Fundamental

Astronomi, Sains Alam

Para astronom telah mengidentifikasi apa yang bisa menjadi dua blok bangunan terawal dari Galaksi Bima Sakti: Dinamakan “Shakti” dan “Shiva”, keduanya tampaknya merupakan sisa-sisa dari dua galaksi yang bergabung antara 12 dan 13 miliar tahun yang lalu dengan versi awal dari Galaksi Bima Sakti, berkontribusi pada pertumbuhan awal galaksi rumah kita.

Ilmuwan Mengidentifikasi Shakti dan Shiva: Jejak Awal Pembangunan Galaksi Bima Sakti Read Post »

Astronomi, Pilihan Editor

Halo semua, semoga di berikan kesehatan selalu, aamiin. Sebagaimana yang kita tahu bahwa di Tata Surya kita memiliki 8 planet yang mengorbit sebuah bintang, yaitu Matahari. Dari ke 8 planet ini, kita akan membahas salah satu planet di antaranya, yaitu planet Merkurius. Sebuah planet dengan lokasi terdekat dengan bintang induknya Matahari. Bagaimanakah fakta-fakta tentangnya? Simak ya.

Planet Merkurius: Pembentukan, Permukaan, Geologi, dan Fakta yang Harus Diketahui Read Post »

Total Lifetime Operating Cost
Keteknikan

Dalam dunia industri, sistem pengukuran yang handal dan akurat adalah pondasi utama untuk menjaga kualitas dan produktivitas. Namun, seringkali fokus hanya pada biaya awal pembelian peralatan pengukuran, tanpa mempertimbangkan biaya operasionalnya selama masa pakai. Untuk mengatasi ini, pendekatan Total Lifetime Operating Cost (TLOC) menjadi semakin penting.

Optimalisasi Finansial dengan Total Lifetime Operating Cost dalam Kajian Reliability Sistem Pengukuran Read Post »

Biologi

Dalam respons terhadap pandemi COVID-19, para ilmuwan sedang berusaha keras untuk menemukan cara yang efektif dalam mengatasi virus ini. Sebuah penemuan baru-baru ini telah dilaporkan dari hasil penelitian yang bertujuan untuk melawan SARS-CoV-2, yaitu virus penyebab COVID-19.

Terobosan Terbaru dalam Perang Melawan COVID-19: Desain Protein Baru untuk Menghambat Virus Read Post »

manajemen organisasi
Sosiologi

Perlunya Manajemen Organisasi Dalam Bermasyarakat

Manajemen dan organisasi sendiri memang tidak bisa lepas dari kehidupan bermasyarakat terutama untuk beberapa hal seperti profesi dan hal lainnya. Untuk itu penting sekali bagi kita untuk mempelajari manajemen organisasi yang baik. Sebelum kita membahas tentang manajemen organisasi, kita akan membahas pengertian manajemen dan organisasi. Simak ya.

Perlunya Manajemen Organisasi Dalam Bermasyarakat Read Post »

Kimia, Lingkungan

Ketika dibuang, barang-barang sekali pakai seperti popok dan pembalut sanitasi bisa memakan waktu ratusan tahun untuk terurai, karena bagian penyerap dan lapisan tahan airnya mengandung plastik dan polimer sintetis lainnya. Namun, para peneliti sekarang mengganti bahan-bahan ini dengan komponen berpori yang terbuat dari biomassa protein yang seringkali dibuang oleh industri makanan dan pertanian.

Mengubah Limbah Makanan Jadi Solusi Popok dan Pembalut Ramah Lingkungan Tanpa Plastik Read Post »

Astronomi, Sains Alam

Sebuah gambar baru yang dihasilkan oleh kolaborasi Teleskop Horizon Peristiwa, Event Horizon Telescope (EHT) telah mengungkapkan struktur medan magnetik yang kuat dan terorganisir di sekitar lubang hitam supermasif Sagittarius A* (Sgr A) di tengah-tengah Galaksi Bima Sakti. Dilihat dalam cahaya yang terpolarisasi, pandangan baru ini memberikan wawasan yang belum pernah terjadi sebelumnya tentang lubang hitam yang berada di pusat galaksi kita.

Menyingkap Rahasia Medan Magnetik di Tepi Lubang Hitam Supermasif Sgr A* di Galaksi Bima Sakti Read Post »

Kimia

Dalam penelitian yang baru-baru ini dilakukan, para ilmuwan telah berhasil mengembangkan sebuah teknologi revolusioner yang menghadirkan motor molekuler, yang seakan-akan bergerak seperti organisme mikroskopis ketika terpapar cahaya. Meskipun pada pandangan pertama, struktur motor ini terlihat seperti cacing mikroskopis yang hidup di lingkungan air, namun sebenarnya, mereka terdiri dari jaringan molekul yang telah dikristalkan dan memiliki kemampuan untuk melakukan gerakan yang terkoordinasi saat terpapar cahaya.

Motor Kristal Molekuler: Alat Kecil yang Berpotensi sebagai Robot Pengiriman Obat atau Arsitektur Arus Air di Bawah Perairan Read Post »

Fisika

Metode Baru untuk Mengukur Produksi Entropi pada Skala Nano

Entropi, konsep sentral dalam ilmu termodinamika, sering kali muncul dalam sistem-sistem tertentu tetapi sulit diukur secara langsung. Namun, penelitian terbaru dari Chalmers University of Technology dan Heinrich Heine University Düsseldorf telah menghadirkan terobosan baru dalam pemahaman tentang bagaimana entropi dihasilkan pada skala waktu yang sangat singkat dalam material-material yang disetrum oleh laser.

Metode Baru untuk Mengukur Produksi Entropi pada Skala Nano Read Post »

Kimia

Para peneliti di Duke University sedang mencari cara baru untuk mengembangkan bahan semikonduktor berbasis karbon yang dapat digunakan dalam teknologi elektronik masa depan. Mereka tertarik pada sebuah struktur mikroskopis yang disebut nanotube karbon, yang pada dasarnya adalah tabung kecil yang terbuat dari atom-atom karbon.

Menjelajahi Potensi Nanotube Karbon: Pendekatan Inovatif untuk Pengembangan Semikonduktor Elektronik Masa Depan Read Post »