Ini Dia Preview dari Rilisan Terbaru Android 14

Google baru saja merilis preview pengembangan pertama dari Android 14 dan sudah bisa di instal sekarang di Google Pixel 7 […]

Android 14 Preview

Google baru saja merilis preview pengembangan pertama dari Android 14 dan sudah bisa di instal sekarang di Google Pixel 7 Pro dan ponsel Pixel lainnya yang didukung. Pada preview ini Google menunjukkan apa yang bisa kita harapkan dari rilis Android baru ini, tetapi seperti yang judul artikel ini, ini semua masih dalam tahap pengembangan. Artinya fitur-fitur yang ada saat ini masih belum sempurna atau bahkan tidak lebih stabil dari veri Beta, yang akan tiba pada bulan April. Mari kita simak apa yang bisa kita harapkan pada Android 14 Developer Preview 1 ini.

.

Ketahanan Baterai Akan Ditingkatkan

Google berencana untuk meningkatkan ketahanan baterai saat standby dengan Android 14. Hal itu dicapai berkat adanya perbaikan pada sistem broadcasting internal Android, yaitu bagaimana Android dapat mengirimkan perubahan pada keadaan tertentu seperti tingkat baterai saat ini atau konektivitas ke aplikasi. Para pengembang juga sangat dianjurkan untuk tidak menggunakan alarm eksak untuk aplikasi mereka, kecuali jika itu adalah kalender atau jam alarm, karena metode ini sangat menguras daya tahan baterai. Aplikasi baru yang ditargetkan ke Android 13 atau lebih tinggi yang ingin menggunakan timer eksak, akan membutuhkan izin oleh pengguna Android.

.

Peningkatan Pada Ukuran Font

.

blank

Sumber: Google

Pada bagian accessibility front, Android 14 tersebut memiliki kemampuan untuk meningkatkan tingkat zoom teks hingga 200% daripada batas lama yaitu hanya 130%. Skala font linear baru ini secara otomatis ditambahkan untuk memastikan bahwa teks yang sudah cukup besar tidak semakin besar, yang harusnya dapat membantu masalah tata letak pada tampilan aplikasi. Para pengembang juga akan memiliki lebih banyak kontrol atas pengaturan bahasa per-aplikasi yang akan ditampilkan di wilayah tertentu, dan Grammatical Inflection APIbaru akan mempermudah untuk berbicara pada pengguna dalam bahasa yang memiliki gender Grammatical yang berbeda.

Kemudian terdapat perubahan utama dalam arsitektur keamanan Android 14 yang memungkin kan pemblokiran pemasangan aplikasi yang menargetkan versi Android yang lebih lama oleh Google. Pada Android 14, Kalian tidak bisa memasang atau menyisipkan aplikasi yang menargetkan versi SDK 22 atau lebih rendah. Google menyebut malware sebagai alas an utamanya, yang kerap kali lolos pada peningkatan keamanan yang telah ada pada versi SDK 23, yang diperkenalkan dengan Android 6 pada tahun 2015. Secara singkat, hal ini seharusnya tidak terlalu berpengaruh, dan jika Kalian sangat membutuhkan akses ke aplikasi lama, ada perintah ADB baru yang memungkinkan Kalian melewati batasan tersebut.

.

Apa lagi yang bisa Kita Harapkan dari Android 14 ini?

.

A picture containing text, clock Description automatically generated

Sumber: Google

Selain fitur yangsudah resmi diumumkan dalam versi preview untuk pengembang ini, Google juga membagikan beberapa tambahan lainnya. Misalnya, navigasi dengan gestur akan mengalami banyak peningkatan, dengan predictive back navigationmemungkinkan Kalian untuk melihat apa yang akan muncul selanjutnya saat Kalian melakukan navigasi untuk Kembali ke halaman sebelumnya, seperti halnya di iOS. Pengembang dapat mengimplementasikan animasi kustom untuk ini atau menggunakan animasi bawaan yang diberikan oleh Google. Lainnya, Hiroshi Lockheimer dari Google mengkonfirmasi tahun lalu bahwa Android 14 akan mendukung konektivitas satelit secara bawaan.

.

blank

Sumber: Google

.

Cara Mendapatkan Update Android 14 Developer Preview 1

Untuk bisa mendapatkan Preview Pengembang dari Android 14, lakukan update sistem terbaru sesuai dengan yang kompatibel dari Pengembang Android dan pasang pada smartphone Pixel Kalian. Google mengatakan bahwa Google Pixel 7, Pixel 7 Pro, Pixel 6a, Pixel 6 Pro, Pixel 6, Pixel 5a 5G, Pixel 5, dan Pixel 4a (5G) akan mendapatkan update terbaru ini.

blank

Sumber: Google

Seperti biasa, Google juga telah merilis jadwal yang mengatur rencananya sebelum rilis final. Seperti yang dapat dilihat pada grafik di atas, kita akan mendapatkan dua developer preview, yang pertama dirilis hari ini dan yang kedua pada Maret. Google kemudian beralih ke program beta pada April, yang lebih mudah diperoleh oleh semua orang. Kami berharap perusahaan akan merilis sejumlah fitur yang tertahan dalam rilisan beta pada bulan Mei, yang kemungkinan akan bersamaan dengan konferensi pengembang Google I/O 2023.

.

Referensi

Android Police, https://www.androidpolice.com/android-14-developer-preview-1-here-get-it/

Google Android, https://developer.android.com/about/versions/14

.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *