Lompat ke konten

Ilmuwan Mungkin Dapat Melawan Pemanasan Global dengan Menggunakan Supercharging Plankton

  • oleh
Print Friendly, PDF & Email

Mengembangkan Plankton

Para ilmuwan sedang menggali ide berusia puluhan tahun yang mungkin akan membuat perubahan dalam perjuangan kita melawan perubahan iklim, The Daily Beast melaporkan: menyemai lautan di planet ini dengan lebih banyak fitoplankton, organisme yang sudah bertanggung jawab untuk memproduksi 50 persen oksigen di atmosfer kita dari karbon dioksida dan sinar matahari.
Ide ini sangat sederhana. Karena besi adalah cara yang terkenal untuk membuat fitoplankton berkembang, para ilmuwan menyarankan kita dapat sedikit meningkatkan keberadaan logam dengan menambahkan sedikit besi ke bagian laut yang kekurangan zat besi. Semakin banyak fitoplankton, semakin banyak karbon dioksida yang tersedot oleh lautan kita — ide yang sangat sederhana dan murah yang berpotensi membuat semua perbedaan.
"Beri saya setengah tanker besi, dan saya akan memberi Anda zaman es," tulis ahli kelautan John Martin pada 1980-an, dalam sebuah makalah yang digali oleh Beast.

Lautan Hijau


Konsep ini sebenarnya sudah ada sejak beberapa dekade, yaitu ketika para ilmuwan baru mulai memahami konsep perubahan iklim.

Sekarang, beberapa peneliti mencoba menghidupkan kembali ide tersebut. Dalam laporan tahun 2021, tim ilmuwan mengevaluasi sejumlah opsi untuk memanfaatkan lautan di planet ini untuk memerangi perubahan iklim — termasuk meningkatkan tingkat fitoplankton.
"Kami punya reservoir besar," Ken Buesseler, ahli radiokimia kelautan di Woods Hole Oceanographic Institution, yang mengerjakan laporan itu, mengatakan kepada Beast. "Itu sudah menghabiskan sepertiga dari gas rumah kaca. Pertanyaan yang sekarang banyak ditanyakan orang adalah apa yang bisa kita lakukan untuk meningkatkannya?"
"Ayo kita keluar," tambahnya. "Ayo lakukan eksperimen."

Memompa Besi

Teknik besi juga memiliki keuntungan yang cukup murah. Bijih besi benar-benar bisa dijatuhkan ke air dari kapal, menghasilkan bunga yang terlihat dari luar angkasa, menurut para ahli yang berbicara dengan Beast.
Terbaik dari semua, perubahan akan terlihat hampir seketika, dengan fitoplankton mekar bahkan dalam 24 jam pertama.
Biaya logistik yang tepat dan upaya untuk melakukan skema seperti itu tetap kabur, dan tidak jelas seberapa besar efek rumah kaca yang dapat diperbaiki oleh upaya bersama. Tetapi dengan perubahan iklim yang semakin besar setiap tahun, mungkin perlu diselidiki lebih lanjut.

Sumber :

[1] https://futurism.com/the-byte/fight-global-warming-supercharging-plankton; diakses 17 Agustus 2022.

Setelah selesai membaca, yuk berikan artikel ini penilaian!

Klik berdasarkan jumlah bintang untuk menilai!

Rata-rata nilai 0 / 5. Banyaknya vote: 0

Belum ada yang menilai! Yuk jadi yang pertama kali menilai!

Cari artikel lain: Baca artikel lain:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.