Berawal dari Ketidaksengajaan, Kelompok Peneliti ini Berhasil Membuat Perban yang Mampu Menghentikan Pendarahan tanpa Menempel pada Luka

Perban Terbaru buatan Peneliti ETH Zurich yang terdiri atas silikon dan carbon nanofibre, Sumber : Li, 2019

Terkadang dalam sebuah penelitian, hasil yang diperoleh tidak selalu sama dengan yang diharapkan. Hal ini juga berlaku pada sekelompok ilmuwan ETH Zurich dan National University of Singapore (NUS). Namun siapa sangka, justru dari kesalahan tersebut muncul sebuah inovasi baru yang dapat memberikan perubahan dalam dunia medis. >>>

Baca Selengkapnya

Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC), Dapatkah Kurangi Hujan Jabodetabek?

Gambar 1. Proses TMC Dengan Menggunakan Pesawat

Gambar 1. Proses Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) dengan Menggunakan Pesawat

Musim hujan di awal tahun 2020 ini memang cukup menghawatirkan. Cuaca ekstrem ditambah banjir disana sini membuat masyarakat Indonesia dilanda keresahan. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi bahwa wilayah Jabodetabek dan sekitarnya berpotensi mengalami hujan lebat pada 17 Januari 2020 sampai dengan 23 Januari 2020. >>>

Baca Selengkapnya

Ilmuwan Temukan Penyebab dan Cara Atasi Lou Gehrig Disease: Penyakit Langka yang Diderita Stephen Hawking dan Stephen Hillenburg

Stephen Hawking, Sumber : MotivationGrid

Apakah kamu mengenal Lou Gehrig? Lou Gehrig merupakan seorang atlet baseball terkenal pada masanya. Namun secara menyedihkan beliau harus mengakhiri masa kejayaannya pada tahun 1939 ketika dirinya didiagnosa terkena penyakit yang sangat langka terjadi. Pensiunnya Lou Gehrig membuat semua mata tertuju pada penyakit itu. Sehingga akhirnya penyakit tersebut dikenal di kalangan masyarakat sebagai Lou Gehrig disease[1]>>>

2019 Menjadi Tahun Terpanas Kedua Sepanjang Empat Dekade

Tahun 2019 tercatat dalam sejarah sebagai tahun terpanas kedua setelah tahun 2016. Fakta tersebut diungkapkan oleh NASA dan NOAA bersamaan dengan dirilisnya laporan mengenai kondisi iklim global tahun 2019.

Kenaikan Temperatur