Resensi Film Interstellar (2014) – Alur Cerita, Penjelasan Ending, dan Kritik

Meresensi film "Interstellar" sangat penting karena film ini bukan hanya sebuah karya seni visual yang luar biasa, tetapi juga bisa dibilang merupakan karya sains fiksi yang mendalam. Dengan menggabungkan konsep-konsep fisika modern, seperti relativitas waktu, lubang hitam, dan perjalanan antar bintang, film ini mendorong penonton untuk merenungkan pertanyaan-pertanyaan filosofis dan ilmiah yang mendalam.

Film interstellar

Sudah nonton film Interstellar? Kalau belum, berikut adalah trailernya:

Meresensi film “Interstellar” sangat penting karena film ini bukan hanya sebuah karya seni visual yang luar biasa, tetapi juga bisa dibilang merupakan karya sains fiksi yang mendalam. Dengan menggabungkan konsep-konsep fisika modern, seperti relativitas waktu, lubang hitam, dan perjalanan antar bintang, film ini mendorong penonton untuk merenungkan pertanyaan-pertanyaan filosofis dan ilmiah yang mendalam.

Resensi film “Interstellar” membuka pintu diskusi tentang hubungan manusia dengan alam semesta, eksplorasi ruang angkasa, dan masa depan peradaban manusia. Film ini merangsang minat dalam sains dan pengetahuan, memicu ketertarikan terhadap ilmu fisika, astronomi, dan teori relativitas. Selain itu, film ini menyentuh tema-tema universal seperti keberanian, harapan, cinta, dan pengorbanan, memberikan pesan moral yang mendalam kepada penonton.

Seperti apa alur cerita, penjelasan ending, hingga kritik dari Warstek terhadap film ini? Yuk baca artikelnya sampai selesai ya.

Alur Cerita Film Interstellar

Film “Interstellar” dimulai di masa depan di mana Bumi menghadapi kekurangan sumber daya dan iklim yang tidak stabil. Cooper (diperankan oleh Matthew McConaughey), seorang mantan pilot NASA, sekarang tinggal bersama keluarganya dan bekerja sebagai petani. Dia secara kebetulan menemukan basis rahasia NASA yang dipimpin oleh Dr. Brand (diperankan oleh Michael Caine). NASA memiliki rencana untuk menyelamatkan manusia dengan mencari planet baru yang dapat dihuni di luar tata surya kita.

Cooper setuju untuk memimpin misi ke luar angkasa bersama tim peneliti yang dipimpin oleh Amelia Brand (diperankan oleh Anne Hathaway), Dr. Mann (diperankan oleh Matt Damon), Doyle (diperankan oleh Wes Bentley), dan Romilly (diperankan oleh David Gyasi). Mereka menggunakan sebuah wahana luar angkasa yang disebut Endurance untuk mencari tahu tiga planet potensial yang dapat dihuni manusia.

Misi mereka menghadapi berbagai tantangan dan rintangan di luar angkasa, termasuk efek relativitas waktu yang membuat mereka mengalami perbedaan waktu di planet-planet yang berbeda. Mereka menemukan bahwa salah satu planet yang dijelajahi oleh Dr. Mann tidak dapat dihuni karena kondisinya yang buruk.

Amelia memiliki keyakinan kuat bahwa sebuah planet lain yang ditemukan sebelumnya, yang disebut Planet Edmunds, adalah tempat yang cocok untuk manusia tinggal. Namun, dalam perjalanan menuju planet tersebut, Cooper terpaksa mengambil keputusan sulit untuk menyelamatkan awak Endurance.

Akhirnya, Cooper menemukan dirinya di dalam lubang hitam yang misterius yang membawa ke dimensi luar waktu. Di sana, dia berkomunikasi dengan dirinya sendiri di masa lalu dan memberikan petunjuk penting kepada manusia di Bumi untuk menyelamatkan diri mereka sendiri. Dengan bantuan petunjuk ini, manusia di Bumi berhasil menciptakan koloni ruang angkasa untuk melanjutkan kelangsungan hidup umat manusia di luar angkasa.

Film ini menggabungkan elemen-elemen sains fiksi, eksplorasi ruang angkasa, dan ketegangan emosional untuk menghadirkan kisah yang mendalam dan memikat tentang perjuangan manusia untuk bertahan hidup dan mengeksplorasi alam semesta yang luas.

Penjelasan Ending Film Interstellar

Pada akhir film, Cooper (diperankan oleh Matthew McConaughey) menemukan dirinya di dalam tesseract, suatu ruang yang ada di luar dimensi waktu dan ruang. Di sana, dia menemukan bahwa tesseract tersebut sebenarnya adalah representasi visual dari ruang waktu dalam tiga dimensi yang dimengerti oleh manusia. Dalam ruang ini, Cooper dapat melihat berbagai kejadian dari masa lalu kehidupannya dan kehidupan murid perempuannya, Murphy (diperankan oleh Jessica Chastain di masa muda dan Ellen Burstyn di masa tua), yang sekarang menjadi ilmuwan NASA.

Cooper menemukan bahwa dia dapat berkomunikasi dengan Murphy melalui dimensi ini. Dia menggunakan pola debu yang muncul di kamar tidur Murphy untuk mengirim pesan berupa koordinat yang mengarah ke rumah Dr. Mann (diperankan oleh Matt Damon) di planet yang ia kunjungi sebelumnya. Dengan pesan ini, Cooper berusaha menyelamatkan Amelia Brand (diperankan oleh Anne Hathaway), yang masih berada di perjalanan menuju Planet Edmunds.

Di saat yang bersamaan, di ruang angkasa, Amelia berhasil mendarat di Planet Edmunds dan memulai koloni manusia baru di sana. Sementara itu, di Bumi, para ilmuwan dan insinyur yang diberi petunjuk oleh Cooper berhasil menciptakan stasiun ruang angkasa raksasa yang dapat memindahkan manusia ke koloni baru di luar tata surya.

Ketika Cooper menyadari bahwa pesannya telah diterima oleh Murphy dan Amelia berhasil memulai koloni manusia baru, ia memutuskan untuk mengorbankan dirinya sendiri untuk memberikan data yang diperlukan agar manusia dapat mencapai koloni tersebut. Dia memasuki lubang hitam yang berada dekat Planet Edmunds, dan dari sana, ia dihanyutkan ke dimensi luar waktu.

Terakhir, Cooper terbangun di sebuah stasiun ruang angkasa di dekat Saturnus. Dia diselamatkan oleh manusia yang sekarang hidup di koloni manusia baru tersebut. Murphy, yang sekarang sudah tua (diperankan oleh Ellen Burstyn), muncul dan menjelaskan bahwa dengan bantuan petunjuk dari Cooper, manusia berhasil menyelamatkan diri dan membangun kehidupan baru di luar angkasa.

Ending film “Interstellar” menunjukkan bahwa manusia, dengan keberanian, kebijaksanaan, dan tekad, dapat mengatasi batasan-batasan ilmu pengetahuan dan bertahan hidup di lingkungan yang keras, meskipun itu berada di luar batas dimensi waktu dan ruang yang kita kenal.

Pesan Moral dan Hikmah dari Film Interstellar

Film “Interstellar” menyampaikan beberapa pesan moral dan hikmah yang mendalam. Beberapa di antaranya meliputi:

1. Kepemimpinan dan Pengorbanan: Film ini menggambarkan pentingnya kepemimpinan dan pengorbanan dalam menghadapi tantangan besar. Karakter Cooper mengambil keputusan sulit untuk memimpin misi luar angkasa, bahkan dengan risiko kehilangan hubungan dengan keluarganya. Pengorbanannya mengilhami orang-orang di sekitarnya untuk bertindak demi keselamatan umat manusia.
  2. Keberanian dan Keteguhan: Para karakter dalam film ini menunjukkan keberanian dan keteguhan dalam menghadapi situasi yang sulit. Mereka tidak hanya berani menjelajahi ruang angkasa yang tidak terduga, tetapi juga memiliki tekad untuk terus maju meskipun dihadapkan pada rintangan yang tampaknya tidak mungkin diatasi.
  3. Kepercayaan dalam Kemanusiaan: Film ini menekankan pentingnya mempertahankan kepercayaan pada kemanusiaan. Meskipun manusia terkadang membuat kesalahan besar, ada kekuatan dalam tekad, pengetahuan, dan semangat manusia untuk mengatasi kesulitan dan mencari solusi untuk bertahan hidup.
  4. Kepentingan Lingkungan: Dalam ceritanya tentang kekurangan sumber daya dan perubahan iklim di Bumi, film ini mengingatkan penonton akan pentingnya menjaga lingkungan dan sumber daya alam. Pesan ini mendorong penonton untuk mempertimbangkan tindakan mereka terhadap alam semesta di sekitar mereka.
  5. Pentingnya Pengetahuan dan Penelitian: Film ini memperlihatkan peran ilmu pengetahuan, penelitian, dan eksplorasi ruang angkasa dalam mengatasi krisis besar. Menekankan pentingnya pengetahuan dan penelitian untuk memahami alam semesta dan mencari solusi terhadap tantangan yang kompleks.

Pesan-pesan ini mengajak penonton untuk merenungkan nilai-nilai keberanian, kepemimpinan, kepercayaan, dan tekad dalam menghadapi masa depan yang tidak pasti, serta pentingnya menjaga lingkungan dan memahami keajaiban ilmu pengetahuan.

Konsep Sains dan Teknologi dalam Film Interstellar

Film “Interstellar” menggabungkan berbagai konsep sains dan teknologi yang kompleks untuk menciptakan cerita ilmiah yang mendalam. Beberapa konsep tersebut meliputi:

1. Relativitas Waktu: Salah satu konsep paling penting dalam film ini adalah relativitas waktu, yang merupakan teori dalam fisika yang diajarkan oleh Albert Einstein. Efek relativitas waktu terjadi ketika waktu bergerak lebih lambat atau lebih cepat tergantung pada kecepatan objek dan kekuatan gravitasi di sekitarnya. Dalam film, para penjelajah luar angkasa mengalami efek ini ketika mereka berada di dekat objek dengan gravitasi yang sangat kuat, seperti planet yang berada dekat lubang hitam.
  2. Lubang Hitam: Lubang hitam adalah objek dengan gravitasi sangat kuat sehingga bahkan cahaya pun tidak dapat melarikan diri darinya. Dalam film, lubang hitam digunakan sebagai sarana untuk melakukan perjalanan waktu dan ruang ke dimensi luar.
  3. Wormhole: Wormhole atau lubang cacing adalah teori dalam fisika teoretis yang mengizinkan perjalanan cepat antar dua titik dalam ruang dan waktu. Dalam film, para peneliti menggunakan wormhole yang misterius yang ditemukan di luar angkasa untuk mencari planet-planet yang dapat dihuni manusia.
  4. Robotika dan Kecerdasan Buatan: Dalam film, robot TARS dan CASE adalah contoh teknologi robotika tingkat tinggi yang dapat berinteraksi dengan manusia dan melakukan tugas-tugas yang kompleks di lingkungan luar angkasa.
  5. Pertanian di Luar Angkasa: Para karakter dalam film menggunakan teknologi pertanian canggih untuk menciptakan lingkungan pertanian di luar angkasa, termasuk pertanian vertikal dan teknik hidroponik, untuk memproduksi makanan yang cukup untuk bertahan hidup.
  6. Kehidupan di Planet Asing: Film ini mengeksplorasi konsep kehidupan di planet asing dengan kondisi yang sangat berbeda dari Bumi, termasuk atmosfer beracun dan kondisi cuaca ekstrem.

Semua konsep sains dan teknologi ini digunakan dengan hati-hati dalam film untuk menciptakan narasi yang ilmiah dan mendalam, meskipun beberapa konsep tersebut masih menjadi spekulasi dan bahan penelitian dalam ilmu pengetahuan modern.

Fakta Menarik tentang Film Interstellar

Tentu, berikut adalah beberapa fakta menarik tentang film “Interstellar”:

1. Konsultasi Ilmiah: Christopher Nolan, sutradara film ini, bekerja sama dengan ilmuwan fisika teoretis Kip Thorne untuk memastikan bahwa konsep-konsep ilmiah yang digunakan dalam film sesuai dengan teori fisika modern. Thorne bahkan menulis buku tentang ilmu di balik film ini setelah bekerja pada proyek tersebut.
  2. Efek Keterbelakangan Waktu: Efek keterbelakangan waktu akibat gravitasi yang kuat di dekat lubang hitam diperlihatkan secara akurat dalam film, memberikan pemirsa gambaran tentang bagaimana waktu dapat melambat ketika terpengaruh oleh gravitasi yang sangat besar.
  3. Set Nyata: Beberapa set yang digunakan dalam film ini dibangun dengan skala penuh untuk memberikan pengalaman yang autentik bagi para aktor. Misalnya, set Endurance, wahana luar angkasa dalam film, dibangun dengan ukuran sebenarnya sehingga para aktor dapat berinteraksi dengan lingkungan yang sebenarnya. Selain itu, sang Sutradara Christopher Nolan menyewa 500 hektar lahan untuk menanam jagung agar mendapat gambaran yang nyata, tanpa menggunakan efek visual komputer (CGI). Setelah selesai difilmkan, hasil panen jagung dijual kembali dan sang sutradara pun balik modal.
  4. Soundtrack Hans Zimmer: Skor musik film ini, yang diciptakan oleh Hans Zimmer, sangat mendukung atmosfer film dengan musik orkestra yang intens dan menggugah emosi. Musik ini menambahkan dimensi dramatis yang kuat pada film.
  5. TARS dan CASE: Dua robot dalam film ini, TARS dan CASE, awalnya dirancang sebagai robot dengan bentuk manusia. Namun, Nolan memutuskan untuk mengubah desainnya agar lebih fungsional dan unik. Desain akhir mereka terinspirasi oleh bentuk monolit dari film “2001: A Space Odyssey.”
  6. Koordinasi Ilmiah: Ketika karakter Cooper mencoba memecahkan rumus matematika yang kompleks dalam film, rumus tersebut sebenarnya adalah rumus ilmiah nyata yang digunakan dalam penelitian fisika teoretis.
  7. Nama-Nama Karakter: Nama-nama karakter dalam film ini memiliki makna mendalam. Misalnya, nama “Cooper” berasal dari bahasa Inggris Kuno yang berarti “bajak laut,” menggambarkan perjuangan karakter tersebut dalam menjelajahi angkasa. Nama “Murphy” diambil dari nama ilmuwan terkenal, Enrico Fermi, yang pertama kali mengemukakan pertanyaan “Where is everybody?” mengenai keberadaan kehidupan di luar angkasa.

Fakta-fakta ini mencerminkan tingkat detail dan perhatian terhadap ilmu pengetahuan dan produksi film yang membuat “Interstellar” menjadi salah satu film fiksi ilmiah yang paling menarik dan mendalam.

Kritik terhadap Film Interstellar

Walaupun film “Interstellar” mendapat banyak pujian, beberapa kritik juga diajukan oleh para penonton dan kritikus. Beberapa kritik yang diungkapkan meliputi:

1. Kesulitan Pemahaman: Beberapa penonton merasa bahwa film ini terlalu kompleks dan sulit dipahami, terutama bagi mereka yang tidak memiliki latar belakang ilmiah yang kuat. Konsep-konsep fisika seperti relativitas waktu dan perjalanan melalui lubang hitam dapat sulit dicerna oleh sebagian penonton.
  2. Durasi Film: Film ini memiliki durasi yang cukup panjang, dengan durasi lebih dari dua setengah jam. Beberapa penonton merasa bahwa film ini terlalu lama, dan beberapa adegan bisa dipotong untuk membuat cerita lebih padat.
  3. Aspek Emosional yang Terlalu Kuat: Beberapa kritikus berpendapat bahwa film ini cenderung terlalu mendalam secara emosional, yang bisa membuat beberapa penonton merasa terbebani oleh beban emosional yang intens di sepanjang film.
  4. Dialog Terlalu Teknis: Beberapa dialog dalam film ini sangat teknis dan penuh dengan istilah ilmiah, membuatnya sulit dipahami bagi orang yang tidak memiliki pengetahuan mendalam tentang fisika dan ilmu pengetahuan lainnya.
  5. Perbandingan dengan Karya Sebelumnya: Beberapa orang membandingkan “Interstellar” dengan film-film sebelumnya karya Christopher Nolan, seperti “Inception” dan “The Dark Knight Trilogy.” Beberapa penonton mungkin memiliki ekspektasi yang terlalu tinggi berdasarkan karya-karya sebelumnya, yang membuat film ini menerima kritik yang lebih keras.

Meskipun menerima kritik-kritik ini, banyak penonton dan kritikus tetap mengakui keindahan visual, kecerdasan konsep ilmiah, dan kedalaman emosional yang dihadirkan oleh “Interstellar.” Setiap kritik subjektif dan sebagian besar tergantung pada preferensi dan pengalaman individu saat menonton film ini.

Berbagai Quote dari Film Interstellar

1. Cooper: “Kita dulu melihat ke langit dan bertanya-tanya tentang tempat kita di bintang-bintang. Sekarang, kita hanya melihat ke bawah dan khawatir tentang tempat kita di tanah.”
  2. Murphy: “Cinta adalah satu-satunya hal yang dapat kita rasakan yang melampaui dimensi waktu dan ruang.”
  3. Dr. Mann: “Aku tidak takut mati. Aku adalah seorang fisikawan tua. Aku takut pada waktu.”
  4. Cooper: “Manusia dilahirkan di Bumi. Mereka tidak pernah dimaksudkan untuk mati di sini.”
  5. TARS: “Satu-satunya cara manusia untuk mencapai sesuatu adalah dengan meninggalkan sesuatu di belakang.”
  6. Cooper: “Kita tidak diciptakan untuk menyelamatkan dunia. Kita diciptakan untuk meninggalkannya.”
  7. Profesor Brand: “Cinta bukan sesuatu yang kita ciptakan. Ia dapat diamati, kuat. Ia harus memiliki arti.”
  8. Dr. Mann: “Jangan pergi dengan tenang ke dunia yang baik itu; Tua seharusnya terbakar dan berteriak pada akhir hari. Amuk, amuklah melawan datangnya cahaya yang memudar.”
  9. Cooper: “Pencapaian terbesar kita belum ada di belakang kita, karena takdir kita ada di atas sana.”
  10. TARS: “Untuk beberapa orang menjadi abadi, banyak yang harus mati.”

Penghargaan yang Diraih Film Interstellar

Interstellar memenangkan penghargaan Oscar untuk efek visual terbaik

Film “Interstellar” meraih beberapa penghargaan dan nominasi atas kualitasnya. Meskipun belum mencakup seluruh penghargaan yang mungkin diterima oleh film ini, beberapa penghargaan terkemuka yang diraih oleh “Interstellar” meliputi:

1. Academy Awards (Oscar):
  • Nominasi untuk Efek Visual Terbaik
  • Menang untuk Efek Visual Terbaik

2. BAFTA Awards:

• Nominasi untuk Efek Khusus Terbaik
  • Nominasi untuk Desain Produksi Terbaik

3. Saturn Awards:

• Menang untuk Film Fiksi Ilmiah Terbaik
  • Menang untuk Sutradara Terbaik (Christopher Nolan)
  • Menang untuk Musik Terbaik (Hans Zimmer)
  • Nominasi untuk Aktor Terbaik (Matthew McConaughey)

4. Critics’ Choice Movie Awards:

• Nominasi untuk Efek Visual Terbaik
  • Nominasi untuk Musik Terbaik (Hans Zimmer)

5. Empire Awards:

• Menang untuk Sutradara Terbaik (Christopher Nolan)
  • Nominasi untuk Film Terbaik
  • Nominasi untuk Aktor Terbaik (Matthew McConaughey)

6. Visual Effects Society Awards

• Menang untuk Efek Visual Terbaik dalam Film
  • Menang untuk Lingkungan Terbaik dalam Film
  • Menang untuk Simulasi dan Simulasi Perilaku Terbaik dalam Film

7. Grammy Awards:

• Nominasi untuk Album Musik Film Terbaik (Hans Zimmer)

8. Hugo Awards:

• Menang untuk Presentasi Drama Terbaik

Penghargaan di atas hanya sebagian kecil dari penghargaan yang diterima oleh “Interstellar.” Film ini diakui terutama dalam kategori efek visual, musik, dan penyutradaraan, menunjukkan apresiasi terhadap kecerdasan konsep, visual, dan emosionalitasnya.