Kaidah Penulisan Artikel di Warstek.com

Terimakasih telah tertarik menjadi Kontributor di warstek.com

Untuk menulis sebuah Artikel yang terbit di warstek.com, Anda sebagai kontributor harus memperhatikan kaidah-kaidah penulisan artikel berikut.

Jenis Artikel

Artikel di warstek dibagi menjadi 6 kategori, yakni:

  1. Berita Sains. Berupa tulisan singkat mengabarkan penemuan-penemuan terbaru baik yang bersumber dari jurnal penelitian atau dari wawancara dengan peneliti, laboratorium atau instansi. Disertai dengan minimal 2 referensi baik dari website kredibel, buku, maupun makalah jurnal, apabila wawancara mohon sertai foto Anda bersama narasumber.
  2. Sains Sekitar Kita. Adalah tulisan tentang fenomena disekitar kita yang dapat dijelaskan dengan sains. Disertai dengan minimal 2 referensi baik dari website kredibel, buku, makalah jurnal, dll.
  3. Rangkuman Sains. Berupa tulisan review dari hasil-hasil penelitian yang telah ada. Bisa juga berupa pemaparan atau penjelasan teori-teori yang telah diketahui. Disertai dengan minimal 2 referensi baik dari website kredibel, buku, makalah jurnal, dll.
  4. Profil. Adalah tulisan yang membahas profil ilmuan yang dapat menginspirasi pembaca. Disertai dengan minimal 2 referensi baik dari website kredibel, buku, makalah jurnal, dll.
  5. Pengalaman. Tulisan ini berisi pengalaman-pengalaman selama meneliti baik saat masih menjadi siswa, mahasiswa atau setelah bekerja. Tulisan bisa berupa tips atau berbagi pengalaman. Disertai dengan minimal 2 referensi baik dari website kredibel, buku, makalah jurnal, dll.
  6. Opini. Opini adalah tulisan pendapat tentang sains dan teknologi, baik itu ditinjau dari kebijakan pemerintah, kehidupan sosial masyarakat, atau imajinasi masa depan. Gagasan dan ide juga termasuk dalam Opini. Disertai dengan minimal 1 referensi baik dari website kredibel, buku, makalah jurnal, dll.

Syarat dan Ketentuan Artikel

  1. Artikel harus bisa dimengerti oleh orang yang bukan berlatar belakang akademis, sederhananya siswa SMA dapat memahami artikel yang Anda tulis. Jika banyak konsep yang sulit, mohon dibuat perumpamaan dengan suatu hal yang sudah familiar dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Panjang artikel minimal 500 kata, panjang maksimum tidak dibatasi.

Standard Mutu Artikel Warstek

Baca juga:

Untuk memberikan informasi dan mendidik masyarakat, maka Warstek berusaha untuk menjaga kualitas kebenaran informasi yang disampaikan. Untuk itu maka artikel Warstek harus memenuhi standar berikut:

  1. Melalui proses review oleh minimal 1 orang reviewer.
  2. Jelas siapa penulis dan penanggung jawab dari isi artikel.
  3. Artikel yang kemudian hari mengalami masalah, maka akan ditarik kembali yang disertai pernyataan resmi bahwa artikel tersebut ditarik
  4. Artikel yang telah terbit versi cetak atau PDF tidak dapat direvisi. Jika ada revisi maka hasil koreksi akan diberitahukan pada edisi berikutnya.

Reviewer

Reviewer adalah orang ditunjuk oleh Tim Editor yang bertugas untuk mereview dan mengkoreksi artikel yang diunggah di Warstek. Syarat untuk menjadi Reviewer Warstek adalah

  1. Minimal sedang menempuh program Doktor atau program spesialis atau memiliki minimal h-index 2 atau yang setara
  2. Memiliki pengalaman dalam dunia kepenulisan
  3. Memiliki dedikasi dalam dunia sains dan teknologi

Disclaimer

  1. Warstek sebagai media publikasi sains populer bertujuan agar sains dan teknologi mudah dimengerti oleh masyarakat. Istilah-istilah sains yang menjadi kurang tepat, bukan menjadi tanggung jawab Warstek.
  2. Warstek adalah media sains populer, BUKAN jurnal ilmiah seperti yang diterbitkan oleh PNAS, science, nature, ACS, RSC atau jurnal-jurnal dibawah sciencedirectspringer, wiley dan taylor and francis
  3. Sebagai media yang menyalurkan ide dan gagasan dari penulis. Maka, Warstek berusaha semaksimal mungkin terhindar dari plagiat, melanggar hak cipta, menyebarkan pseudosains atau berita palsu. Untuk itu, jika ternyata ditemukan artikel yang tidak sesuai dengan ketentuan hukum maka sepenuhnya menjadi tanggung jawab dari penulis.
  4. Hak cipta dari artikel menjadi milik dari Warstek dan Penulis. Warstek dan/atau Penulis berhak menyebarkan artikel dan memanfaatkan artikel baik untuk kepentingan komersial maupun non komersial.
  5. Isi dari artikel menjadi sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.
  6. Artikel yang dikemudian hari ditemukan keliru, maka akan ditarik kembali oleh Warstek dari media online disertai keterangan bahwa artikel tersebut ditarik kembali.

Saya sudah membaca ketentuan diatas dan ingin segera menulis artikel

Ya, Saya Ingin Menulis

Artikel Berhubungan:

Sponsor Warstek.com: