Katalis Hasil Perbaikan Ini Mampu Menghancurkan “Bahan Kimia Abadi” Hanya dengan Sinar Matahari

Insinyur kimia telah menemukan cara untuk meningkatkan katalis nanopartikel sehingga mereka dapat menghancurkan "bahan kimia abadi" dalam waktu hanya beberapa jam.

blank

Salah satu jenis bahan kimia yang sangat sulit diuraikan adalah perfluorooktanoat atau PFOA. Bahan kimia ini sering disebut sebagai “bahan kimia abadi” karena sulit dipecah dan cenderung menumpuk di lingkungan. Meskipun sangat berguna dalam industri, keberadaannya dapat berdampak buruk bagi kesehatan manusia dan ekosistem.

Beberapa peneliti telah menemukan metode baru untuk mengatasi masalah ini. Mereka menggunakan sebuah bahan kimia bernama boron nitrida, yang umumnya digunakan dalam produk kosmetik. Dengan mengekspos boron nitrida pada radiasi ultraviolet (UV) pada panjang gelombang tertentu, peneliti berhasil menghancurkan hampir seluruh PFOA dalam sampel air. Namun, meskipun hasilnya menjanjikan, metode ini masih membutuhkan peningkatan.

Solusi untuk meningkatkan efisiensi ini ditemukan dengan menggabungkan boron nitrida dengan titanium dioksida, suatu bahan kimia yang biasa digunakan dalam tabir surya. Titanium dioksida, ketika terpapar oleh sinar UV yang dapat menembus lapisan ozon, juga mampu mengurai PFOA. Namun, proses ini berlangsung lambat dibandingkan dengan penggunaan boron nitrida yang efisien.

Dengan menciptakan campuran boron nitrida dan titanium dioksida, tim peneliti berhasil menciptakan suatu bahan yang menggabungkan keunggulan kedua zat tersebut. Bahan ini diaktifkan oleh sinar UV di atmosfer dan mampu mengurai PFOA dengan cepat. Dalam uji coba, bahan ini berhasil mengurai sebagian besar PFOA menjadi senyawa-senyawa yang lebih aman dalam waktu yang relatif singkat.

blank
Penambahan oksida titanium meningkatkan degradasi fotokatalitik boron nitrida terhadap asam perfluorooktanoat

Langkah selanjutnya adalah untuk meneliti apakah bahan ini juga efektif dalam mengurai jenis bahan kimia abadi lainnya yang termasuk dalam kategori perfluoroalkil dan polifluoroalkil (PFAS). Penelitian-penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa kita masih memiliki pemahaman yang terbatas tentang kimia dari zat-zat ini.

Hasil studi ini telah dipublikasikan dalam Chemical Engineering Journal, membuka pintu bagi penelitian lebih lanjut dalam upaya mengatasi masalah polusi lingkungan yang diakibatkan oleh bahan kimia abadi.

Referensi :

[1] https://www.iflscience.com/this-improved-catalyst-can-destroy-forever-chemicals-with-just-sunlight-72766 diakses pada 16 Februari 2024

[2] Lijie Duan, Bo Wang, Kimberly N. Heck, Chelsea A. Clark, Jinshan Wei, Minghao Wang, Jordin Metz, Gang Wu,Ah-Lim Tsai, Sujin Guo, Jacob Arredondo, Aditya D. Mohite, Thomas P. Senftle, Paul Westerhoff, Pedro Alvarez, Xianghua Wen, Yonghui Song, Michael S. Wong. Titanium oxide improves boron nitride photocatalytic degradation of perfluorooctanoic acid. Elsevier, 2022; 10:137735 DOI : 10.1016/j.cej.2022.137735

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *