Perburuan Teori Medan Terpadu Einstein

Einstein

Si genius Einstein mencoba menyatukan kedua medan menjadi terpadu, medan elektromagnetik dan medan gravitasi. Einstein meyakini pasti ada cara untuk menyatukan kedua medan tersebut, pasti akan ditemukan suatu hari nanti. Perlu kesabaran ekstra dan ketelitian matematika untuk menemukannya, ketika Einstein lebih senang mengandalkan eksperimen imajinernya, ternyata perburuan teori medan terpadu memerlukan banyak matematika, dan Einstein hanya memiliki sedikit matematika, itu yang membuat dirinya terkadang mengeluh. Hingga akhir hayatnya, Einstein berjuang menyelesaikannya. Sebelum meninggal, Einstein menulis satu baris simbol dan angka dengan harapan mungkin dapat membantu dirinya, dan kita semua, sedikit lebih dekat dengan semangat yang terdapat dalam hukum alam semesta. Berikut satu baris simbol dan angka tersebut,

Einstein selalu bersikeras untuk menemukan teori medan terpadu, tak peduli dengan anggapan aneh dari ilmuwan lainnya. Kala itu, ilmuwan lainnya berjibaku mengembangkan mekanika kuantum. Namun, Einstein lebih memilih bertahan untuk menemukan teori tersebut. Seperti yang tergambar dalam isi surat Einstein kepada ahli fisika matematis, Hermann Weyl, “Saya yakin bahwa sekali lagi orang harus menemukan prinsip umum yang ditangkap dari alam untuk membuat kemajuan yang nyata.”

Dalam kuliah Nobel, Einstein menyampaikan kemungkinan dua medan dapat disatukan, “otak berjuang mengejar penyatuan tak terpuaskan bahwa dua medan harus mewujud dalam keadaan sangat saling bebas. Kita mencari teori medan yang terpadu secara matematis, yang menafsirkan medan gravitasi dan medan elektromagnetik hanya sebagai komponen atau manisfestasi berbeda dari medan uniform yang sama.” Einstein berharap teori terpadu semacam itu mungkin akan membuat mekanika kuantum cocok dengan relativitas.

Perburuan teori medan terpadu Einstein sebagian besar berupa serangkaian langkah salah yang ditandai dengan kompleksitas matematika yang semakin meningkat, dimulai dengan reaksinya terhadap kesalahan langkah ilmuwan lain, berikut reaksi Einstein:

1. Hermann Weyl                                                                                                                                                                                                                Hermann Weyl
    Yang pertama datang dari ahli fisika matematis Hermann Weyl, 1918. Weyl mengajukan cara memperluas geometri relativitas umum yang sepertinya juga akan berperan sebagai geometri medan elektromagnetik. Awalnya Einstein terkesan, “Inilah penemuan kelas satu dari seorang genius, “katanya kepada Weyl, batang pengukur dan jam akan berubah-ubah bergantung pada jalur yang mereka lalui saat melintasi ruang. Namun, pengamatan eksperimental tidak menunjukkan fenomena semacam itu. Setelah dua hari merenung, Einstein menulis catatan pahit dalam surat berikutnya, “Alur penalaran Anda serba lengkap luar biasa, kecuali dalam hal sesuai dengan realitas, teori ini benar-benar pencapaian intelektual agung.” tulisnya kepada Weyl.
  2. Theodor Kaluza                                                                                                                                                                                                                 Theodor Kaluza junior

Yang kedua, datang dari Profesor matematika di Konigsberg, Theodor Kaluza,1919. Kaluza mengusulkan dimensi kelima ditambahkan pada empat dimensi ruang-waktu. Kaluza mengasumsikan dimensi spasial tambahan tersebut bundar. Artinya, jika Anda melangkah menurut arahnya, Anda akan kembali ke tempat Anda berangkat, seperti berjalan mengelilingi Silinder. Einstein terkesan dan sekaligus kritis. “Dunia silinder lima dimensi tak pernah jelas bagi saya, “tulisnya kepada Kaluza. “Sekilas saya sangat menyukai gagasan Anda.” Sayangnya tidak ada alasan untuk memercayai bahwa sebagian besar perhitungan matematika tersebut sungguh-sungguh memiliki dasar realitas fisik. Dengan kenyamanan sebagai ahli matematika murni, Kaluza mengakuinya dan menantang para ahli fisika untuk menemukannya. “Masih sulit dipercaya bahwa seluruh hubungan ini dalam kesatuan formal yang sebenarnya terbaik harus memenuhi permainan kebetulan yang berubah-ubah yang memikat belaka.” tulisnya. “Harus lebih dari sekedar formalisme matematika hampa yang ditemukan bersemayam di balik hubungan yang diduga ini agar kita kemudian menghadapi kejayaan baru relativitas umum Einstein. ”Saat itu Einstein telah beralih kepercayaan dari formalisme matematika yang terbukti telah berguna dalam usaha terakhirnya menemukan relativitas umum. Begitu beberapa masalah terselesaikan, ia membantu Kaluza memublikasikan makalah tersebut pada 1921 dan kemudian mengikutinya dengan makalahnya sendiri.

3. Oskar Klein                                                                                                                                                                                                                      Oskar Klein.jpg

Yang ketiga, datang dari ahli fisika Oskar Klein, anak rabi pertama Swedia dan mahasiswa Niels Bohr. Klein menganggap teori medan terpadu tidak hanya menjadi cara menyatukan gravitasi dan elektromagnetisme, tetapi ia juga berharap bisa menjelaskan beberapa misteri yang bersembunyi dalam mekanika kuantum. Mungkin cara itu bahkan bisa menghasilkan cara untuk menemukan “Variabel tersembunyi” yang bisa menghilangkan ketidakpastian. Klien lebih menjadi ahli fisika daripada ahli matematika sehingga lebih berfokus pada kemungkinan realitas fisik dimensi spasial ke empat dibanding Kaluza. Gagasannya adalah dimensi tersebut mungkin menggulung dalam lingkaran yang terlalu kecil untuk dideteksi, menonjol keluar dari setiap titik ruang tiga dimensi yang bisa diamati. Hal ini sangat genius, tetapi ternyata tidak banyak menjelaskan keanehan, malah semakin menegaskan pandangan tentang mekanika kuantum atau kemajuan baru dalam fisika partikel. Teori Kaluza-Klien dikesampingkan walaupun bertahun-tahun kemudian Einstein akan kembali ke sebagian konsep tersebut. Sesungguhnya, hal itu masih dilakukan para ahli fisika saat ini. Gema gagasan tersebut mewujud dalam teori dawai, terutama dalam bentuk dimensi yang ekstra padat.

4. Arthur Eddington                                                                                                                                                                                                            Arthur Stanley Eddington.jpg

Dan yang terakhir, datang dari Arthur Eddington, astronom dan ahli fisika Inggris yang bertanggung jawab dalam observasi gerhana yang terkenal. Eddington menyempurnakan matematika Weyl menggunakan konsep geometri yang dikenal sebagai hubungan afinitas. Einstein membaca gagasan Eddington dalam perjalanan ke Jepang dan kemudian mengadopsinya sebagai dasar teorinya sendiri. “Saya yakin akhirnya memahami hubungan antara listrik dan gravitasi, “tulis Einstein kepada Bohr dengan senang. “Eddington lebih mendekati kebenaran dibanding Weyl. Sejak saat itu daya tarik teori unifikasi telah memesona Einstein. “Di atasnya terulas senyum alam yang tak berperasaan,” Einstein memberitahu Weyl. Dalam perjalanan melintasi Asia, Einstein membuat makalah baru dan setibanya di Mesir pada Februari 1923 Einstein segera mengirimkan kepada Planck untuk dipublikasikan. Einstein menegaskan tujuannya adalah, “Memahami medan gravitasi dan medan elektromagnetik sebagai satu kesatuan.

Pernyataan Einstein menjadi berita utama di seluruh dunia. “Einstein Menjelaskan Teori Terbarunya”, tegas New York Times. Dan, sekali lagi kompleksitas pendekatannya dipuji-puji karena tidak dipahami Awam. “Saya dapat menyatakan teori ini kepada Anda dalam satu kalimat, Teori ini mengenai hubungan antara listrik dan gravitasi.” kutip wartawan dari kata-kata Einstein. “Einstein juga memberikan pujian kepada Eddington dengan mengatakan, “Teori ini berdasarkan teori astronom Inggris.” Einstein memperjelas tujuannya dalam artikel susulan, bahwa tujuannya bukan hanya penyatuan, melainkan juga mencari cara mengatasi ketidakpastian dan probabilitas dalam teori kuantum. Pencarian tersebut dinyatakan dengan jelas dalam salah satu judul makalah pada 1923, “Does the Field Theory Offer Possibilities for the Solution of Quanta Problems?