Ketikkan topik yang ingin Anda pelajari

Ada lebih dari 1000 artikel. Misal: Genome Editing, Fotolitografi, Blackhole, dll

Artikel Terbaru

Yuk ikuti Warstek di Sosial Media

Caulobacter ethensis-2.0 : Bakteri Buatan Pertama di Dunia

Pernahkah anda menonton film Jurassic Park? Jika anda perhatikan secara detail, dalam film Jurassic Park ada suatu adegan dimana Ilmuwan berhasil menkloning dinosaurus melalui DNA dari fosilnya. Selain itu, pada film terbarunya yang berjudul Jurassic World : Fallen Kingdom, klon dari dinosaurus tersebut dapat ditingkatkan kemampuan dan kekuatannya

Kayu Manis sebagai Suplemen Tambahan bagi Penderita Diabetes Mellitus Tipe 2

Diabetes mellitus (DM) merupakan penyakit kelainan metabolik dengan karakteristik peningkatan kadar glukosa darah (hiperglikemia) yang terjadi akibat kelainan produksi insulin, kelainan kerja insulin, atau keduanya. (1). Kemampuan tubuh untuk bereaksi dengan insulin dapat menurun pada pasien DM, keadaan ini dapat menimbulkan komplikasi baik segera (akut) maupun jangka

Cahaya Yang Menajubkan, Sungguh Indah Rancangan-Nya

Cahaya merupakan perambatan gelombang elektromagnetik yang dapat dilihat langsung oleh mata manusia, karenanya cahaya seperti ini disebut sebagai cahaya tampak. Sebagian “cahaya” yang lain tidak dapat dilihat oleh mata biasa, seperti cahaya inframerah dan cahaya ultraviolet. Cahaya timbul karena pelepasan foton akibat proses fisika maupun kimia. Sebuah

Ilmuwan Berhasil Memproduksi Biobutanol dari Asam Amino, Akankah Biobutanol Menjadi Solusi Pengganti Bahan Bakar Fosil?

Bahan bakar fosil merupakan bahan bakar yang paling sering kita gunakan saat ini. Akan tetapi, di saat yang bersamaan bahan bakar fosil juga merupakan sumber pencemar yang paling berat. Tidak hanya itu, bahan bakar fosil juga dipercaya sebagai salah satu pelaku utama penyebab pemanasan global saat

“Berkhayal atau Berhitung Dahulu?” Bentuk Keresahan Terhadap Sistem Pendidikan Indonesia Saat Ini

Membaca buku IPA karya Janice van Cleave atau Yohanes Surya, terpikir bahwasanya pelajaran pertama untuk ilmuwan masa depan adalah berkhayal. Sebagaimana ucapan Einsten bahwa khayalan atau imajinasi lebih penting dari ilmu pengetahuan. Tak kalah penting pula penguatan jiwa sebagaimana ucapan Einstein, lagi, bahwa agama tanpa ilmu lumpuh

Berencana Beli atau Jual Smartphone? Penelitian ini Ungkap Apa yang Perlu Dipertimbangkan

Smartphone bukan lagi menjadi bagian dari kebutuhan tersier. Fungsinya berkembang pesat baik secara sosial, ekonomi dan budaya sehingga gawai (kata baku untuk gadget) ini tak bisa dilepaskan dari pola hidup masyarakat. Maka tak heran, kepemilikan telepon di negara berkembang mendekati 90%. Tingginya angka penetrasi tersebut mengakibatkan ketatnya

Riset Psikologi Terbaru Buktikan Bahwa Perempuan Lebih Baik dalam Hal Baca Tulis dibanding Laki-Laki

Oleh kebanyakan masyarakat Indonesia, keberhasilan siswa di sekolah masih dijadikan sebagai salah satu indikator kesuksesan hidup. Padahal faktanya kesuksesan tidak hanya bergantung pada keberhasilan belajar di sekolah. Perilaku, mentalitas, ketangguhan, networking, dll sangatlah berperan dalam kesuksesan hidup seseorang yang mana hal-hal tersebut tidak diajarkan di bangku sekolah.

Industri 4.0 – Menakar Kebermanfaatan dan Menjawab Tantangan

Berkenalan dengan Industri 4.0 Adakah kamu merasa kehidupan sehari-hari kita saat ini yang berhubungan dengan teknologi telah mengubah bagaimana kita berkoordinasi? Yang mungkin agak luput dari kesadaran kita adalah bagaimana teknologi kini membentuk perilaku yang tidak sama dengan orang tua kita terdahulu. Misalnya, bagaimana miliaran orang di dunia

Andrew Szydlo dan Hiskia Achmad – Pakar Demo Kimia

Zbigniew Andrew Szydlo atau Dr. Andrew Szydlo, DIC, ACGI, CChem, FRSC, lahir tahun 1949 di Inggris dari orang tua asal Polandia. Ia menempuh pendidikan sekolah di Latymer Upper School, lalu melanjutkankan ke Imperial College London dan University College London. Sampai saat ini semenjak tahun 1972 ia mengajar ilmu

Tips Kuliah dan Menjadi Ilmuwan Prestatif di Luar Negeri (Hasil Diskusi Bersama Peneliti Indonesia yang Mendunia)

Halo sahabat Warstek, pada artikel ini akan dipaparkan mengenai pengalaman penulis bertemu dengan seorang ilmuwan mendunia asal Indonesia yang memiliki jam terbang riset yang tinggi di luar negeri, baik dalam hal studi (menempuh S3/doktoral), maupun karena pekerjaannya sebagai peneliti (asisten postdoctoral research di Universitas Oxford dan bekerja di CERN). Pertemuan

9 Ilmuwan Terbaik Indonesia di Tahun 2018 (Bagian 2)

Pada bagian 1, telah dibahas tentang profil dan prestasi Internasional 3 ilmuwan terbaik Indonesia di tahun 2018 yakni  Suharyo Sumowidagdo, Irwandi Jaswir, dan Khoirul Anwar. Bagi yang belum membaca, silahkan klik link berikut > 9 Ilmuwan Terbaik Indonesia di Tahun 2018, Bagian 1. Nah pada artikel ini, Warstek akan melanjutkan 3 nama

9 Ilmuwan Terbaik Indonesia di Tahun 2018 (Bagian 1)

Tidak terasa kita telah masuk ke penghujung tahun 2018. Perkembangan dunia IPTEK di Indonesia selama tahun 2018 berkembang dengan sangat dinamis, dari diterbitkannya artikel ilmiah tentang “keajaiban” Suku Bajau Indonesia di jurnal Cell [1], ditemukannya lukisan tertua di dunia (berusia 52.000 tahun) berbentuk sapi di dinding gua

Notulensi Diskusi Daring Bersama Pakar (Siringmakar)

Siringmakar 21: “Baby Blues, apa dan bagaimana penanganannya?”

Pemateri: Hilda Meriyandah (Dosen Institut Kesehatan Indonesia) Moderator: Wayan Dadang   Diskusi Apa itu Baby blues? Baby blues adalah sindrom yang umumnya terjadi pada wanita pasca melahirkan. Biasanya terjadi di hari ke-4 atau 5 dan akan menghilang setelah 2 (dua) minggu. Munculnya pun sesekali, misalnya dalam sehari

Siringmakar 20: “Plasmonics – Ketika Elektronika dan Fotonika Bersatu”

Pemateri: Nur Abdillah Siddiq Moderator: Wayan Dadang Pendahuluan Menurut Hukum Moore, jumlah transistor dalam sebuah chip akan berlipat ganda setiap dua tahun. Penggandaan ini menghasilkan lebih banyak fitur, peningkatan kinerja, dan penurunan biaya untuk setiap transistor. Namun seiring dengan kian mengecilnya ukuran transistor, permasalahan fundamental seperti panas, laju transmisi data yang rendah,

Siringmakar 19: “Kiat Kuliah di Luar Negeri bersama Buah Hati”

Pendahuluan

Banyak orang yang setuju bahwa kuliah ke luar negeri memiliki banyak manfaat. Tetapi banyak juga yang akhirnya mengurungkan niat untuk kuliah ke luar negeri  karena banyak pertimbangan, misalnya pada perempuan yang telah memiliki anak.

Video Warstek di YouTube