Ini Rahasia Tersembunyi di Balik Piramida Agung Giza yang Baru Terungkap!

Sebuah tim arkeolog internasional telah menggunakan teknologi canggih untuk menemukan lorong tersembunyi di dekat pintu masuk Piramida Agung Giza. Temuan […]

Rahasia Tersembunyi di Balik Piramida Giza

Sebuah tim arkeolog internasional telah menggunakan teknologi canggih untuk menemukan lorong tersembunyi di dekat pintu masuk Piramida Agung Giza. Temuan ini memberi harapan bahwa mereka akan menemukan lebih banyak koridor tersembunyi lainnya di piramida tersebut di masa yang akan datang.

Pada hari Kamis (02/03), otoritas Mesir yang bertanggung jawab atas benda-benda antik mengumumkan bahwa sebuah lorong atau koridor tersembunyi telah ditemukan di dalam Piramida Khufu yang berusia 4.500 tahun. Piramida ini sebelumnya dikenal sebagai Piramida Cheops atau Piramida Agung Giza.

Arkeolog Zahi Hawass dan Menteri Pariwisata dan Kepurbakalaan Mesir Ahmed Issa mengumumkan penemuan lorong tersembunyi di Piramida Khufu yang berusia 4.500 tahun. Penemuan ini dikreditkan kepada para ilmuwan dari proyek ScanPyramids.

Proyek ScanPyramids adalah sebuah program internasional yang dimulai pada tahun 2015 dan menggunakan berbagai instrumen berteknologi tinggi untuk mempelajari struktur Piramida Khufu yang berusia 4.500 tahun. Metode yang digunakan meliputi termografi inframerah noninvasif, ultrasound, simulasi 3D, dan radiografi sinar kosmik.

Dengan menggunakan teknologi tersebut, para ilmuwan menemukan lorong yang tersembunyi di atas pintu masuk utama Piramida Khufu. Koridor tersebut tidak bisa diakses dari luar piramida dan memiliki panjang 9 meter serta lebar 2 meter.

Setelah berhasil menemukan koridor tersembunyi di atas pintu masuk utama Piramida Khufu, para ilmuwan menggunakan alat endoskopi buatan Jepang yang berdiameter kecil (6 milimeter) untuk mendapatkan gambaran dari dalam ruangan. Alat ini dimasukkan melalui celah di antara bebatuan untuk mengambil gambar dan video di dalam ruang tersebut.

.

Para arkeolog ingin mengetahui isi lorong tersembunyi tersebut

Para ilmuwan melihat layar tampilan film endoskopi di dalam piramida

Tim dari ScanPyramids menggunakan radiografi untuk menemukan lorong tersembunyi, kemudian endoskop untuk memfilmkannya dari dalam. Sumber: ScanPyramids

Menurut Mostafa Waziri, yang menjabat sebagai Kepala Dewan Tinggi Purbakala Mesir, koridor tersebut mungkin dibangun untuk memperbaiki distribusi beban di atas pintu masuk utama atau di sekitar ruang-ruang lain yang belum ditemukan di dalam piramida.

Sebagai anggota terkemuka dari proyek ScanPyramids, Christoph Grosse dari Technical University of München mengatakan bahwa ia berharap dapat mengungkap lebih banyak rahasia yang tersembunyi di piramida Khufu. Dalam hal koridor terbaru yang ditemukan, Grosse mengungkapkan rasa penasaran tentang dua batu kapur besar di ujung ruangan dan ingin mengetahui apa yang tersembunyi di balik batu-batu tersebut di bawah ruangan itu.

Penampakan gambar endoskopik dari koridor tersembunyi

“Sekarang pertanyaannya adalah apa yang ada di balik batu-batu itu dan di bawah ruangan itu?” kata Christoph Grosse dari Technical University of München..

.

Menjadi magnet pariwisata utama di negara yang kesulitan keuangan

Piramida Khufu, dinamai sesuai dengan raja Firaun yang memerintah Mesir kuno dari tahun 2509 hingga 2483 SM, terletak di luar kota Kairo dan merupakan salah satu dari tiga struktur yang membentuk kompleks Piramida Giza. Piramida Khufu adalah satu-satunya dari tujuh keajaiban dunia kuno yang masih berdiri hingga saat ini.

Piramida Khufu, yang pada awalnya memiliki ketinggian 146 meter, saat ini memiliki ketinggian 139 meter dan merupakan struktur buatan manusia tertinggi di dunia sampai tahun 1889, ketika Menara Eiffel selesai dibangun.

Mesin Kuno' Lindungi Piramida Khufu Selama 4000 Tahun

Piramida Khufu

Para ahli telah bingung selama berabad-abad tentang bagaimana tepatnya Piramida dibangun. Misteri yang mengelilingi Piramida juga telah membuatnya menjadi daya tarik utama bagi para wisatawan yang berkunjung ke Mesir, yang pendapatannya sangat tergantung pada sektor pariwisata.

Sejak Presiden Hosni Mubarak digulingkan dalam pemberontakan tahun 2011, sektor pariwisata di Mesir telah mengalami kerugian yang signifikan karena pergolakan politik yang terus berlanjut. Selain itu, kekerasan dan pandemi virus corona semakin memperburuk situasi pariwisata di negara yang mengalami kesulitan keuangan.

.

Referensi

CNN Indonesia, https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20230303134930-199-920360/pakar-temukan-lorong-rahasia-firaun-di-piramida-giza-cek-gunanya Diakses pada 6 Maret, 2023.

Detik, https://news.detik.com/dw/d-6598589/ilmuwan-temukan-lorong-tersembunyi-di-piramida-agung-giza Diakses pada 6 Maret, 2023.

Merdeka, https://www.merdeka.com/dunia/lorong-tersembunyi-di-piramida-giza-baru-ditemukan-bikin-ilmuwan-penasaran.html Diakses pada 6 Maret, 2023.

.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *