Metode Baru untuk Mengukur Produksi Entropi pada Skala Nano

Entropi, konsep sentral dalam ilmu termodinamika, sering kali muncul dalam sistem-sistem tertentu tetapi sulit diukur secara langsung. Namun, penelitian terbaru dari Chalmers University of Technology dan Heinrich Heine University Düsseldorf telah menghadirkan terobosan baru dalam pemahaman tentang bagaimana entropi dihasilkan pada skala waktu yang sangat singkat dalam material-material yang disetrum oleh laser.

Metode Baru untuk Mengukur Produksi Entropi pada Skala Nano Read Post »

Menapaki Jejak Gravitasi Kuantum: Eksplorasi Antariksa dari Kutub Selatan

Para ilmuwan dari University of Copenhagen tengah terlibat dalam eksperimen besar di Antartika yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan mendasar dalam fisika: apakah gravitasi juga berlaku pada tingkat kuantum? Mereka menggunakan sebuah observatorium besar di Kutub Selatan yang terdiri dari ribuan sensor untuk memonitor partikel-partikel kecil yang disebut neutrino.

Menapaki Jejak Gravitasi Kuantum: Eksplorasi Antariksa dari Kutub Selatan Read Post »

eksperimen optik
Fisika

Dalam dunia optik, beam splitter atau pembagi sinar merupakan salah satu komponen penting yang digunakan untuk membagi atau memantulkan sinar cahaya. Teknologi ini memiliki berbagai aplikasi yang luas, mulai dari mikroskopi hingga teknologi komunikasi optik. Dalam artikel ini, kita akan menggali lebih dalam tentang apa itu beam splitter, bagaimana cara kerjanya, dan berbagai aplikasi yang melibatkannya.

Beam Splitter dalam Dunia Optik: Pengertian, Cara Kerja, Aplikasi, dan Contoh Soal [Lengkap] Read Post »