Mengenal Tiang Lampu Jalan Pintar

Penerangan jalan umum atau PJU merupakan salah satu infrastruktur penting untuk mendukung keamanan dan kenyamanan pengguna jalan. Tanpa adanya PJU, […]

blank

Penerangan jalan umum atau PJU merupakan salah satu infrastruktur penting untuk mendukung keamanan dan kenyamanan pengguna jalan. Tanpa adanya PJU, jalan akan menjadi gelap dan tidak aman dilalui sehingga menghambat aktivitas masyarakat. Oleh karena itu lampu jalan dipasang di hampir semua ruas jalan terutama pada jalan dengan kondisi kurang baik. PJU dipasang pada tiang lampu jalan dengan menggunakan lampu sesuai dengan spesifikasi yang sudah ditentukan. 

Jenis lampu jalan yang biasa digunakan adalah lampu konvensional, namun seiring perkembangan teknologi kini ada pula jenis lampu jalan pintar atau smart street lamp. Teknologi lampu pintar sudah banyak digunakan untuk rumah pintar dan sekarang teknologi yang hampir sama digunakan untuk lampu jalan. Bagaimana penerapan teknologi pintar ini untuk PJU?

Fungsi Tiang Lampu Jalan

Tiang lampu jalan biasanya dipasang pada sisi kanan, kiri, ataupun tengah jalan sesuai dengan tipe dan kebutuhan jalan tersebut. Fungsi utama PJU untuk memberikan pencahayaan pada pengguna jalan. Selain itu ada beberapa fungsi lain dari lampu jalan ini, yaitu

  • Memudahkan navigasi pengguna jalan terutama untuk jalan berbelok, berlubang, dan jalan yang kurang bagus. 
  • Lampu jalan memberikan kontras antara jalan dan objek sehingga pengguna jalan bisa membedakan benda yang ada di depannya. 
  • Meningkatkan keselamatan pada pengguna jalan terutama di malam hari.
  • Menurunkan resiko kriminalitas di jalan raya. 
  • Menambah nilai estetis jalan dan keindahan lingkungan. 

Tentang Lampu Jalan Pintar

Lampu jalan mempunyai peranan yang tidak tergantikan namun tidak jalan kita menemui PJU yang tidak sesuai dengan kondisi misalnya lampu jalan yang tetap menyala pada siang hari atau cahaya lampu yang kurang terang. Tidak heran bila penerapan teknologi sudah mulai digunakan pada lampu jalan yaitu teknologi smart lamp. 

Teknologi smart lamp ini masih baru untuk penerangan jalan umum. Penggunaannya masih terbatas untuk beberapa daerah saja dan hanya dikota-kota besar. Namun mengingat keunggulan teknologi smart lamp ini, mari kita membahas tentang lampu pintar untuk PJU. 

Cara Kerja Lampu Jalan Pintar

Lampu penerangan jalan umum dengan teknologi smart lamp ini menggunakan cara kerja smart LED system yang terkoneksi dengan sistem komunikasi dan interkoneksi. Sehingga lampu jalan dikendalikan secara terpusat menggunakan perangkat lunak cerdas atau software khusus. Sedangkan koneksi yang digunakna bisa LiFi atau WiFi. Sistem lampu pintar ini mempunyai beberapa kemampuan untuk mengendalikan beberapa fitur lampu seperti berikut ini. 

  • mengatur konsumsi daya listrik
  • mengatur intensitas cahaya 
  • pencatatan data lingkungan
  • mengatur kinerja perangkat
  • mendeteksi adanya kerusakan pada PJU

Tidak hanya itu, sistem lampu pintar untuk PJU juga bisa diintegrasikan dengan webcam atau CCTV untuk memantau kondisi jalan dan lingkungan sekitarnya. Sehingga pemerintah bisa memantau kondisi lalu lintas secara real time. 

Sistem lampu jalan pintar ini mempunyai keuntungan yaitu kendali penuh pada lampu jalan mulai dari monitor pencahayaan, kondisi lampu, hingga mengendalikan daya. Dengan sistem ini, lampu jalan akan menyala otomatis bila ada pengguna jalan yang lewat dan akan meredup bila keadaan jalan sepi. Sehingga daya yang digunakan bisa lebih hemat dan efisien. Lampu jalan pintar juga akan otomatis menyala redup pada jam-jam yang ditentukan untuk menghemat penggunaan daya. 

Tidak hanya itu, sistem pintar ini juga memberikan notifikasi bila ada kerusakan. Hal ini membantu mengurangi waktu petugas untuk melakukan pengecekan tiang lampu jalan satu per satu. 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *