Ketikkan topik yang ingin Anda pelajari

Ada lebih dari 1000 artikel. Misal: Genome Editing, Fotolitografi, Blackhole, dll

Artikel Terbaru

Yuk ikuti Warstek di Sosial Media

Ilmuwan Mengonfirmasi bahwa Matahari akan Mengalami Kristalisasi Pada Fase Katai Putih

Dilansir dari Laman Nature, baru-baru ini tepatnya pada tanggal 9 Januari 2019 sekelompok Tim Peneliti dari Universitas Warwick telah berhasil menemukan bukti bahwa Bintang Katai Putih (White Dwarf) mengalami proses Kristalisasi (mengalami pendinginan dan menjadi bola kristal padat). Observasi telah membuktikan bahwa sisa Bintang Mati termasuk Matahari akan menjadi

Serbuk Inovatif yang Mampu Kurangi Emisi Gas CO2

Sering mengalami antrean bahkan kemacetan ketika berpergian menggunakan kendaraan bermotor? Pasti hal itu sangat membosankan. Ternyata peningkatan jumlah kendaraan bermotor tidak hanya menimbulkan dampak kebosanan pada sang pengendara saja. Tetapi juga berdampak pada kesehatan dan kerusakan lingkungan. Kok bisa? Ya, kendaraan bermotor yang kita naiki menggunakan bahan

Dari Kosmetik hingga Antikanker, Yuk Kenali Manfaat Exopolysaccharides (EPS)

Mikroba merupakan makhluk kecil yang memberikan banyak manfaat untuk manusia. Sebagian besar makanan dan obat diciptakan dengan bantuan makhluk-makhluk mungil ini. Oleh karena itu, banyak ilmuwan yang tertarik untuk meneliti dan memanfaatkan mikroba dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu penelitian yang sedang hangat dibicarakan saat ini adalah Microbial

Apakah Partikel Tuhan adalah Partikel Penyusun Tuhan?

Sebelum membahas tentang Partikel Tuhan, apa sih itu partikel ? Dalam ilmu fisika, partikel (atau korpuskula dalam teks yang lebih tua) adalah objek terlokalisasi kecil yang dapat memiliki beberapa sifat fisik atau kimia seperti volume atau massa. Partikel juga merupakan benda atau bagian benda yang sangat kecil dan berdimensi. Contoh

“Berkhayal atau Berhitung Dahulu?” Bentuk Keresahan Terhadap Sistem Pendidikan Indonesia Saat Ini

Membaca buku IPA karya Janice van Cleave atau Yohanes Surya, terpikir bahwasanya pelajaran pertama untuk ilmuwan masa depan adalah berkhayal. Sebagaimana ucapan Einsten bahwa khayalan atau imajinasi lebih penting dari ilmu pengetahuan. Tak kalah penting pula penguatan jiwa sebagaimana ucapan Einstein, lagi, bahwa agama tanpa ilmu lumpuh

Berencana Beli atau Jual Smartphone? Penelitian ini Ungkap Apa yang Perlu Dipertimbangkan

Smartphone bukan lagi menjadi bagian dari kebutuhan tersier. Fungsinya berkembang pesat baik secara sosial, ekonomi dan budaya sehingga gawai (kata baku untuk gadget) ini tak bisa dilepaskan dari pola hidup masyarakat. Maka tak heran, kepemilikan telepon di negara berkembang mendekati 90%. Tingginya angka penetrasi tersebut mengakibatkan ketatnya

Riset Psikologi Terbaru Buktikan Bahwa Perempuan Lebih Baik dalam Hal Baca Tulis dibanding Laki-Laki

Oleh kebanyakan masyarakat Indonesia, keberhasilan siswa di sekolah masih dijadikan sebagai salah satu indikator kesuksesan hidup. Padahal faktanya kesuksesan tidak hanya bergantung pada keberhasilan belajar di sekolah. Perilaku, mentalitas, ketangguhan, networking, dll sangatlah berperan dalam kesuksesan hidup seseorang yang mana hal-hal tersebut tidak diajarkan di bangku sekolah.

