Tinjauan Spektroskopi dan Teori terhadap Eksiton dalam Semikonduktor

Dari layar TV OLED baru hingga panel surya, banyak perangkat elektronik sehari-hari tidak akan berfungsi tanpa interaksi antara cahaya dan bahan yang membentuk semikonduktor. Sebuah kategori baru dari semikonduktor didasarkan pada molekul organik, yang sebagian besar terdiri dari karbon, seperti buckminsterfullerene.

Tinjauan Spektroskopi dan Teori terhadap Eksiton dalam Semikonduktor Read Post »

Kimia

Dalam sebuah penelitian terbaru yang dipublikasikan di jurnal ilmiah PNAS, para peneliti dari University of Düsseldorf dan Max Planck Institute for Terrestrial Microbiology di Marburg, bersama dengan kolaborator dari Jerman dan Asia, mengungkapkan penemuan menarik tentang bagaimana sel-sel awal di Bumi mampu memanfaatkan hidrogen sebagai sumber energi.

Takdir Tersembunyi di Dasar Laut: Mengungkap Rahasia Penggunaan Hidrogen oleh Sel-Sel Awal di Bumi Read Post »

Kimia

Sebuah penelitian baru dari para ilmuwan di University of Limerick telah menemukan cara untuk mengubah panas limbah menjadi listrik secara lebih efisien dan ramah lingkungan. Tim peneliti menggunakan produk kayu dari Irlandia untuk menciptakan metode yang berkelanjutan, yang dapat mengurangi biaya dan dampak lingkungan.

University of Limerick Mengungkap Cara Ramah Lingkungan Untuk Menghasilkan Listrik dari Limbah Read Post »

Kimia

Pencemaran air akibat penggunaan pewarna dalam industri tekstil, makanan, kosmetik, dan manufaktur lainnya merupakan masalah serius bagi lingkungan. Pewarna ini sering kali mengandung bahan kimia beracun yang sulit diuraikan dan dapat membahayakan kehidupan akuatik dan kesehatan manusia.

Teknologi Fotokatalisis Emas-Titanium: Solusi Inovatif untuk Mengatasi Pencemaran Air Limbah Pewarna Read Post »

Kimia

Baru-baru ini, para ilmuwan dari Pittsburgh University melakukan penelitian yang menarik. Mereka mencoba menemukan cara untuk membuat katalis baru yang ramah lingkungan. Mereka tertarik pada sebuah bahan yang disebut oksida tungsten (W) dan senyawa serupa.

Menjelajahi Potensi Katalis Ramah Lingkungan Berbasis Oksida Tungsten: Langkah Menuju Proses Kimia yang Berkelanjutan Read Post »

Kimia

Tim peneliti dari National University of Singapore (NUS) yang dipimpin oleh Associate Professor Lu Jiong telah berhasil mengembangkan katalis jenis baru yang membantu dalam proses pembuatan bahan kimia halus dan obat-obatan secara lebih ramah lingkungan. Katalis ini disebut sebagai katalis atom geminal heterogen atau heterogeneous geminal atom catalysts (GACs).

Inovasi Katalis Atom Geminal untuk Sintesis Senyawa Organik yang Ramah Lingkungan Read Post »

Kimia

Pencarian teknologi konversi energi yang berkelanjutan dan terjangkau telah menyoroti pentingnya reaksi reduksi oksigen dan evolusi oksigen. Proses-proses ini sangat penting untuk efisiensi perangkat seperti sel bahan bakar dan elektroliser, tetapi secara tradisional mengandalkan logam mulia yang mahal sebagai katalis.

Penelitian Katalis Non Logam Mulia: Eksplorasi Menuju Energi Terbarukan yang Ekonomis Read Post »

Nobel kimia 2023
Kimia

Moungi G. Bawendi, Louis E. Brus, dan Aleksey Yekimov telah dianugerahi Hadiah Nobel Kimia tahun 2023 atas penemuan dan pengembangan quantum dots. Quantum dots adalah partikel-partikel kecil yang memiliki sifat khusus yang memungkinkannya untuk digunakan dalam berbagai aplikasi teknologi canggih.

Kisah dan Penjelasan Peraih Nobel Kimia 2023: Penemuan dan Sintesis Quantum Dots Read Post »