WARSTEK Edu

Edisi ini berisi kuliah yang berkesinambungan bertujuan untuk berbagi ilmu seluas-luasnya.

Kuliah yang tersedia:

Sedang berjalan

Ensiklopedia Fotonika oleh Nur Abdillah Siddiq
Tidak lama lagi pemrosesan sinyal di dalam peralatan komputer kita akan ditransmisikan dan dideteksi secara optik yang disebut dengan komputer kuantum. Sebagaimana serat optik yang secara berangsur-angsur menggantikan kabel tembaga, maka akan menjadi suatu kebutuhan agar komponen pada peralatan dan jaringan elektronik digantikan dengan komponen optik yang setara seperti splitter, filter, router, dan switches. Oleh karena itu sangatlah penting mempelajari ilmu optik dan fotonika agar kita dapat terus inline dengan kemajuan di bidang teknologi. Pada kuliah ini akan dijelaskan tentang motivasi mempelajari ilmu fotonika, komponen-komponen yang digunakan, proses fabrikasi, karakterisasi, dan aplikasi dari ilmu fotonika.

Saat ini peradaban manusia sedang memasuki era “Integrated Photonics”

Akan datang

Neraca Massa oleh Abdul Halim
Contoh kasus dalam skala industri, jika misalkan anda hendak membuat pabrik gula dengan kapasitas produksi setiap hari sebesar 100 ton. Maka anda perlu tahu berapa jumlah
tebu, air, kapur dan zat kimia lain yang dibutuhkan dan berapa limbah yang akan dibuang tiap hari. Contoh kasus dalam rumah tangga, jika anda diminta untuk menyiapkan
nasi goreng untuk 10 porsi. Maka anda juga akan berpikir, berapa jumlah nasi, telur, bawang, garam dan bumbu lain yang dibutuhkan?
Dalam kuliah ini akan dipelajari teknik-teknik menyelesaikan persoalan neraca massa dan energi yang rumit menjadi sederhana. Materi akan disampaikan dalam bentuk video dan tulisan