Ringkasan Hasil Penelitian Terbaik Pada Bulan Desember 2017 – Januari 2018

Setiap akhir pekan, situs web Science-X membuat ringkasan hasil penelitian terbaik yang telah dipublikasikan pada pekan tersebut. Science-X adalah sebuah situs web penyedia informasi berkualitas tinggi yang melaporkan hasil penelitian (meliputi sains, teknologi, dan medis[1]). Contohnya saja pada minggu ketiga bulan Januari 2018 terdapat tiga penelitian terbaik, yakni dampak lingkungan dari oven microwave, decoding pikiran, dan penularan flu melalui pernapasan. Pada artikel ini akan disampaikan ringkasan hasil penelitian terbaik pada bulan Desember 2017 – Januari 2018.

Gambar 1. Ilustrasi sebuah lubang hitam (Black Hole)[1]

Ruang angkasa

Pada 8 Desember 2017, terbit makalah berjudul “A precise measurement of the magnetic field in the corona of the black hole binary V404 Cygni” yang ditulis oleh tim ilmuwan dari berbagai institusi dan dipimpin oleh Chris Packham. Beliau adalah profesor fisika dan astronomi di Universitas Texas di San Antonio (UTSA). Hasil dari makalahnya menyatakan bahwa untuk pertama kalinya ilmuan berhasil mengamati medan magnet dari lubang hitam yang ada di galaksi bimasakti (tempat bumi berada) dari beberapa spektrum panjang gelombang[1][2][3].

Pada tanggal 20 Januari 2018, terbit artikel yang berjudul “Meteorite hunters find first fragments of Michigan meteor” di phys.org yang menyatakan bahwa para pencari meteorit menemukan sebuah fragmen pertama dari batu meteor Michigan yang meledak dilangit akibat dari gesekan atmosfir dekat Detroit, Amerika Serikat[1][4].

Gambar 2. Bagian dari pecahan batu meteor Michigan[4]

Lingkungan

Sebuah tim periset Internasional dari Universitas Queensland dan WCS menerbitkan makalah penelitian di Nature Ecology & Evolution pada tanggal 18 Januari 2018 berjudul “The contribution of predators and scavengers to human well-being“. Dalam makalah tersebut menyatakan bahwa jasa atau simbiosis antara manusia dengan hewan-hewan seperti burung pemakan bangkai dan kelelawar menjadi berubah drastis (tidak stabil) apabila mereka tidak lagi tinggal disatu lokasi dengan pemukiman manusia[5][6].

Pada 17 Januari 2018, sebuah tim peneliti dari Universitas Manchester menerbitkan artikel di phys.org berjudul “Microwaves could be as bad for the environment as cars, suggests new research” yang menyatakan bahwa oven microwave bisa berdampak buruk bagi lingkungan seperti halnya mobil karena sama-sama menghasilkan karbon dioksida[7].

Pada tanggal 15 Januari 2018 tim riset dari Universitas Toronto menerbitkan sebuah makalah di Nature Catalysis berjudul “Catalyst electro-redeposition controls morphology and oxidation state for selective carbon dioxide reduction” menyatakan bahwa mereka telah menemukan katalis baru untuk mendaur ulang karbon dioksida menjadi plastik yang sudah umum kita kenal yakni polietilen (PE) [8][9]. PE merupakan plastik yang transparan, fleksibel, mempunyai kekuatan, dan kelenturan yang baik.

Gambar 3. Oven Microwave[8]

Teknologi

Pada tanggal 30 Desember 2017, para peneliti dari Advanced Telecommunications Research Institute International dan Universitas Kyoto Jepang menerbitkan sebuah makalah di bioRxiv berjudul “Deep image reconstruction from human brain activity“. Dalam makalah yang mereka tulis, dinytakan bahwa mereka telah berhasil membuat suatu metode untuk memecahkan kode pikiran manusia menggunakan data dari input mesin fMRI dan kemudian diproses melalui jaringan saraf tiruan. Tujuannya adalah untuk menghasilkan gambar digital dari hasil pikiran manusia [10][11].

Pada tanggal 18 januari 2018 tim dari Universitas Michigan juga menerbitkan makalah di Nature berjudul “Centimetre-scale electron diffusion in photoactive organic heterostructures” menyatakan bahwa mereka mambuat terobosan untuk memindahkan elektron di dalam semikonduktor yang bisa menjadi sel surya organik[12][13].

Gambar 4. Membaca pikiran manusia dan menampilkannya kedalam citra gambar komputer[12]

Kemudian, pada tanggal 16 Januari 2018 terbit makalah yang dihasilkan dari studi selama 30 tahun oleh Perusahaan Kesehatan Kaiser Permanente berjudul “Lactation Duration and Progression to Diabetes in Women Across the Childbearing Years“. Pada makalah yang ditulis oleh Erica P. Gunderson et al tersebut menyatakan bahwa wanita yang menyusui bayinya selama enam bulan atau lebih dapat mengurangi risiko diabates hingga hampir 50%[14][15]. Dan juga, sebuah tim penelitian internasional menerbitkan makalah di Nature berjudul “An extracellular network of Arabidopsisleucine-rich repeat receptor kinases” menyatakan bahwa mereka melakukan sebuah terobosan penelitian tentang bagaimana tanaman dapat merasakan/mengindra dunia melalui membran protein[16][17].

Medis

Pada tanggal 3 Januari 2018, sebuah tim penelitian yang dilakukan oleh Jing Yan et al yang makalahnya diterbitkan di BioRxiv berjudul “Infectious virus in exhaled breath of symptomatic seasonal influenza cases from a college community“. Pada makalah mereka, dinyatakan bahwa virus flu influenza musiman dapat menyebar hanya karena bernafas, bukan karena batuk atau bersin. Oleh karena itu, bagi yang telah terinfeksi flu disarankan untuk beristirahat dirumah saja hingga sembuh[1][18][19].

Demikianlah hasil rekap dari hasil penelitian terbaik pada bulan Desember 2017 dan Januari 2018. Semoga artikel yang saya tulis ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan pembaca yang budiman. Berikut adalah infografis yang merangkum hasil penelitian terbaik pada bulan Desember 2017 dan Januari 2018.

Referensi:

1. Yirka, Bob. 2018. “Best of Last Week – Environmental impact of microwave ovens, decoding thoughts and flu transmission via breathing“. Science-X, 22 januari 2018 (https://sciencex.com/news/2018-01-week-environmental-impact-microwave-ovens.html) diakses pada tanggal 23 Januari 2018
  2. Carver, Joanna. 2018. “New research challenges existing models of black holes“. Phys.org, 19 Januari 2018 (https://phys.org/news/2018-01-black-holes.html) diakses pada tanggal 23 Januari 2018
  3. Report. 2017. “A precise measurement of the magnetic field in the corona of the black hole binary V404 Cygni“. Science, 8 Desember 2017 (http://science.sciencemag.org/content/358/6368/1299) diakses pada tanggal 23 Januari 2018