Fenomena yang Sangat Jarang Terjadi, Ikan Laut Dalam (Ikan Iblis) Terdampar di Permukaan Pantai

blank

Pada tanggal 7 Mei 2021, tepatnya hari Jumat di pagi hari, seekor ikan laut dalam terdampar di pantai Laguna California Amerika Serikat. Pantai tersebut termasuk dalam daerah Kawasan Konservasi Laut Crystal Cove State Park. Berita terdamparnya ikan laut dalam tersebut disampaikan oleh akun instagram @crystalcovestatepark [1]. Ikan laut dalam tersebut termasuk dalam ordo ikan Anglerfish atau Lophiiformes.

blank
ūüďł Foto diambil oleh Ben Estes, pengunjung Kawasan Konservasi Laut Crystal Cove State Park California Amerika Serikat


blank
blank

Terdapat lebih dari 300 spesies dari ordo ikan Angler di lautan bumi yang telah diidentifikasi ilmuwan. Ikan Angler dalam bahasa Indonesia disebut juga sebagai Ikan Sungut Ganda, bahkan ada yang memberinya nama ikan iblis karena bentuknya yang sangat menyeramkan. Khusus ikan yang terdampar tersebut merupakan spesies Ikan Pacific Football atau nama ilmiahnya adalah Himantolophus groenlandicus.

blank
Penampakan ikan Anglerfish di laut dalam [2]

Diketahui bahwa hanya ikan betina yang memiliki tangkai panjang di kepala dengan ujung bercahaya. Struktur tubuh yang demikian digunakan sebagai umpan untuk memikat mangsa di kegelapan laut dalam yakni pada kedalaman 900 meter. Pada kedalaman tersebut, lautan menjadi gelap gulita karena jarang ada cahaya yang dapat melewati laut pada kedalaman melebihi 200 meter.

Jika diamati dengan saksama, gigi ikan pacific football seperti pecahan kaca runcing berbentuk segitiga dan transparan. Mulut besar ikan tersebut mampu menyedot dan menelan mangsa sebesar tubuh mereka sendiri.

Sementara ikan pacific football betina bisa mencapai panjang 60 cm atau dua kali penggaris 30 cm, ikan pacific football jantan hanya tumbuh menjadi sekitar 2,5 cm panjangnya dan tugas mereka adalah menemukan betina untuk membantunya bereproduksi.

Ikan pacific football jantan menempel pada betina dengan giginya dan menjadi ‚Äúparasit seksual‚ÄĚ yang akhirnya menyatu dengan tubuh ikan betina sampai tidak ada yang tersisa dari tubuh mereka kecuali testis untuk keperluan reproduksi. Disebut parasit seksual karena ikan jantan yang telah menggigit ikan betina akan mengambil nutrisi dari aliran darah ikan betina. Proses perkawinan tersebut jadi semacam menghasilkan simbiosis mutualisme, dimana ikan jantan mendapatkan makanan secara instan dan betina mendapat sperma sesuai permintaan. Itulah lingkaran kehidupan ikan anglerfish yang terus berputar [3].

blank
Tubuh ikan anglerfish spesies Pasifif Football yang terdampar

Untuk melihat ikan Angler sepanjang 45 cm secara utuh karena terdampar merupakan fenomena yang sangat jarang bahkan langka. Pihak pantai dan ilmuwan dalam Kawasan Konservasi Laut Crystal Cove State Park belum mengetahui bagaimana atau mengapa ikan tersebut bisa terdampar di pantai.

Melihat ikan yang aneh, mengerikan, sekaligus mempesona ini merupakan bukti keanekaragaman kehidupan laut. Saat ini ilmuwan terus mempelajari lebih lanjut tentang makhluk laut dalam ini, bagaimana apakah kamu tidak tertarik atau tertantang untuk ikut mempelajarinya?

Referensi

[1] https://www.instagram.com/p/COtB1e9h1sH/ diakses pada 11 Mei 2021.
[2] https://sains.kompas.com/read/2018/03/24/170500623/pertama-di-dunia-video-tangkap-ngerinya-perkawinan-ikan-anglerfish?page=all diakses pada 11 Mei 2021.
[3] https://www.liputan6.com/global/read/4325001/parasitisme-seksual-diduga-membuat-ikan-anglerfish-kuat-bertahan-di-laut-dalam diakses pada 11 Mei 2021.


.

Setelah selesai membaca, yuk berikan artikel ini penilaian!

Klik berdasarkan jumlah bintang untuk menilai!

Rata-rata nilai 5 / 5. Banyaknya vote: 1

Belum ada yang menilai! Yuk jadi yang pertama kali menilai!

Baca juga:
Nur Abdillah Siddiq
Sosial Media
Artikel Berhubungan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *