Ketikkan topik yang ingin Anda pelajari

Ada lebih dari 1000 artikel. Misal: Genome Editing, Fotolitografi, Blackhole, dll

Artikel Terbaru

Yuk ikuti Warstek di Sosial Media

Ilmuwan Warga Menemukan Bintang Kerdil Kuno Dengan Cincin Membingungkan

Gambar 1: Ilustrasi LSPM J0207 + 3331, bintang katai putih kuno dengan cincin debu misterius. (Sumber: nasa.gov) Seorang ilmuwan warga atau relawan yang membantu mengerjakan penelitian pada proyek Backyard Worlds: Planet 9 yang dipimpin NASA telah menemukan bintang kerdil atau katai putih tertua dan terdingin yang diketahui, merupakan

Hilang Sejak 1981, Lebah Terbesar di Dunia Ditemukan di Indonesia

Gambar 1: Dr Simon Robson dengan lebah raksasa Wallace yang ditemukan di Maluku Utara, Indonesia. (Sumber: sydney.edu.au) Tim ilmuwan dan pelestari lingkungan telah mengumumkan penemuan lebah raksasa Wallace, lebah terbesar di dunia yang tidak pernah ditemukan lagi sejak tahun 1981, 38 tahun yang lalu di hutan hujan

Waspadai Pola Makan Kurang Serat

Jika diperhatikan para penjual jajanan disekitar kita maka dapat dipastikan beberapa pedagang pangan cepat saji turut serta diantaranya. Keberadaan pangan cepat saji tentu sangat memudahkan bagi mereka yang tidak sempat memasak di rumah karena segudang aktivitas yang padat. Namun kenyataannya tidak semua pangan cepat saji menyediakan nutrisi

Penemuan Jenis Baru Material Yang Bisa Menyembuhkan Diri Sendiri

Sebuah kelompok penelitian dari Lembaga Penelitian dan Pengembangan Nasional (RIKEN) Jepang dan Universitas Kyushu telah mengembangkan jenis bahan baru yang berbahan dasar etilen yang menunjukan kemampuan yang berguna seperti dapat menyembuhkan atau memulihkan diri sendiri dan memiliki ingatan bentuk. Hebatnya lagi, beberapa material bahkan dapat secara spontan

“Berkhayal atau Berhitung Dahulu?” Bentuk Keresahan Terhadap Sistem Pendidikan Indonesia Saat Ini

Membaca buku IPA karya Janice van Cleave atau Yohanes Surya, terpikir bahwasanya pelajaran pertama untuk ilmuwan masa depan adalah berkhayal. Sebagaimana ucapan Einsten bahwa khayalan atau imajinasi lebih penting dari ilmu pengetahuan. Tak kalah penting pula penguatan jiwa sebagaimana ucapan Einstein, lagi, bahwa agama tanpa ilmu lumpuh

Berencana Beli atau Jual Smartphone? Penelitian ini Ungkap Apa yang Perlu Dipertimbangkan

Smartphone bukan lagi menjadi bagian dari kebutuhan tersier. Fungsinya berkembang pesat baik secara sosial, ekonomi dan budaya sehingga gawai (kata baku untuk gadget) ini tak bisa dilepaskan dari pola hidup masyarakat. Maka tak heran, kepemilikan telepon di negara berkembang mendekati 90%. Tingginya angka penetrasi tersebut mengakibatkan ketatnya

Riset Psikologi Terbaru Buktikan Bahwa Perempuan Lebih Baik dalam Hal Baca Tulis dibanding Laki-Laki

Oleh kebanyakan masyarakat Indonesia, keberhasilan siswa di sekolah masih dijadikan sebagai salah satu indikator kesuksesan hidup. Padahal faktanya kesuksesan tidak hanya bergantung pada keberhasilan belajar di sekolah. Perilaku, mentalitas, ketangguhan, networking, dll sangatlah berperan dalam kesuksesan hidup seseorang yang mana hal-hal tersebut tidak diajarkan di bangku sekolah.

Industri 4.0 – Menakar Kebermanfaatan dan Menjawab Tantangan

Berkenalan dengan Industri 4.0 Adakah kamu merasa kehidupan sehari-hari kita saat ini yang berhubungan dengan teknologi telah mengubah bagaimana kita berkoordinasi? Yang mungkin agak luput dari kesadaran kita adalah bagaimana teknologi kini membentuk perilaku yang tidak sama dengan orang tua kita terdahulu. Misalnya, bagaimana miliaran orang di dunia

Andrew Szydlo dan Hiskia Achmad – Pakar Demo Kimia

Zbigniew Andrew Szydlo atau Dr. Andrew Szydlo, DIC, ACGI, CChem, FRSC, lahir tahun 1949 di Inggris dari orang tua asal Polandia. Ia menempuh pendidikan sekolah di Latymer Upper School, lalu melanjutkankan ke Imperial College London dan University College London. Sampai saat ini semenjak tahun 1972 ia mengajar ilmu

Tips Kuliah dan Menjadi Ilmuwan Prestatif di Luar Negeri (Hasil Diskusi Bersama Peneliti Indonesia yang Mendunia)

Halo sahabat Warstek, pada artikel ini akan dipaparkan mengenai pengalaman penulis bertemu dengan seorang ilmuwan mendunia asal Indonesia yang memiliki jam terbang riset yang tinggi di luar negeri, baik dalam hal studi (menempuh S3/doktoral), maupun karena pekerjaannya sebagai peneliti (asisten postdoctoral research di Universitas Oxford dan bekerja di CERN). Pertemuan

9 Ilmuwan Terbaik Indonesia di Tahun 2018 (Bagian 2)

Pada bagian 1, telah dibahas tentang profil dan prestasi Internasional 3 ilmuwan terbaik Indonesia di tahun 2018 yakni  Suharyo Sumowidagdo, Irwandi Jaswir, dan Khoirul Anwar. Bagi yang belum membaca, silahkan klik link berikut > 9 Ilmuwan Terbaik Indonesia di Tahun 2018, Bagian 1. Nah pada artikel ini, Warstek akan melanjutkan 3 nama

9 Ilmuwan Terbaik Indonesia di Tahun 2018 (Bagian 1)

Tidak terasa kita telah masuk ke penghujung tahun 2018. Perkembangan dunia IPTEK di Indonesia selama tahun 2018 berkembang dengan sangat dinamis, dari diterbitkannya artikel ilmiah tentang “keajaiban” Suku Bajau Indonesia di jurnal Cell [1], ditemukannya lukisan tertua di dunia (berusia 52.000 tahun) berbentuk sapi di dinding gua

Notulensi Diskusi Daring Bersama Pakar (Siringmakar)

Siringmakar 20: “Plasmonics – Ketika Elektronika dan Fotonika Bersatu”

Pemateri: Nur Abdillah Siddiq Moderator: Wayan Dadang Pendahuluan Menurut Hukum Moore, jumlah transistor dalam sebuah chip akan berlipat ganda setiap dua tahun. Penggandaan ini menghasilkan lebih banyak fitur, peningkatan kinerja, dan penurunan biaya untuk setiap transistor. Namun seiring dengan kian mengecilnya ukuran transistor, permasalahan fundamental seperti panas, laju transmisi data yang rendah,

Siringmakar 19: “Kiat Kuliah di Luar Negeri bersama Buah Hati”

Pendahuluan

Banyak orang yang setuju bahwa kuliah ke luar negeri memiliki banyak manfaat. Tetapi banyak juga yang akhirnya mengurungkan niat untuk kuliah ke luar negeri  karena banyak pertimbangan, misalnya pada perempuan yang telah memiliki anak.

Siringmakar 18: “Prospek Berkarir Bidang Nuklir di Indonesia”