HP Cepat Panas, Pakai Tips Ini untuk Mengatasinya

Hampir semua orang saat ini memiliki dan menggunakan telepon seluler atau handphone. Hal ini dibarengi dengan kemunculan smartphone seri terbaru […]

blank

Hampir semua orang saat ini memiliki dan menggunakan telepon seluler atau handphone. Hal ini dibarengi dengan kemunculan smartphone seri terbaru dengan spesifikasi gahar. Namun, beberapa dari kita mungkin belum terlalu beruntung memiliki ponsel dengan spesifikasi tersebut dan merasa ponselnya menjadi lebih sering panas.

Tapi, tahukah Anda bahwa HP cepat panas bukan hanya dikarenakan spesifikasinya melainkan juga bisa disebabkan cara menggunakannya? Bukan hanya itu, terkadang bahkan ada malware yang sedang bersarang di perangkat tersebut.

Jika Anda sedang mengalami hal tersebut, gunakan tips di bawah ini untuk mengatasinya.

Gunakan Charger Original / Asli

HP cepat panas juga bisa dikarenakan kondisi baterai yang sudah tidak normal. Salah satu faktor yang memengaruhi kondisi baterai ponsel Anda adalah penggunaan charger yang tidak original. Oleh sebab itu, pastikan bahwa Anda selalu menggunakan charger original atau asli.

Namun apabila kondisi baterai sudah terlalu parah, misalnya lebih cepat habis dari sebelumnya, maka Anda perlu menggantinya dengan baterai baru.

Jangan Mainkan Game Berat

Sebagian orang memanfaatkan HP mereka untuk bermain game. Sesuaikan game apa yang Anda mainkan dengan spesifikasi ponsel. Jika Anda memiliki spesifikasi ponsel yang kurang mumpuni, ada baiknya untuk menginstal dan memainkan game-game ringan seperti Gates of Olympus demo, klik di sini untuk mendapatkannya.

Dengan menginstal permainan sesuai dengan spesifikasi HP, Anda akan mengurangi beban ponsel saat digunakan untuk bermain game. Hal ini akan membantu ponsel Anda tetap terjaga performanya sehingga tidak cepat panas.

Jangan Gunakan HP Saat Mengisi Daya

Selain penggunaan charger yang tidak original, terlalu sering menggunakan HP saat sedang mengisi daya juga sangat memengaruhi kondisi baterai. Alhasil, ponsel Anda akan menjadi lebih cepat panas.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk tidak mengoperasikan HP saat sedang dalam pengisian daya. Bukan hanya akan memengaruhi kondisi baterai, hal ini juga membahayakan pengguna.

Kurangi Multi-Tasking

Tidak semua ponsel memiliki spesifikasi gahar dengan RAM besar. Jika ponsel Anda tidak termasuk ponsel dengan spesifikasi tinggi, maka kurangi multi-tasking atau membuka banyak aplikasi secara bersamaan.

Aktivitas ini akan sangat memengaruhi performa ponsel. Semakin banyak aplikasi yang dibuka, semakin berat kinerja ‘daleman’ HP Anda sehingga ponsel akan menjadi lebih cepat panas.

Turunkan Kecerahan Layar

Saat Anda mengatur kecerahan layar secara maksimal akan membuat konsumsi baterai semakin besar. Hal ini juga menjadi salah satu penyebab umum yang membuat ponsel Anda terasa cepat panas. Maka dari itu sesuaikan kecerahan layar atau aktifkan fitur adaptive layar (jika ada) agar layar bisa menyesuaikan kecerahan sesuai kondisi pencahayaan ruangan.

Saat ini juga sudah tersedia pelindung layar anti silau yang dapat digunakan. Pelindung layar semacam ini akan membuat visibilitas layar lebih baik di tempat dengan pencahayaan terang tanpa perlu meningkatkan kecerahan layar.

Hapus Cache secara Berkala

Setiap aplikasi yang Anda instal akan menyimpan cache. Cache berfungsi untuk mempercepat pemrosesan saat aplikasi dibuka. Ini sebenarnya akan memudahkan pengguna, namun jika tidak rutin dibersihkan akan memberatkan performa ponsel.

Mengapus cache dapat dilakukan melalui pengaturan di ponsel Anda. Anda juga dapat menginstal aplikasi penghapus cache yang banyak tersedia di Play Store.

Gunakan Aplikasi Pendingin

Cara sederhana untuk membuat ponsel Anda tetap dingin adalah menginstal aplikasi pendingan. Ada banyak aplikasi semacam ini yang sudah tersedia dan banyak digunakan, seperti Device Cooler, CPU Cooler, Cooler Master, dan sebagainya.

Aplikasi-aplikasi tersebut akan memantau kondisi ponsel, terutama suhu perangkat. Mereka akan memberikan peringatan kepada pengguna saat ponsel sudah terlalu panas. Dengan menggunakan aplikasi-aplikasi seperti itu, Anda dapat mengantisipasi panas HP agar tidak berlebihan.

Istirahatkan Ponsel

Penggunaan HP tanpa jeda sangat tidak direkomendasikan. Selain dapat berdampak buruk terhadap kesehatan, penggunaan tanpa jeda juga bisa berakibat buruk terhadap performa ponsel.

Rutinlah untuk memberikan istirahat kepada perangkat Anda setidaknya 1-2 jam jika memang Anda dituntut untuk menggunakannya sangat sering.

Perbarui Aplikasi

Jika ponsel Anda mendadak cepat panas padahal sebelumnya tidak pernah mengalami hal seperti itu, cobalah untuk mengecek pembaruan aplikasi. Ada beberapa aplikasi yang akan memberi beban berat kepada ponsel. Jika pembaruan terhadap aplikasi-aplikasi tersebut tidak dilakukan secara berkala, maka hal itu berpotensi membuat ponsel cepat panas saat digunakan.

Di samping itu, penting juga untuk memperbarui sistem operasi HP Anda. Ini akan membantu ponsel tetap bekerja secara optimal dan membuat perangkat Anda menjadi lebih aman.

Matikan GPS dan Bluetooth

Saat tidak digunakan, ada baiknya untuk mematikan GPS dan Bluetooth. Kedua fitur ini mengonsumsi daya baterai secara masif. Apalagi GPS juga membutuhkan koneksi internet untuk digunakan. Dengan memastikan kedua fitur ini mati, akan sangat membantu Anda untuk meringankan beban ponsel sehingga tidak membuatnya cepat panas.

Hindari Terik Matahari Langsung

Penyebab eksternal yang membuat HP cepat panas adalah terkena paparan sinar matahari secara langsung. Jadi, jika Anda menggunakannya di luar ruangan, ada baiknya untuk tetap berada di tempat yang teduh atau setidaknya tidak terkena sinar matahari langsung.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *