Ketikkan topik yang ingin Anda pelajari

Ada lebih dari 1000 artikel. Misal: Genome Editing, Fotolitografi, Blackhole, dll

Artikel Pilihan Editor

Mengenal Rizal Fajar Hariadi: Ilmuwan Biologi dan Fisika di Arizona State University

Rizal Fajar Hariadi adalah ilmuwan biologi dan fisika yang berpengalaman dan berkomitmen tinggi membantu mahasiswa dalam perjalanan penelitian mereka.  Sebagai Asisten Profesor Jurusan Fisika dan Biodesign Institute di Arizona State University sejak 2016, Rizal melakukan penelitian bersama mahasiswanya di BIOMAN Lab (Biomolecular Mechanics And Nanotechnology Laboratory). Kerja

Sekapur Sirih Fisika; Pengantar Menuju Dunia Takhingga

Pertanyaan paling mendasar yang acap kali mengusik pikiran kita ialah: Dari manakah alam semesta berasal, dan ke manakah semesta akan pergi? Bagaimana dan mengapa semesta ada? Semesta ini abadi atau akan berakhir? Seandainnya berakhir, bagaimanakah semesta berakhir? Apakah semesta mempunyai awal? Seandainya semesta memiliki suatu awal, apa

Klaim He Jiankui: Apakah ‘Bayi CRISPR’ Sudah Resisten terhadap Infeksi HIV?

He Jiankui menjelaskan hasil penelitiannya mengenai ‘Bayi CRISPR’ melalui saluran Youtube laboratoriumnya, The He Lab, berikut ini videonya: Dunia baru saja digempakan dengan klaim ilmuwan asal tingkok, bernama He Jiankui. He mengklaim bahwa dirinya telah melakukan rekayasa genetika pada embrio menggunakan CRISPR/Cas9 [1]. Rekayasa genetika pada embrio

Akibat Limbah, Pasar Modern Koba Kab. Bangka Tengah Alami Pencemaran Lingkungan

Ketika lingkungan berubah, pasti ada perubahan yang berhubungan di dalam kehidupan. —Charles Lindbergh Kata-kata di atas seakan mewakili, setiap perubahan yang ada di muka bumi, tak lepas dari campur tangan manusia. Namun, tanpa kita sadari makhluk hidup yang dinamakan manusia adalah penyumbang limbah terbesar di dunia, akibatnya

Ternyata Bakteri dan Virus dapat Bekerjasama dalam Menimbulkan Infeksi pada Manusia

Pernahkah terbayangkan bagaimana jadinya jika bakteri dan virus dapat saling bekerjasama untuk menimbulkan infeksi pada manusia? Kita bisa melihat contoh nyata dari hal tersebut pada bakteri Pseudomonas aeruginosa. Pseudomonas aeruginosa (P. aeruginosa) merupakan bakteri gram negatif yang memiliki persebaran cukup luas. Bakteri ini dapat menjadi flora normal penghuni

Mengapa Terjadi Fenomena Embun Beku di Dataran Tinggi Dieng?

Ditulis oleh Muclishin Pramono Guntur Waseso* Munculnya fenomena embun es di dataran tinggi Dieng, kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah yang menjadi viral pada akhir akhir ini. Pesona keindahan di dataran tinggi Dieng yang muncul saat musim kemarau masih terus menjadi daya tarik pusat destinasi wisata para wisatawan. Unggahan