Industri 4.0 – Menakar Kebermanfaatan dan Menjawab Tantangan

Berkenalan dengan Industri 4.0 Adakah kamu merasa kehidupan sehari-hari kita saat ini yang berhubungan dengan teknologi telah mengubah bagaimana kita berkoordinasi? Yang mungkin agak luput dari kesadaran kita adalah bagaimana teknologi kini membentuk perilaku yang tidak sama dengan orang tua kita terdahulu. Misalnya, bagaimana miliaran orang di dunia

Tips Kuliah dan Menjadi Ilmuwan Prestatif di Luar Negeri (Hasil Diskusi Bersama Peneliti Indonesia yang Mendunia)

Halo sahabat Warstek, pada artikel ini akan dipaparkan mengenai pengalaman penulis bertemu dengan seorang ilmuwan mendunia asal Indonesia yang memiliki jam terbang riset yang tinggi di luar negeri, baik dalam hal studi (menempuh S3/doktoral), maupun karena pekerjaannya sebagai peneliti (asisten postdoctoral research di Universitas Oxford dan bekerja di CERN). Pertemuan

9 Ilmuwan Terbaik Indonesia di Tahun 2018 (Bagian 2)

Pada bagian 1, telah dibahas tentang profil dan prestasi Internasional 3 ilmuwan terbaik Indonesia di tahun 2018 yakni  Suharyo Sumowidagdo, Irwandi Jaswir, dan Khoirul Anwar. Bagi yang belum membaca, silahkan klik link berikut > 9 Ilmuwan Terbaik Indonesia di Tahun 2018, Bagian 1. Nah pada artikel ini, Warstek akan melanjutkan 3 nama

9 Ilmuwan Terbaik Indonesia di Tahun 2018 (Bagian 1)

Tidak terasa kita telah masuk ke penghujung tahun 2018. Perkembangan dunia IPTEK di Indonesia selama tahun 2018 berkembang dengan sangat dinamis, dari diterbitkannya artikel ilmiah tentang “keajaiban” Suku Bajau Indonesia di jurnal Cell [1], ditemukannya lukisan tertua di dunia (berusia 52.000 tahun) berbentuk sapi di dinding gua

Nursaka, Potret Anak Perbatasan Indonesia-Malaysia yang Dapat Menata Motivasimu

Nursaka (8), bocah SD asal Indonesia yang melintasi perbatasan Indonesia-Malaysia setiap hari demi bersekolah. Dia tinggal bersama keluarganya di di Tebedu, Malaysia, dan berangkat ke sekolah setiap hari di Entikong, Indonesia. (KOMPAS.com) Nursaka, anak 8 tahun yang setiap harinya harus melintasi dua negara agar dapat bersekolah. Anak

Notulensi Diskusi Daring Bersama Pakar (Siringmakar)

Siringmakar 20: “Plasmonics – Ketika Elektronika dan Fotonika Bersatu”

Pemateri: Nur Abdillah Siddiq Moderator: Wayan Dadang Pendahuluan Menurut Hukum Moore, jumlah transistor dalam sebuah chip akan berlipat ganda setiap dua tahun. Penggandaan ini menghasilkan lebih banyak fitur, peningkatan kinerja, dan penurunan biaya untuk setiap transistor. Namun seiring dengan kian mengecilnya ukuran transistor, permasalahan fundamental seperti panas, laju transmisi data yang rendah,

Siringmakar 19: “Kiat Kuliah di Luar Negeri bersama Buah Hati”

Pendahuluan

Banyak orang yang setuju bahwa kuliah ke luar negeri memiliki banyak manfaat. Tetapi banyak juga yang akhirnya mengurungkan niat untuk kuliah ke luar negeri  karena banyak pertimbangan, misalnya pada perempuan yang telah memiliki anak.

Siringmakar 18: “Prospek Berkarir Bidang Nuklir di Indonesia”