Kimia

bangunan rendah emisi
Kimia, Sains Alam

Tingkatkan Pemahaman tentang Risiko ALS: Penyimpanan Bahan Kimia di Garasi Rumah

Selama 10 tahun terakhir, peneliti di University of Michigan terus menemukan bahwa terpapar bahan kimia berbahaya di lingkungan sekitar kita—mulai dari pestisida di pertanian hingga senyawa kimia volatil di pabrik—terkait dengan peningkatan risiko terkena amyotrophic lateral sclerosis (ALS).

Tingkatkan Pemahaman tentang Risiko ALS: Penyimpanan Bahan Kimia di Garasi Rumah Read Post »

pertukaran pelarut
Kimia

Perlakuan Kimia: Pencucian dengan Air Deionisasi dan Pertukaran Pelarut dengan Etanol dan Aseton

Salah satu langkah penting dalam perlakuan kimia adalah pencucian dengan air deionisasi dan pertukaran pelarut (solvent exchange) dengan etanol dan aseton. Artikel ini akan menjelaskan secara mendetail apa yang dimaksud dengan proses-proses ini dan bagaimana cara melakukannya.

Perlakuan Kimia: Pencucian dengan Air Deionisasi dan Pertukaran Pelarut dengan Etanol dan Aseton Read Post »

blank
Kimia

Cara Mengeraskan Resin dengan Hardener: Panduan Praktis, Waktu Pengerasan, dan Penggunaan Vacuum

Resin adalah bahan yang banyak digunakan dalam berbagai aplikasi, seperti seni, kerajinan, industri, dan konstruksi. Untuk memanfaatkan resin, biasanya diperlukan proses pencampuran dengan hardener (pengeras) agar resin tersebut dapat mengeras dan mencapai kekuatan optimal. Berikut ini adalah panduan praktis untuk mengeraskan resin dengan hardener.

Cara Mengeraskan Resin dengan Hardener: Panduan Praktis, Waktu Pengerasan, dan Penggunaan Vacuum Read Post »

blank
Kimia, Lingkungan

Mengubah Limbah Makanan Jadi Solusi Popok dan Pembalut Ramah Lingkungan Tanpa Plastik

Ketika dibuang, barang-barang sekali pakai seperti popok dan pembalut sanitasi bisa memakan waktu ratusan tahun untuk terurai, karena bagian penyerap dan lapisan tahan airnya mengandung plastik dan polimer sintetis lainnya. Namun, para peneliti sekarang mengganti bahan-bahan ini dengan komponen berpori yang terbuat dari biomassa protein yang seringkali dibuang oleh industri makanan dan pertanian.

Mengubah Limbah Makanan Jadi Solusi Popok dan Pembalut Ramah Lingkungan Tanpa Plastik Read Post »

blank
Kimia

Motor Kristal Molekuler: Alat Kecil yang Berpotensi sebagai Robot Pengiriman Obat atau Arsitektur Arus Air di Bawah Perairan

Dalam penelitian yang baru-baru ini dilakukan, para ilmuwan telah berhasil mengembangkan sebuah teknologi revolusioner yang menghadirkan motor molekuler, yang seakan-akan bergerak seperti organisme mikroskopis ketika terpapar cahaya. Meskipun pada pandangan pertama, struktur motor ini terlihat seperti cacing mikroskopis yang hidup di lingkungan air, namun sebenarnya, mereka terdiri dari jaringan molekul yang telah dikristalkan dan memiliki kemampuan untuk melakukan gerakan yang terkoordinasi saat terpapar cahaya.

Motor Kristal Molekuler: Alat Kecil yang Berpotensi sebagai Robot Pengiriman Obat atau Arsitektur Arus Air di Bawah Perairan Read Post »

blank
Kimia

Menjelajahi Potensi Nanotube Karbon: Pendekatan Inovatif untuk Pengembangan Semikonduktor Elektronik Masa Depan

Para peneliti di Duke University sedang mencari cara baru untuk mengembangkan bahan semikonduktor berbasis karbon yang dapat digunakan dalam teknologi elektronik masa depan. Mereka tertarik pada sebuah struktur mikroskopis yang disebut nanotube karbon, yang pada dasarnya adalah tabung kecil yang terbuat dari atom-atom karbon.

Menjelajahi Potensi Nanotube Karbon: Pendekatan Inovatif untuk Pengembangan Semikonduktor Elektronik Masa Depan Read Post »

blank
Kimia

Menggali Potensi Polimer Organik Cetak untuk Memahami Interaksi Spin dan Chirality dalam Elektronika Masa Depan

Sebuah materi baru yang dapat dicetak dari polimer organik telah membuka jalan bagi para peneliti untuk mengeksplorasi interaksi antara sifat kiral dan putaran elektron pada suhu ruangan. Ini penting karena membantu kita memahami bagaimana perangkat elektronik masa depan dapat menggunakan putaran elektron untuk berbagai aplikasi, dari penyimpanan data hingga komputasi.

Menggali Potensi Polimer Organik Cetak untuk Memahami Interaksi Spin dan Chirality dalam Elektronika Masa Depan Read Post »