Lompat ke konten

Berbagai Keuntungan Cloud Computing untuk Bisnis yang Dijalani

blank
Print Friendly, PDF & Email

Pengolahan data secara manual sekarang makin ditinggalkan setelah ada cloud computing. Apalagi bagi yang mengolah data dalam jumlah yang masif, sistem digital akan lebih efektif. Jenis dari cloud digital sendiri juga bermacam-macam, bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya saja private cloud, public cloud, hybrid cloud, dan juga community cloud.

Berbagai jenis cloud computing ini bisa digunakan untuk pribadi, umum, sampai dengan perusahaan. Salah satu jenis komputasi yang paling umum ditemukan adalah public cloud yang bisa diakses secara gratis. Seperti YouTube, Facebook, Twitter, atau lainnya. Anda pun juga bisa memposting sesuatu, seperti pasang lowongan kerja gratis

Bagi perusahaan, sistem cloud computing juga banyak sekali membantu. Berikut ini berbagai keuntungan yang akan didapatkan perusahaan jika menerapkan cloud computing.

Kapasitas Penyimpanan Lebih Besar

Kelebihan utama yang akan Anda dapatkan adalah memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar. Jika Anda memiliki bisnis di sektor yang membutuhkan penyimpanan besar, memilih cloud computing merupakan tindakan yang tepat. Dengan begitu, data yang dimiliki akan tersimpan dengan rapi dan mudah dicari.

Pilihan kapasitas penyimpanan di cloud computing ini beragam. Jadi dirasa membutuhkan space baru, bisa ditambah dengan sangat gampang. Jadi kapasitasnya sendiri bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Ukurannya bisa mulai dari Gigabyte (GB) sampai dengan Terabyte (TB).

Penyimpanan Lebih Terpadu 

Dengan mengandalkan cloud computing, data yang dimiliki oleh perusahaan lebih terpadu atau terpusat. Jadi semua data ada di satu tempat dan mudah diintegrasikan. Baik itu data berupa gambar, video, informasi pribadi karyawan, keuangan, dan lain sebagainya, akan lebih mudah untuk dikelola.

Menariknya lagi, Anda juga bisa mengakses data dari berbagai gadget. Bisa smartphone, laptop, komputer, dan lain sebagainya. Dengan begitu, Anda tinggal membuka gadget dan masuk ke dalam sistem, data yang dibutuhkan akan tersedia dengan gamblangnya.

Dilengkapi Berbagai Fitur Canggih

Para penyedia jasa cloud computing juga terus berbenah dan berinovasi menyuguhkan layanan yang memudahkan penggunanya. Dilengkapi juga dengan berbagai fitur canggih dan semakin membuat nyaman. Beberapa fitur canggih di cloud computing yang bisa dirasakan adalah virtual private server, message queue, back-up, dan lain sebagainya.

Berbagai fitur canggih yang disebutkan memiliki kegunaan masing-masing. Misalnya saja untuk fitur back-up otomatis, Anda sudah tidak perlu khawatir data hilang. Pasalnya, berbagai data sudah digandakan atau diamankan. Jadi jika sewaktu-waktu terjadi masalah, data bisa dipulihkan dengan gampang.

Interaksi Antar Karyawan Lebih Efisien

Alasan lainnya, cloud computing ini memudahkan interaksi antara karyawan. Saat membagikan job desk, sudah tidak perlu lagi berada di dalam satu ruangan. Semuanya sudah bisa dibagikan secara online instruksinya. Pengarahannya pun juga sudah bisa dilakukan secara online.

Dengan pembagian data makin mudah, interaksi antara karyawan lebih efisien. Artinya, pekerjaan juga jauh lebih cepat dikerjakan jika data-datangnya cepat disalurkan. Tidak hanya sesama anggota internal perusahaan saja, pihak-pihak luar pun juga bisa mengakses cloud computing dengan izin pengelola atau di bagian tertentu saja.

Dapat Diakses di Mana Saja

Tidak hanya di ruangan tertentu saja, Anda bisa mengakses cloud computing ini dari mana saja. Dengan catatan, layanan komputasi yang dipilih memiliki server di wilayah tersebut. Jika digunakan di Indonesia saja, masih bisa dibuka di berbagai pelosok negeri. Dengan begitu, Anda yang melakukan perjalanan bisnis tetap bisa update informasi.

Selain di mana saja, kamu juga bisa mengakses cloud computing kapan saja. Baik saat berada di kantor, lapangan, atau bahkan saat sedang liburan. Hanya membutuhkan perangkat dan jaringan internet, sudah bisa mengaksesnya.

Biaya Lebih Hemat Biaya

Dengan pengaturan data yang lebih terpadu, sudah tidak perlu lagi alat penyimpanan manual. Jadi tidak perlu biaya tambahan untuk membeli hard disk atau perangkat penyimpanan lainnya. Jika membeli pun, jumlah yang dibutuhkan tidak akan terlalu banyak. Artinya, biaya operasional kantor bisa ditekan dari segi penyimpanan.

Banyak sekali paket-paket kapasitas di penyedia layanan cloud computing. Anda perlu pilih secara bijak, beli yang sekiranya mencukupi. Jangan sampai kurang atau berlebihan. Nantinya, jika usaha semakin berkembang dan membutuhkan semakin banyak penyimpanan, baru beli lagi kapasitas tambahan.

Sejauh ini, kebanyakan vendor dari cloud computing ini menghargai produknya didasarkan dari kapasitas dan masa berlangganannya. Jadi tidak akan ada biaya lainnya yang membuat pengeluaran membengkak. Sistem penyimpanan semakin baik, terpadu, dan mudah dikelola. Tinggal fokus pada peningkatan berbagai produk yang dikeluarkan.

Pengelolaan Manajemen Lebih Mudah

Dari segi manajemen, juga akan sangat memudahkan semua karyawan yang terlibat di dalamnya. Semuanya bisa setor dalam satu tempat saat hendak mengunggah, mengirim, dan juga mengolah data. Jadi jika ada data yang sekiranya tidak sesuai, bisa segera dicari tahu asal mulanya.

Itulah deretan kelebihan yang ditawarkan jika perusahaan menggunakan cloud computing. Bisa sewa untuk pribadi atau korporasi juga. Bagi Anda yang ingin terus update skill diri, menemukan peluang kerja, dan juga membangun portofolio pengalaman diri, jangan ragu bergabung dengan Kitalulus.com.

Ada banyak sekali lowongan pekerjaan yang ditawarkan di Kitalulus.com. Mulai dari lowongan perusahaan swasta atau instansi pemerintah. Supaya semuanya data untuk mencari kerja dan upgrade skill dari Kitalulus.com bisa diolah dengan baik, Anda juga bisa menyewa cloud computing private. 

Setelah selesai membaca, yuk berikan artikel ini penilaian!

Klik berdasarkan jumlah bintang untuk menilai!

Rata-rata nilai 0 / 5. Banyaknya vote: 0

Belum ada yang menilai! Yuk jadi yang pertama kali menilai!

Warung Sains Teknologi
Artikel Terkait:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *