki passion dalam pekerjaan mereka. Pasalnya, cakupan bacaan yang luas akan membuat seseorang mampu melihat masalah, situasi hingga lawan bicara dari sudut pandang yang berbeda.

5. Konsentrasi lebih baik

Berbagai sosial media dan aplikasi berbalas pesan memiliki dampak kurang baik terhadap konsentrasi. Pasalnya, sosial media dan aplikasi berbalas pesan membuat seseorang untuk berkonsentrasi pada semua hal, yang sebenarnya mustahil. Akan tetapi, membaca sebelum tidur dapat mendorong seseorang untuk mengolah informasi tanpa berbagai bantuan visual. Dengan begitu, otak akan terlatih untuk bekonsentrasi lebih baik. Sehingga, ketika bangun di pagi hari, seseorang yang membaca sebelum tidur dapat lebih fokus dalam menjalani pekerjaan mereka.

6. Lebih berempati

Seseorang dapat memiliki empati ketika ia mampu melihat dunia dari sudut pandang orang lain dan lebih mengerti orang lain. Membaca cerita fiksi dapat menjadi cara terbaik untuk mengetahui dan mengerti bagaimana cara berpikir dan perasaan orang lain. Psikolog dari York University Canada, Raymond Mar, mengungkapkan bahwa narasi dalam cerita fiksi memberikan kesempatan yang unik bagi seseorang untuk lebih memahami cara berpikir dan emosi dari karakter dalam cerita.

7. Mempertajam Daya Ingat

Ketika semua anggota tubuh beristirahat, maka semua energi terfokus pada otak. Kondisi ini sangat bagus jika digunakan untuk belajar atau membaca. Ditambah lagi, orang cenderung lebih konsentrasi pada malam hari. Bila kegiatan tersebut dilakukan, dapat melatih daya ingat sehingga semakin tajam [5].

8. Merasa damai dan tenang

Menonton televisi yang penuh dengan adegan kekerasan dan intrik dalam drama atau berita yang membuat depresi tidak akan berhasil membuat seseorang merasa santai sebelum tidur. Agar dapat tidur dengan baik, seseorang perlu menciptakan suasana yang hening sehingga syaraf-syaraf dalam tubuh dapat menjadi lebih tenang. Cahaya biru yang terpancar dari layar televisi atau pun layar komputer akan memberi efek yang sebaliknya pada seseorang sebelum ia tidur. Cara terbaik untuk menciptakan keheningan yang mampu membuat tubuh menjadi rileks ialah dengan membaca buku sebelum tidur, dikutip dari Lifehack.

Demikian 8 manfaat membaca buku pada malam hari sebelum tidur. Bisa dibuktikan sendiri apakah membaca sebelum tidur itu sesuai dengan 8 klaim ini. Faktanya, ritual malam ini juga memengaruhi aspek kehidupan lainnya termasuk professional, finansial, kesehatan fisik, kreativitas, dan menjalani hidup secara damai dan tenang.

Sebenarnya jika kita tidak memiliki waktu untuk membaca sebelum tidur karena kelelahan, kita juga bisa mencuri-curi waktu membaca pada pagi hari sebelum beraktivitas. Buku yang dapat dibaca juga bisa beragam, mulai dari pengembangan diri, novel, fiksi, sejarah, hingga buku sains.

Referensi

Baca juga:

[1] https://newsmaker.tribunnews.com/2020/07/26/jadi-kebiasaan-bill-gates-tiap-sebelum-tidur-ini-sederet-manfaat-membaca-buku-di-malam-hari diakses pada 21 September 2020

[2] https://www.genpi.co/berita/33356/ha-minat-baca-indonesia-terendah-kedua-di-dunia-kok-bisa diakses pada 21 September 2020

[3] https://www.popmama.com/life/health/annisa/manfaat-membaca-sebelum-tidur-bisa-tingkatkan-kesehatan/2 diakses pada 21 September 2020.

[4] https://republika.co.id/berita/gaya-hidup/info-sehat/16/03/27/o4p23p328-6-manfaat-menakjubkan-membaca-sebelum-tidur diakses pada 21 September 2020.

[5] https://style.tribunnews.com/2020/07/26/dilakukan-bill-gates-tiap-sebelum-tidur-ternyata-ini-manfaat-membaca-buku-malam-hari?page=2&_ga=2.208768338.1923425574.1600701250-364660708.1593868133 diakses pada 21 September 2020.

Warung Sains Teknologi
Artikel Berhubungan:

Sponsor Warstek.com:

Yuk Ajukan Pertanyaaan atau Komentar