Penghijauan Global: Dibalik Manfaatnya Terdapat Risiko Tersembunyi yang Memperkecil Pengurangan Karbon Dioksida

Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa usaha penghijauan dalam skala besar dapat memiliki konsekuensi yang tidak diinginkan, yang dapat mengurangi manfaat pengurangan CO2 hingga sepertiga.

Perubahan Penutupan Pohon

Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa usaha penghijauan dalam skala besar dapat memiliki konsekuensi yang tidak diinginkan, yang dapat mengurangi manfaat pengurangan CO2 hingga sepertiga.

Para peneliti dari Sheffield University baru-baru ini menerbitkan penelitian mereka di jurnal Science, yang mengungkapkan dampak yang lebih luas dari upaya penghijauan terhadap iklim global. Temuan ini menunjukkan bahwa manfaat yang diharapkan dari penghijauan mungkin lebih rendah dari yang diperkirakan sebelumnya.

Langkah-langkah untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan menghilangkan karbon, seperti penghijauan, telah diakui sebagai langkah penting untuk mengurangi risiko perubahan iklim di masa depan.

Dengan menggunakan model komputer yang canggih, para peneliti mensimulasikan bagaimana ekspansi hutan global dapat mempengaruhi siklus karbon dioksida. Hasilnya menunjukkan bahwa meskipun penghijauan meningkatkan penyerapan karbon, respons sistem bumi yang kompleks dapat membatasi manfaatnya.

Perubahan Penutupan Pohon
Perubahan Penutupan Pohon.
(A) Perubahan total dalam penutupan pohon relatif terhadap rerata historis 2010 hingga 2014 untuk skenario penutupan lahan Maxforest (MF), SSP3, dan SSP1. Kotak bercoret dan putus menunjukkan periode waktu yang dipertimbangkan dalam studi ini (2050 dan 2095, masing-masing). Juga ditunjukkan adalah perbedaan persentase dalam penutupan pohon pada tahun 2095 antara (B) 4C_MF dan 4C_SSP3 dan (C) 2C_MF dan 2C_SSP1, yang sesuai dengan wilayah putus dalam (A).

Meskipun seringkali kita mendengar saran untuk menanam pohon sebagai cara untuk mengurangi dampak karbon, penting untuk mempertimbangkan dampak tidak diinginkan yang mungkin terjadi.

Penelitian ini juga menyoroti pentingnya mengintegrasikan penghijauan dengan strategi mitigasi perubahan iklim lainnya untuk mencapai hasil yang lebih efektif di masa depan.

Pentingn untuk menyadari bahwa efektivitas penghijauan dapat berbeda tergantung pada lokasi dan kondisi lingkungan, serta perlunya perencanaan yang matang untuk meminimalkan dampak negatif secara global.

Referensi:

[1] https://www.sheffield.ac.uk/news/side-effects-wide-scale-forestation-could-reduce-carbon-removal-benefits-third diakses pada 26 Februari 2024

[2] James Weber, James A. King, Nathan Luke Abraham, Daniel P. Grosvenor, Christopher J. Smith, Youngsub Matthew Shin, Peter Lawrence, Stephanie Roe, David J. Beerling, Maria Val Martin. Chemistry-albedo feedbacks offset up to a third of forestation’s CO 2 removal benefitsScience, 2024; 383 (6685): 860 DOI: 10.1126/science.adg6196

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *