MENGAPA PENELITI HARUS “SMART” ?

blank

 

Gambar : dailyrecord.co.uk

Gambar : dailyrecord.co.uk

Memulai penelitian sering kali terhambat oleh ide, kesulitan menemukan sumber, metode yang harus dipahami, hasil yang diharapkan dan bahkan terkendala oleh waktu. Mau tau bagaimana caranya agar terhindar dari kesulitan tersebut?. Kali ini Riset Kita.Id akan sharing Bagaimana cara meneliti secara SMART. Penelitian yang dilakukan secara SMART akan memudahkan sahabat dalam mencapai hasil penelitian yang lebih efektif dan efisien.

blank

Berikut Apa yang harus kita ketahui dari komponen SMART tersebut :

S : Specific

M : Measurable

A : Achievable

R : Results-focused

T : Time bound

 

  1. Specific

Tujuan harus ditulis secara sederhana, jelas dan mampu mendefenisikan dari apa yang akan dilkukan.

Spesifik adalah Apa, Mengapa dan Bagaimana dari S.M.A.R.T. model.

  1. Measurable :

Target pada penelitian harus terukur berdasarkan matrik yang dibuat dan tangible. Jangan terlalu memaksakan sesuatu yang sulit untuk di capai atau diselesaikan.

Ex. Harus meneliti keluar negeri untuk mencari data, sementara keuangan pas-pasan. Jadi harus seimbang antara time, cost and energy  you use as an effort to do your project.

  1. Achievable

Seberapa pentingnya penelitian ini. Apa yang bisa dilakukan untuk attainable the research dan Bagaimana cara accomplish the research jika kamu punya  knowledge, skill dan kemampuan yang dibutuhkan untuk meraihnya.

Baca juga:
  1. Results-focused

Tujuan harus terukur dengan hasil, bukan hanya aktifitas. Sehingga memang menjadi kenyataan.

  1. Time-bound

Tujuan harus dihubungkan dengan jangka waktu. Sehingga jelas bentuk praktek dan perwujudannya.

 

Saatnya sahabat merancang riset yang akan digarap. Buatlah outline yang setiap Paragrafnya menjelaskan komponen dalam SMART. Setelah semuanya terpenuhi dan terjawab dengan baik, sahabat bisa langsung melanjutkan penelitiannya.

Semoga penelitian sahabat menjadi lebih menyenangkan dan lebih S.M.A.R.T

 

Pada pertemuan berikutnya, kita akan membahas mengenai Bagaimana cara menemukan ide penelitian secara mudah dan menyenangkan. Pantengin terus risetkita.id dan sebarkan ke semua sahabat kita agar menjadi generasi penerus tradisi Ilmiah Indonesia.

Jika sahabat punya pertanyaan atau request seputar riset dan pengembangannya, silahkan komen atau bisa langsung bergabung bersama telegram kita di https://t.me/risetkita.

Penulis : Al Afif Muzakir

blank
Warung Sains Teknologi
Artikel Berhubungan:

Sponsor Warstek.com:
Tag:

Yuk Ajukan Pertanyaaan atau Komentar