Lompat ke konten

Salah Satu Bintang Tercerah di Langit Bertindak Aneh ungkap Ilmuwan

  • oleh
blank
Print Friendly, PDF & Email
Betelgeuse, bintang super raksasa merah di konstelasi Orion yang merupakan salah satu bintang paling terang di langit malam, diguncang ledakan dahsyat pada akhir 2019.
Peristiwa dramatis, pada bintang yang begitu menonjol, telah membingungkan para astronom sejak saat itu. Pada awalnya, para ilmuwan menyarankan itu mungkin meletus dalam supernova. Tetapi menurut data tahun 2020, bintang itu selamat dari cobaan itu, meskipun meredup jauh di tahun-tahun berikutnya.
Sekarang, berkat pengamatan Teleskop Luar Angkasa Hubble NASA, para ilmuwan mungkin memiliki jawaban yang lebih memuaskan. Mereka menyarankan bintang itu mengalami pengurangan massa permukaan yang sangat besar, tidak seperti coronal mass ejections (CME) Matahari kita — kecuali bahwa ia mengirim supergiant merah berputar dan bergoyang seperti mesin cuci tua.
"Betelgeuse terus melakukan beberapa hal yang sangat tidak biasa sekarang; interiornya seperti memantul," kata Andrea Dupree di Harvard's Center for Astrophysics, penulis makalah baru yang dikirimkan ke The Astrophysics Journal, dalam sebuah pernyataan NASA.

Seperti Memantul

Peristiwa itu banyak kali lipat lebih besar dari salah satu lontaran massa koronal Matahari kita, meledakkan 400 miliar kali massa daripada yang biasa, menurut NASA. Bahkan, itu meledakkan massa yang setara dengan beberapa Bulan di Bumi.
Jadi apa yang menyebabkan ledakan epik? Tim Dupree menunjukkan bahwa gelombang kejut dari dekat pusat bintang meniup potongan fotosfernya, lapisan terendah dari atmosfer bintangnya yang menyala-nyala, menyebabkan lapisan debu yang sekarang menyebabkan permukaan bintang mendingin dan mengeras.
Ini adalah pertama kalinya kami menyaksikan bintang yang permukaannya diguncang oleh peristiwa yang kuat ini, dan itu masih menimbulkan lebih banyak jawaban daripada pertanyaan.
"Kami belum pernah melihat ejeksi massal besar-besaran dari permukaan bintang," kata Dupree. "Kami dibiarkan dengan sesuatu yang terjadi yang tidak sepenuhnya kami pahami."

Sumber :

[1] https://futurism.com/the-byte/betelgeuse-acting-bizarre; diakses pada 17 Agustus 2022.

Setelah selesai membaca, yuk berikan artikel ini penilaian!

Klik berdasarkan jumlah bintang untuk menilai!

Rata-rata nilai 0 / 5. Banyaknya vote: 0

Belum ada yang menilai! Yuk jadi yang pertama kali menilai!

Artikel Terkait:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *