Lumut (Bryophyta): Pengertian, Ciri-Ciri, Cara Hidup dan Habitat, serta Peran dalam Kehidupan

• by

C:\Users\Notebook\Pictures\bfd0b690c58911eb8c78c900624d8e33.map.png

Bryophyta (Yunani, bryon = lumut, phyton = tumbuhan) merupakan aggota kingdom Plantae (tumbuhan) yang paling sederhana.

Ketika kamu berada di gunung, di atas batu di sungai atau di dinding dekat sumur rumah, kamu biasanya akan menemukan tanaman hidup yang hijau. Tumbuhan itu adalah lumut (bryophyta). Simak penjelasannya dibawah ini!

Pengertian Bryophyta

Bryophyta (Yunani, bryon = lumut, phyton = tumbuhan) merupakan aggota kingdom Plantae (tumbuhan) yang paling sederhana dan bisa dikatakan sebagai bentuk peralihan antara Thallophyta atau tumbuhan bertalus (belum memiliki akar, batang, daun sejati) dengan Cormophyta atau tumbuhan berkorus (sudah memiliki akar, batang, daun sejati). Lumut juga dikenal sebagai moss [1].

C:\Users\Notebook\Pictures\Lumut.png

Lumut/Bryophyta

Sumber: pusatbiologi.com

Ciri-Ciri Bryophyta

1.Memiliki habitat di daerah yang lembap
2.Tumbuhan lumut merupakan peralihan dari thallophyta ke Cormophyta.
3.Akar pada tumbuhan lumut masih berupa rhizoid, selain itu tumbuhan ini belum memiliki berkas pembuluh angkut xylem dan floem, sehingga untuk mengangkut zat hara dan hasil fotosintesisnya menggunakan sel-sel parenkim yang ada.
4.Tumbuhan lumut memiliki klorofil atau zat hijau daun sehingga cara hidupnya fotoautotrof
5.Tumbuhan lumut dalam hidupnya dapat bereproduksi secara aseksual dengan pembentukan spora haploid dan reproduksi seksual dengan peleburan gamet jantan dan gamet betina
6.Dalam siklus hidupnya atau metagenesis tumbuhan lumut, akan didapati fase gametofit, yaitu tumbuhan lumut sendiri yang lebih dominan dari fase sporofit [3].

Cara Hidup dan Habitat

Lumut memiliki klorofil sehingga dapat berfotosintesis. Sebagian besar lumut merupakan tumbuhan terestrial atau hidup di daratan. Lumut mudah ditemukan, terutama di tempat yang lembap (higrofit), di tanah, tembok, bebatuan lapuk, dan menempel (epifit) di kulit pohon. Namun, ada pula lumut yang hidup di air (hidrofit), misalnya Ricciocarpus natans. Di tempat yang lembap dan teduh, lumut tumbuh subur dan tampak sebagai hamparan hijau. Contohnya lumut gambut (Sphagnum) yang tumbuh di bioma tundra di daerah kutub utara [1].

Peran Tumbuhan Lumut bagi Kehidupan

a.Sebagai vegetasi perintis, yaitu dapat melapukkan batu-batuan sehingga secara bertahap akan membentuk tanah baru yang berfungsi sebagai tempat tumbuh tanaman lainnya.
b.Tumbuhan lumut yang hidup di hutan atau di atas permukaan tanah dapat mencega erosi dan mampu menyerap air sehingga dapat menyediakan air pada musim kemarau.
c.Tumbuhan lumut yang sudah mati juga dapat dimanfaatkan sebagai penambat zat organik dalam tanah sehingga tanah menjadi subur.
d.Marchantia polymorpha untuk mengobati gangguan fungsi hati.
e.Sphagnum sp. sebagai pengganti kapas dan sebagai bahan bakar
f.Sphagnum sp. di daerah rawa akan membentuk tanah gambut. Jenis tanah ini bermanfaat untuk menggemburkan media tanam dalam pot [2].

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas maka dapat disimpulkan bahwa:

1.Bryophyta merupakan aggota kingdom Plantae (tumbuhan) yang paling sederhana dan bisa dikatakan sebagai bentuk peralihan antara Thallophyta dengan Cormophyta.
2.Memiliki beberapa ciri-ciri seperti: Memiliki habitat di daerah yang lembap, tumbuhan lumut merupakan peralihan dari thallophyta ke Cormophyta, dan memiliki klorofil atau zat hijau daun.
3.Lumut mudah ditemukan, terutama di tempat yang lembap (higrofit), di tanah, tembok, bebatuan lapuk, dan menempel (epifit) di kulit pohon.
4.Peran lumut bagi kehidupan yakni salah satunya Marchantia polymorpha yang berperan dalam mengobati gangguan fungsi hati.

Contoh Soal

Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!

1.Tidak memiliki pembuluh angkut pada organ tubuhnya
2.Memiliki akar, batang, daun sejati
3.Fase gametofit lebih dominan dari pada fase sporofit
4.Terdapat tropofil yang berfungsi dalam fotosintesis
5.Permukaan luar tubuh tumbuhan dilapisi lilin
1.Pernyataan yang benar mengenai tumbuhan lumut terdapat pada angka…
A.1, 2, dan 3
B.1, 3, dan 5
C.2, 3, dan 4
D.2, 3, dan 5
E.3, 4, dan 5

Jawaban: B

2.Di bawah ini yang merupakan generasi gametofit pada lumut yaitu…
A.Zigot dan spora
B.Alat kelamin dan pembuahan lumut
C.Sporogonium dan zigot
D.Sporogonium dan spora
E.Sel induk spora dan protonema

Jawaban: B

DAFTAR PUSTAKA

[1] Irnaningtyas. 2013. Biologi untuk SMA/MA Kelas X Kurikulum 2013. Jakarta: Erlangga

[2] Omegawati Wigati Hadi, Teo Sukoco, Rumiyati. 2017. Detik-Detik Ujian Nasional Biologi Tahun Pelajaran 2016/2017. Klaten: PT. Intan Pariwara

[3] Suwarno. 2009. Panduan Pembelajaran Biologi untuk SMA & MA Kelas X. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

.

Setelah selesai membaca, yuk berikan artikel ini penilaian!

Klik berdasarkan jumlah bintang untuk menilai!

Rata-rata nilai 0 / 5. Banyaknya vote: 0

Belum ada yang menilai! Yuk jadi yang pertama kali menilai!