Studi Longitudinal: Jelajahi Hubungan Tingkat Pendidikan dan Kesehatan

Pendidikan dan kesehatan adalah dua aspek penting dalam kehidupan manusia yang saling terkait. Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan, penelitian terbaru […]

blank

Pendidikan dan kesehatan adalah dua aspek penting dalam kehidupan manusia yang saling terkait. Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan, penelitian terbaru yang menggunakan tinjauan sistematis dan meta-analisis skala besar telah dipublikasikan The Lancet Public Health menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat pendidikan seseorang maka semakin rendah resiko kematiannya.  Penelitian yang dirilis pada Selasa 23 Januari 2024 itu menunjukkan dengan jelas bahwa tingkat pendidikan seseorang dapat berdampak signifikan pada kesehatannya.

Metode dan Hasil Studi

Metode penelitian yang melibatkan pengumpulan data dari subjek dengan menelusuri basis data PubMed, Web of Science, Scopus, Embase, Global Health (CAB), EconLit, dan Sociology Source Ultimate ini dilakukan dengan periode waktu yang sangat panjang yaitu dari 1 Januari 1980 hingga 31 Mei 2023. Dalam konteks hubungan antara tingkat pendidikan dan kesehatan, studi longitudinal ini dapat mengikuti individu dari berbagai tingkat pendidikan dari masa kanak-kanak hingga masa dewasa, atau bahkan sepanjang rentang hidup mereka.

Hasil dari studi ini menunjukkan adanya hubungan yang kuat antara tingkat pendidikan dan kesehatan. Individu dengan tingkat pendidikan yang lebih tinggi cenderung memiliki kehidupan yang lebih sehat secara umum. Bahkan risiko kematian turun sebesar 2 persen dengan tiap tahun tambahan pendidikan.

Faktor yang Berpengaruh

Hal ini karena mereka yang berada di taraf pendidikan mumpuni akan cenderung memiliki pola makan yang lebih sehat, tingkat fisik yang lebih aktif, dan kebiasaan hidup yang baik lainnya. Selain itu, individu dengan pendidikan yang lebih tinggi juga cenderung memiliki akses yang lebih baik ke informasi kesehatan, layanan medis, dan sumber daya kesehatan lainnya. Mereka lebih mampu memahami informasi kesehatan yang kompleks, mengambil keputusan yang lebih baik terkait kesehatan, dan berpartisipasi dalam perawatan yang lebih baik.

Namun, studi ini juga menunjukkan adanya disparitas kesehatan antara kelompok pendidikan yang berbeda. Individu dengan tingkat pendidikan yang rendah lebih rentan terhadap masalah kesehatan, termasuk penyakit kronis, gangguan mental, dan tingkat kematian yang lebih tinggi. Disparitas ini dapat disebabkan oleh faktor-faktor seperti akses terbatas ke sumber daya kesehatan, pola makan yang tidak sehat, lingkungan yang tidak mendukung kesehatan, dan stres sosial ekonomi.

Hal yang Patut Diupayakan

Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan dan mengatasi disparitas kesehatan yang terkait dengan tingkat pendidikan. Upaya pemerintah dan masyarakat harus difokuskan pada peningkatan akses pendidikan yang merata, mempromosikan kesetaraan kesempatan pendidikan, dan menyediakan informasi kesehatan yang mudah dimengerti bagi semua lapisan masyarakat.

Lebih lanjut, pendidikan kesehatan juga harus menjadi bagian integral dari sistem pendidikan. Dengan memperkuat literasi kesehatan dan memberikan pengetahuan yang relevan, individu dapat mengambil keputusan yang lebih baik terkait kesehatan mereka sendiri dan menerapkan perilaku hidup sehat.

Akhirnya, studi yang menjelajahi hubungan antara tingkat pendidikan dan kesehatan memberikan wawasan yang berharga bagi masyarakat dan pembuat kebijakan. Dengan memahami pentingnya pendidikan dalam mencapai kesehatan yang lebih baik, kita dapat bekerja sama untuk menciptakan lingkungan yang mendukung kesehatan bagi semua orang, terlepas dari tingkat pendidikan mereka.

Referensi

Collaborators. 2024. Effects of education on adult mortality: a global systematic review and meta-analysis. Dapat diakses di https://www.thelancet.com/pdfs/journals/lanpub/PIIS2468-2667(23)00306-7.pdf.

Yuk Gabung di Komunitas Warung Sains Teknologi!

Ingin terus meningkatkan wawasan Anda terkait perkembangan dunia Sains dan Teknologi? Gabung dengan saluran WhatsApp Warung Sains Teknologi!

Yuk Gabung!

Di saluran tersebut, Anda akan mendapatkan update terkini Sains dan Teknologi, webinar bermanfaat terkait Sains dan Teknologi, dan berbagai informasi menarik lainnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *



Scroll to Top