Ruang Anechoic: Pengertian, Konstruksi, dan Aplikasinya

Ruang anechoic, juga dikenal sebagai ruang bebas gema, merupakan perpaduan luar biasa antara rekayasa bangunan dan akustik.

blank

Ruang anechoic, juga dikenal sebagai ruang bebas gema, merupakan perpaduan luar biasa antara rekayasa bangunan dan akustik. Ruang khusus ini dirancang untuk menyerap gelombang suara dan gelombang elektromagnetik sepenuhnya, menciptakan lingkungan tanpa gema, pantulan, dan kebisingan eksternal. Mari telusuri dunia menarik ruang anechoic dan jelajahi berbagai aplikasinya.

Konstruksi dan Desain

Sebagaimana tersirat dari namanya, ruang anekoik dirancang untuk sepenuhnya menyerap gelombang suara dan elektromagnetik. Meskipun strukturnya mirip dengan ruangan konvensional, perbedaannya terletak pada pelapisan material berdaya serap tinggi di seluruh dinding ruangan. Lapisan tersebut, yang disebut sebagai wedges, memiliki bentuk seperti kumpulan piramida dengan puncak yang mengarah ke pusat ruangan. Dengan kombinasi material dan struktur lapisan ini, ruang anekoik dapat mencegah pantulan gelombang suara dari dalam ruangan dan menghindari gangguan suara dari luar. Interval frekuensi gelombang yang diisolasi ditentukan oleh volume ruangan dan ukuran wedges, sehingga setiap ruangan memiliki desain yang unik sesuai karakteristiknya.

Ruang anechoic dibuat dengan cermat dengan bahan yang meminimalkan pantulan suara. Dinding, lantai, dan langit-langit biasanya dilapisi dengan wedges. Desain ini memastikan gelombang suara yang masuk ke ruangan diserap dengan cepat yang dapat mencegah interferensi atau pantulan bunyi dan gelombang elektromagnetik.

Isolasi Akustik

Tujuan utama ruang anechoic adalah mengisolasi lingkungan dari sumber suara eksternal. Hal ini penting untuk eksperimen ilmiah yang tepat, pengujian audio, dan penelitian di bidang akustik, telekomunikasi, dan antariksa. Absennya atau tidak adanya kebisingan latar belakang memungkinkan peneliti untuk melakukan eksperimen dengan akurasi yang tinggi, memastikan bahwa hasilnya tidak dipengaruhi oleh faktor eksternal. Eksperimen yang dimaksud misalnya suatu perusahaan otomotif ingin mengetahui berapa persen tingkat absorbsi  suatu material terhadap suara.

Aplikasi dalam Pengujian Audio

Ruang anechoic memainkan peran kunci dalam pengujian audio, terutama di industri telekomunikasi dan elektronika. Produsen menggunakan ruangan ini untuk mengevaluasi kinerja speaker, mikrofon, dan perangkat audio lainnya dalam lingkungan akustik yang terkendali. Dengan menghilangkan interferensi eksternal, insinyur dapat mengukur dengan akurat kemampuan sebenarnya dari perangkat-perangkat tersebut.

Penelitian Antariksa

Di ranah antariksa, ruang anechoic menjadi tak tergantikan untuk menguji komponen pesawat terbang. Ruangan ini mensimulasikan kondisi luar angkasa, di mana gelombang suara tidak merambat dengan cara yang sama seperti di atmosfer Bumi. Insinyur antariksa menggunakan ruang anechoic untuk menilai karakteristik akustik komponen pesawat terbang, memastikan bahwa mereka memenuhi standar ketat untuk peredaman kebisingan.

Pengujian Kompatibilitas Elektromagnetik

Selain aplikasi akustiknya, ruang anechoic juga digunakan untuk pengujian kompatibilitas elektromagnetik (EMC). Di ruangan ini, bahan penyerap frekuensi radio diintegrasikan untuk mensimulasikan lingkungan bebas interferensi elektromagnetik. Hal ini penting untuk memastikan bahwa perangkat elektronik beroperasi dengan efisien tanpa interferensi dari sumber elektromagnetik eksternal.

Penelitian Akademis

Ruang anechoic tidak terbatas pada aplikasi industri; ruang tersebut juga menjadi alat berharga dalam penelitian akademis. Peneliti di berbagai disiplin ilmu menggunakan ruangan ini untuk melakukan eksperimen dalam lingkungan akustik yang terkendali, meningkatkan pemahaman kita tentang suara, getaran, dan fenomena elektromagnetik.

Baca juga: Tabung Impedansi: Prinsip, Cara Kerja, dan Kegunaan [Lengkap] – Warung Sains Teknologi (warstek.com)

Ruang Anechoic di Indonesia

Ruangan anechoic terbesar di Indonesia ada di Institut Teknologi Bandung (ITB). Proses pembangunan ruangan tersebut didelegasikan kepada IAC Acoustics Australia, sebuah perusahaan terkemuka di dunia yang fokus pada bidang akustik. Proses pengerjaannya melibatkan tahap-tahap kompleks, mulai dari perencanaan ruangan, konstruksi fisik, hingga pengiriman desain ruangan kepada perancang wedges. Wedges tersebut diproduksi di Tiongkok dan dikirimkan ke ITB, di mana proses pemasangan memakan waktu sekitar 3,5 bulan. Tak heran beberapa universitas yang mencoba proyek serupa mengalami kegagalan karena persiapan yang rumit. Selain itu, calon pengguna anechoic chamber juga harus menjalani pelatihan yang diberikan oleh teknisi dari IAC Acoustics Australia sebelum dapat menggunakan ruangan tersebut dengan baik.

Kesimpulan

Ruang anechoic ditujukan untuk mendapatkan kondisi tanpa gangguan bunyi eksternal, memungkinkan penelitian dan eksperimen ilmiah yang tepat di berbagai bidang. Dari pengujian audio hingga penelitian antariksa, ruangan ini menyediakan sumber daya tak ternilai untuk mencapai akurasi dan kehandalan dalam penelitian ilmiah, mendorong batas pengetahuan dan inovasi teknologi.

Referensi

  1. https://www.itb.ac.id/berita/anechoic-chamber-itb-ruangan-tanpa-gema-terbesar-di-indonesia/5135 diakses pada 27 Januari 2024
  2. Xu, Q. and Huang, Y., 2019. Anechoic and Reverberation Chambers: Theory, Design, and Measurements.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *