Misteri Kemunculan Hewan yang Dinyatakan Punah: Kembali dari Kepunahan

Perbuatan manusia dan perubahan iklim telah membawa banyak spesies hewan ke dalam kepunahan. Namun, ditemukan beberapa hewan punah yang menunjukkan […]

Hewan yang kembali setelah dinyatakan Punah

Perbuatan manusia dan perubahan iklim telah membawa banyak spesies hewan ke dalam kepunahan. Namun, ditemukan beberapa hewan punah yang menunjukkan bahwa mereka masih hidup dan membuktikan eksistensinya.

Berbagai sumber mencatat beberapa hewan punah yang muncul kembali. Beberapa diantaranya disebut sebagai hewan “Lazarus“. Menarik bukan? Mari kita simak hewan-hewan apa saja yang Kembali muncul setelah dinyatakan punah.

.

Beo Malam Australia

Hewan-hewan yang Terlihat Kembali Setelah Dinyatakan Punah

Foto Beo Malam Australia

Burung Beo Malam Australia, yang juga dikenal dengan nama ilmiah Pezoporus Ocidentalis, adalah salah satu hewan “lazarus” yang ditemukan kembali. Ukurannya kecil dan memiliki warna yang beragam seperti hijau kekuningan, coklat tua, hitam, dan kuning. Populasinya dulu pernah dinyatakan punah pada tahun 1912, namun pada tahun 2013 seorang naturalis bernama John Young berhasil menemukan dan mengabadikan burung ini. Ia pun berhasil memenangkan penghargaan atas temuannya tersebut.

.

Coelacanth

Hewan-hewan yang Terlihat Kembali Setelah Dinyatakan Punah

Foto Coelacanth

Ikan Coelacanth atau Latimeria Chalumnae dinyatakan punah bersama dinosaurus sekitar 65 juta tahun yang lalu, tetapi pada tahun 1938 salah satu ikan tersebut tertangkap di Samudra Hindia Barat dekat Afrika Selatan. Coelacanth lain ditangkap pada tahun 1998 di pantai Indonesia.

Kedua Coelacanth masing-masing memiliki berat hampir 200 pon dan berukuran lebih dari enam kaki atau sekitar 183 cm panjangnya. Temuan ikan yang dianggap fosil hidup tersebut sungguh mengejutkan para peneliti.

.

Kelelawar Telinga Panjang Papua Nugini

Hewan-hewan yang Terlihat Kembali Setelah Dinyatakan Punah

Foto Kelelawar Telinga Panjang

Kelelawar Telinga Panjang Papua Nugini memiliki tampilan yang membedakannya dari kelelawar lainnya, dengan telinga yang lebih besar dan hidung yang bengkok.

Kelelawar ini hanya ditemukan satu kali pada tahun 1890 dan dinyatakan punah hingga tahun 2012, tetapi ternyata kembali diamati oleh seorang ahli kelelawar.

.

Solenodon Kuba (Solenodon Cubanus)

Hewan-hewan yang Terlihat Kembali Setelah Dinyatakan Punah

Foto Solenodon Kuba

Hewan kecil yang berfungsi sebagai predator malam dan memiliki bentuk mirip tikus, Solenodon, berasal dari Kuba dan tinggal di pegunungan Nipe-Sagua-Baracoa. Mereka diketahui hilang pada tahun 1970, namun ditemukan kembali oleh para peneliti pada tahun 1974. Sejak 1980-an, Solenodon telah tercatat sebagai spesies yang terancam punah dan merupakan keturunan dari spesies hewan pemakan serangga yang hidup pada masa yang sama dengan dinosaurus, sekitar 76 juta tahun yang lalu.

.

Harimau Jawa

Hewan-hewan yang Terlihat Kembali Setelah Dinyatakan Punah

Foto Harimau Jawa

Harimau Jawa, dengan nama latin Panthera tigris sondaica, adalah sejenis harimau yang hanya ditemukan di Pulau Jawa. Karena perburuan dan perkembangan industri pertanian yang mempengaruhi habitat mereka, populasi harimau jawa dinyatakan punah pada akhir tahun 1980-an.

Sejumlah pemburu video dan penggemar alam, seperti Rendian ID dan Erwin Winarno, telah mengaku menemukan Harimau Jawa meskipun belum resmi diumumkan. Mereka menunjukkan bukti melalui video yang diposting di kanal YouTube mereka. Namun, mereka tidak memberikan informasi mengenai lokasi spesifik di mana hewan ini ditemukan untuk melindungi hewan dari perburuan dan gangguan manusia.

.

Kesimpulan

Bisa kita ketahui bersama setelah membaca artikel ini, bahwa hewan-hewan tersebut sudah semestinya harus kita jaga habitatnya, agar temuan hewan yang kembali muncur tersebut bis akita jaga keberadaannya. Tanpa terkecuali hewan yang lainnya juga, kita sebagai manusia harus mempunyai kesadaran diri untuk turut berpartisipasi menjaga alam dan juga isi-isinya.

.

Referensi

Popmama, https://www.popmama.com/big-kid/6-9-years-old/verina-intan-l/hewan-yang-sempat-dianggap-punah-tetapi-muncul-kembali. Diakses pada 8 Februari, 2023.

Kompas, https://www.kompas.com/tren/read/2022/12/16/143000965/8-hewan-terancam-punah-karena-kucing-apa-saja-?page=all. Diakses pada 8 Februari, 2023.

Soloaja, https://soloaja.co/read/ada-8-satwa-yang-dianggap-punah-ternyata-masih-hidup-salah-satunya-ditemukan-di-indonesia. Diakses pada 8 Februari, 2023.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *