Lompat ke konten

Ilmuwan Mengatakan Bahwa Materi Gelap Mungkin adalah Informasi Sendiri

• oleh
Print Friendly, PDF & Email

Tempat yang penuh informasi

Perdebatan tentang sifat materi gelap adalah topik dari fisika modern. Zat misterius yang diyakini banyak fisikawan membentuk sebagian besar massa total alam semesta, meskipun ilmuwan tidak pernah mengamatinya secara langsung.
Sekarang, seorang fisikawan dari Inggris bernama Melvin Vopson mengemukakan kemungkinan yang mengejutkan: bahwa materi gelap mungkin adalah informasi itu sendiri.
"Dia bahkan mengklaim bahwa informasi bisa menjadi materi gelap yang sulit dipahami yang membentuk hampir sepertiga dari alam semesta," bunyi siaran pers dari University of Portsmouth, tempat Vopson menjadi peneliti.
"Jika kita berasumsi bahwa informasi adalah fisik dan memiliki massa, dan bahwa partikel elementer memiliki DNA informasi tentang diri mereka sendiri, bagaimana kita bisa membuktikannya?" Vopson bertanya dalam rilis. "Makalah terbaru saya adalah tentang menguji teori-teori ini sehingga mereka dapat dianggap serius oleh komunitas ilmiah."

Bayangan Gelap

Makalahnya, yang diterbitkan dalam jurnal AIP Advances, menyarankan percobaan yang dapat menguji hipotesis bahwa informasi adalah keadaan materi yang berbeda - di samping padatan, cairan, gas, dan plasma - dengan menggunakan tumbukan partikel-antipartikel untuk, secara teori, "menghapus "informasi dari alam semesta.
"Kami tahu bahwa ketika Anda bertabrakan dengan partikel materi dengan partikel antimateri, mereka saling memusnahkan," kata Vopson dalam rilisnya. "Dan informasi dari partikel harus pergi ke suatu tempat ketika dimusnahkan."
Ada banyak teori tentang materi gelap - termasuk, perlu ditunjukkan, bahwa itu tidak ada sama sekali - jadi sementara ide Vopson provokatif, yang terbaik adalah menahan penilaian sampai dia benar-benar berhasil menguji hipotesisnya.
Tapi, untuk apa nilainya, dia tampaknya cukup terdorong oleh konsep tersebut.
"Itu tidak bertentangan dengan mekanika kuantum, elektrodinamika, termodinamika atau mekanika klasik," katanya dalam rilisnya. "Yang dilakukannya hanyalah melengkapi fisika dengan sesuatu yang baru dan sangat menarik."

[Sumber]

[1] https://futurism.com/the-byte/scientist-dark-matter-information; diakses pada 17 Agustus 2022

Setelah selesai membaca, yuk berikan artikel ini penilaian!

Klik berdasarkan jumlah bintang untuk menilai!

Rata-rata nilai 0 / 5. Banyaknya vote: 0

Belum ada yang menilai! Yuk jadi yang pertama kali menilai!