16 Quote dari Ilmuwan, Penemu, dan Inovator yang Dapat Meningkatkan Semangatmu dalam Menguasai Sains dan Teknologi!

Ketika mendalami Sains dan Teknologi, sebagian dari kita mungkin pernah dibuat bertanya-tanya, khususnya ketika rasa malas mulai melanda, kenapa sih begitu susah belajar materinya? Kenapa penelitian saya harus gagal terus? dan seterusnya. Well, jawabannya sederhana, karena kita belum memiliki pola pikir atau mindset seorang ilmuwan!

Nah, untuk terus memompa semangat kamu agar tetap bersemangat dalam mendalami Sains dan Teknologi, berikut 16 quote penting yang bisa kamu resapi. Dijamin bakal bikin semangatmu naik lagi deh! Plus bisa punya mindset atau pola pikir seorang ilmuwan sejati.

#1 Bacharuddin Jusuf Habibie (Pakar di bidang kedirgantaraan, penemu Crack progression theory, dan Presiden Indonesia Ketiga)

“Di mana pun engkau berada selalulah menjadi yang terbaik dan berikan yang terbaik dari yang bisa kau berikan”

#2 Ricky Elson (Pendiri pusat riset Lentera Angin Nusantara dan Pelopor Mobil Listrik Nasional)

“Jangan kutuk dan caci negeriku dan negerimu ini. Saya tak pernah menyerah dan putus asa kok sampai saat ini, jika tak sesuai keinginan, wujudkan dengan upaya dan perjuangan. Jika gagal perbaiki diri lagi, itu saja. Country, official, dan people disini masih bangsamu, pamanmu, saudaramu, saudara emakmu. Tanah air ini juga masih membesarkan ibu dan bapakmu, dan saudara-saudaramu”

#3 Steve Jobs (Pendiri Apple Inc.)

“The only way to do great work is to love what you do. If you haven’t found it yet, keep looking. Don’t settle.”

“Satu-satunya cara untuk melakukan pekerjaan luar biasa adalah dengan mencintai apa yang Anda lakukan. Jika Anda belum menemukannya, teruslah mencari. Jangan puas.”

#4 Bill Gates (Pendiri Microsoft Corporation)

“It’s fine to celebrate success but it is more important to heed the lessons of failure.”

“Tidak apa-apa untuk merayakan kesuksesan tapi lebih penting untuk memperhatikan pelajaran tentang kegagalan.”

#5 Mark Zuckerberg (Pendiri Facebook Inc.)

“The biggest risk is not taking any risk. In a world that changing really quickly, the only strategy that is guaranteed to fail is not taking risks.”

“Risiko terbesar adalah tidak mengambil risiko apa pun. Di dunia yang berubah sangat cepat, satu-satunya strategi yang dijamin gagal adalah tidak mengambil risiko.”

#6. Soichiro Honda (Pendiri Perusahaan Honda Motor Co., Ltd)

“Success represents the 1% of your work which results from the 99% that is called failure.”

“Sukses mewakili 1% dari pekerjaan Anda yang dihasilkan dari 99% yang disebut kegagalan.”

#7. Orville and Wilbur Wright (Penemu Pesawat Terbang)

“If we worked on the assumption that what is accepted as true really is true, then there would be little hope for advance.”

“Jika kita bekerja dengan asumsi bahwa apa yang diterima sebagai kebenaran adalah benar, maka akan ada sedikit harapan kemudian.”

Baca juga:

#8. Akio Morita (Pendiri perusahaan Sony)

Don’t be afraid to make a mistake. But make sure you don’t make the same mistake twice.”

“Jangan takut untuk membuat sebuah kesalahan. Tapi pastikan Anda tidak melakukan kesalahan yang sama dua kali.”

#9. Hellen Keller (perempuan yang BUTA, TULI dan BISU. Namun kemudian menjadi PENULIS, AKTIVIS POLITIK, DOSEN, ADVOKAT bagi disabilitas, dan pembicara yang suaranya didengar dunia)

“When one door of happiness closes, another opens, but often we look so long at the closed door that we do not see the one that has been opened for us.”

“Ketika satu pintu kebahagiaan tertutup, yang lain terbuka, tetapi seringkali kita melihat begitu lama pada pintu yang tertutup itu sehingga kita tidak melihat pintu yang telah dibuka untuk kita.”

#10. Robbert H. Goddard (Penemu Roket Berbahan Bakar Cair dan dijuluki Bapak Roket Modern “the father of modern rocket propulsion”)

“Set goals, challenge yourself, and achieve them. Live a healthy life…and make every moment count. Rise above the obstacles, and focus on the positive.”

“Tetapkan tujuan, tantang diri Anda dan capai tujuan tersebut. Hiduplah dengan sehat dan hitunglah setiap waktu yang Anda miliki. Bangkitlah mengatasi rintangan dan fokus pada yang positif.”

#11. Stephen Hawking

“One, remember to look up at the stars and not down at your feet. Two, never give up work. Work gives you meaning and purpose and life is empty without it. Three, if you are lucky enough to find love, remember it is there and don’t throw it away.”

“Pertama, ingatlah untuk melihat ke atas ke bintang-bintang dan bukan ke kaki Anda. Kedua, jangan pernah berhenti bekerja. Pekerjaan memberi Anda makna dan tujuan serta hidup kosong tanpanya. Ketiga, jika Anda cukup beruntung untuk menemukan cinta, ingatlah bahwa cinta itu ada dan jangan dibuang.”

#12. Albert Einstein (Fisikawan, penemu teori Relativitas, dan peraih nobel Fisika tahun 1921)

Anyone who has never made a mistake has never tried anything new

“Siapapun yang tidak pernah melakukan kesalahan berarti tidak pernah mencoba sesuatu yang baru”

#13. Richard P. Feynman (Fisikawan, komunikator sains, dan peraih nobel Fisika tahun 1965)

The first principle is that you must not fool yourself and you are the easiest person to fool” 

“Prinsip pertama adalah Anda tidak boleh membodohi diri sendiri dan Anda adalah orang yang paling mudah untuk dibodohi”

#14. Marie Curie (Penemu radioaktivitas, Peraih nobel fisika tahun 1903 dan nobel kimia tahun 1911)

Nothing in life is to be feared, it is only to be understood. Now is the time to understand more, so that we may fear less”

“Tidak ada dalam hidup yang perlu ditakuti, itu hanya untuk dipahami. Sekaranglah waktunya untuk lebih memahami, sehingga rasa takut kita berkurang”

#15. Nikola Tesla (Penemu sistem listrik AC)

Invention is the most important product of man’s creative brain. The ultimate purpose is the complete mastery of mind over the material world, the harnessing of human nature to human needs

“Penemuan adalah produk terpenting dari otak kreatif manusia. Tujuan akhirnya adalah penguasaan pikiran sepenuhnya atas dunia material, memanfaatkan sifat manusia untuk kebutuhan manusia”

#16. Thomas A. Edison (Penemu bola lampu pijar)

Many of life’s failures are people who did not realize how close they were to success when they gave up

Banyak dari kegagalan hidup adalah orang-orang yang tidak menyadari betapa dekatnya mereka dengan kesuksesan ketika mereka menyerah.

Apakah kamu punya quote ilmuwan lainnya yang dapat mendongkrak semangat di bidang Sains dan Teknologi? Sampaikan di kolom komentar ya!

Nur Abdillah Siddiq
Sosial Media
Artikel Berhubungan:

Sponsor Warstek.com:

Yuk Ajukan Pertanyaaan atau Komentar